PENGETAHUAN, SIKAP, PERILAKU PASIEN DAN KELUARGA DALAM PELAKSANAAN PHBS DI RUMAH SAKIT

  • Anggi Ramdani Universitas Padjadjaran
  • Sri Susilaningsih Universitas Padjadjaran
  • Furkon Nurhakim Universitas Padjadjaran
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, PHBS Rumah Sakit

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan perilaku yang dilakukan dengan sadar agar mampu menolong diri sendiri, keluarga, kelompok maupun masyarakat. PHBS dalam tatanan fasilitas pelayanan kesehatan adalah upaya untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh pasien, petugas kesehatan maupun pengunjung. Pelaksanaan PHBS tersebut dipengaruhi oleh pengetahuan dan sikap, karena perilaku selalu berkaitan dengan faktor pengetahuan dan sikap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan, sikap dan perilaku pasien dan keluarga pasien dalam pelaksanaan PHBS diruang topaz RSU dr. Slamet Garut.

Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian deksriptif kuantitatif dengan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 106 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 44 responden diantaranya 22 pasien dan 22 keluarga pasien. Instrumen ini menggunakan kuesioner yang sudah melalui uji validitas dan reliabilitas dengan angka validitas: Content Validity Index (CVI): 0.75-1 dan reliabilitas Alpha Cronbach 0,827. Data diolah menggunakan komputer dan disajikan dalam bentuk tabel frekuensi serta dianalisis secara deskriptif kuantitatif.

Pengetahuan responden tentang PHBS pada kategori kurang (100%), sikap (59.1%) mendukung dan perilaku yang sudah baik (77.3%). Hasil ini menunjukan perlunya informasi dan sosialisasi PHBS secara berkesinambungan kepada semua pasien dan keluarga pasien. Sehingga mereka paham tentang PHBS bersikap positif dan melaksanakannya di lingkungan rumah sakit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afnis, Tirtawidi, 2018. Hubungan Tingkat Pengetahuan Masyarakat Dengan Perilaku Masyarakat Dalam Manajemen Stres Di Dukuh Tengah Desa Nambangrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Diakses dari: eprints.umpo.ac.id pada 16 September 2019.

Azrimaidaliza, A., Nurmy, K., & Edison, E. (2012). Pengetahuan dan sikap ibu mengenai perilaku hidup bersih dan sehat di kelurahan koto lalang. Jurnal kesehatan masyarakat andalas, 7(1), 2-9.

Cahyaningrum, R. (2016). Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) Terhadap Kebersihan Pribadi Siswa Kelas Iv dan V Sd Negeri Kraton Yogyakarta Tahun 2015/2016.PGSD Penjaskes, (4).

Fauzianor, A. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Tatanan Rumah Tangga Di Sudagaran Rw 12 Tegal Rejo Yogyakarta (Doctoral Dissertation, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta).

Irawati, E. (2011). Gambaran Karakteristik Keluarga Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Tatanan Rumah Tangga di Desa Karangasem Wilayah Kerja Puskesmas Tanon II Sragen. Gaster, 8(2), 741-749.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2009) Kebersihan Tangan Mempengaruhi Keselamatan Pasien. Jakarta.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2010) Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2010: Perilaku Sederhana Berdampak Luar Biasa. Jakarta.

Muliadi, I. S. Pengetahuan, Sikap, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Mahasiswa FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2015.

Murdyaningsih, R. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Terhadap Kepatuhan Mahasiswa Praktek di Ruang ICU RSUD Dr. Moewardi.

Notoatmodjo, S. (2012) Promosi kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka cipta

Nurjanah, R. (2013) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Bandung: Rumah Sakit Hasan Sadikin.

Obella, Z., & Adliyani, N. (2015). Pengaruh Perilaku Individu terhadap Hidup Sehat The Effect of Human Behavior for Healthy Life, 4, 109–114.

Pontoh, Idham, 2013. Dasar-dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat Jakarta: Penerbit In Media.

Rayhana, R., & Triana, R. A. (2017). Hubungan Karakteristik, Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan Bekasi Utara Tahun 2016. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 12(2), 168-180.

Sinta, P. L. H. A. H. G. &. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Perilaku Hidup Bersih Poned X, 7–14.

Ulfah, S. M., Ulfa, M, & Kusbaryanto (2017). Analisis Infection Control Self Assessment Tool ( ICAT ) Modul 1-4 di Klinik Pratama PMI, 1(1), 181–187.

Wawan, A. & Dewi, M. (2010). Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Published
2022-04-21
How to Cite
Ramdani, A., Susilaningsih, S., & Nurhakim, F. (2022). PENGETAHUAN, SIKAP, PERILAKU PASIEN DAN KELUARGA DALAM PELAKSANAAN PHBS DI RUMAH SAKIT. Jurnal Keperawatan BSI, 10(1), 20-29. Retrieved from https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/723