Penerapan Pola Simulasi Mitigasi Bencana Alam (Gempa Bumi) Pada Guru dan Orang Tua Siswa Di Sekolah Luar Biasa

  • Siti aminah STIKes Budi Luhur Cimahi
  • Sadaukur Barus STIKes Budi Luhur Cimahi
Keywords: Simulasi mitigasi Bencana Alam, Ramah Difabel, Sekolah luar Biasa

Abstract

Kelompok anak-anak difabel merupakan salah satu kelompok yang paling rentan ketika terjadi bencana, sebab keterbatasan yang mereka miliki dapat menghambat mobilitas dalam upaya penyelamatan diri secara mandiri tanpa modifikasi lingkungan yang tepat dan bantuan dari orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keberhasilan pola simulasi bencana alam ramah difabel untuk orang tua dan guru SLB terhadap peningkatan pengetahuan. Metode penelitian ini menggunakan pre experimental design tipe one grup pretest- posttest design, yang berjumlah 70 responden. Hasil uji menunjukan bahwa terdapat rerata peningkatan pola simulasi bencana alam ramah difabel pada orang tua dan guru di sekolah luar biasa  pada kelompok intervensi sebelum dan setelah diberikan perlakuan yaitu 14.97 menjadi 17.66 dengan peningkatan 2,69, nilai p 0.000 (p>0.05). Kesimpulan Terdapat peningkatan pengetahuan pola simulasi bencana alam setelah diberikan intervensi pada orang tua dan guru SLB di Kota Cimahi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addiarto, W., Wahyusari, S. 2018. Tabletop Disaster Exercise (TDE) Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Simulasi Tanggap Darurat Bencana. Prosiding SINTESA, Hal 625-632, ISBN 978-602-53420-0-4

Andika, P.J., Sundari, S. 2018. Simulasi Bencana Dapat Meningkatkan Pengetahuan dan Skill Mahasiswa Keperawatan: Literature Review. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol.19, No.2, Hal 242-246

Firdaus, Y. 2016. Studi Deskriptif Peran Guru Pendidik Khusus Dalam Implementasi Program Kebutuhan Khusus Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SDN Wonokusumo 1 Surabaya. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya: Surabaya

Indriasari, F.N., Widyarani, L., Kusuma, P.D. 2018. Pengaruh Pemberian Terapi Bermain Terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana Pada Anak Autis Berbasis Disaster Nursing Competency. Medika Ilmu Kesehatan, Vol.7, No.3, Hal 206-212

Indriasari, F.N., Widyarani,L.,Kusuma, P.D. 2018. Emergency Preparedness for Children with Autism Spectrum Disorder (ASD) in Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Soedirman, Vol 13, No.3, Hal 155-162

Kamaludin, H. 2018. Jika Gempa Bumi Akibat Pergeseran Sesar Lembang Terjadi, Cimahi Utara Rasakan Dampak Terparah. Tribun Jabar. Diunduh dari https://jabar.tribunnews.com/2018/10/05/, pada tanggal 15 Juli 2019

Munandar, A., Wardaningsih, S. 2018. Kesiapsiagaan Perawat Dalam Penatalaksanaan Aspek Psikologis Akibat Bencana Alam: A Literature Review. Jurnal Keperawatan, Vol 9, No.2, Hal 72-81

Nugroho, K.P.A., Dary, Sijabat, R. 2017. Gaya Hidup Yang Memengaruhi Kesehatan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Salatiga. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, Vol.2, No.2, Hal.102-117

Rahmawan, M. 2017. Profil Kota Cimahi. Perencanaan Kota-Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota ITS Surabaya. Diunduh dari http://profilkotacimahi.blogspot.com/2017/03/geografi.html?m=1, pada tanggal 15 Juli 2019

Rusli, Ulya, A.F. 2018. Peran Pemerintah Kota Malang Dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat Menghadapi Bencana (Studi Manajemen Bencana). Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol 5, No.1, Hal 1-13

Published
2021-04-30
How to Cite
Siti aminah, & Sadaukur Barus. (2021). Penerapan Pola Simulasi Mitigasi Bencana Alam (Gempa Bumi) Pada Guru dan Orang Tua Siswa Di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Keperawatan BSI, 9(1), 41-48. Retrieved from https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/375