GAMBARAN KECEMASAN KELUARGA DALAM MERAWAT PASIEN DENGAN GANGGUAN JIWA

  • Nurul Iklima Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Erna Irawan Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Rizka Aulia Mawaddah Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Yanti Budiyanti Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Anggi Saputra Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
Keywords: Kecemasan, Keluarga, gangguan Jiwa

Abstract

Gangguan jiwa pada saat ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan, dan setiap tahun di berbagai belahan dunia jumlah penderita gangguan jiwa bertambah. Keadaan pasien gangguan jiwa menyebakan anggota keluarga pasien yang sedang merawat mengalami tekanan psikologis, Salah satunnya yaitu kecemasan. Kecemasan pada keluarga yang merawat pasien odgj dapat menjadi sumber masalah klinis jika sudah sampai tingkat ketegangan yang sedemikian rupa sehingga mempengaruhi kemampuan berfungsinya seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan keluarga dalam merawat pasien gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Babakansari. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keluarga yang sedang merawat pasien gangguan jiwa berat dengan jumlah 130 orang, dan jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 50 responden. proses pengambilan sampel penelitian ini menggunakan Teknik Non-probability purposive sampling. Hasil penelitian ini sebagian besar memiliki tingkat kecemasan ringan dengan jumlah 21 (42.0%) responden, 22 (44.0%) responden memiliki kecemasan sedang, dan 7 (14.0%) memiliki kecemasan berat. Sehingga perlu disarankan kepada keluarga untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga dalam merawat pasien gangguan jiwa di rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, MK. (2017). Pengalaman Keluarga Dalam Merawat Anggota Keluarga Yang Mengalami Halusinasi di Kabupaten Magelang. Available from: journal.ummgl.ac.id/index.php/nursi ng /article/view/1748.

APA. (2020). Anxiety. American Psychological Association. Retrieved from https://www.apa.org/topics/anxiety

Arni, & Ikdafila. (2022). Hubungan Pengetahuan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Dalam Merawat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 12046–12053.

Friedman, M. M. (2014). Buku Ajar Keperawatan Keluarga Riset, Teori & Praktik (5th ed.). Jakarta: EGC.

Hadiansyah, T., & Pragholapati, A. (2020). Kecemasan Keluarga Dalam Merawat Klien Skizofrenia. Jurnal Keperawatan'Aisyiyah, 7(1), 25-29

Hartatik, M. (2021). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kecemasan Keluarga Dalam Merawat Keluarga Yang Mengalami Odgj Di Wilayah Kerja Puskesmas Cinta Karya Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2021.” 17–18. http://rama.binahusada.ac.id:81/id/eprint/476/1/meri hartatik.pdf

Manda, H., Nompo, R. S., & Rhomandoni, M. (2018). Gambaran Peran Keluarga dalam Merawat Pasien Gangguan jiwa Skizofrenia yg Mengalami Kekambuhan. Sentani Nursing Journal, 1(2), 103–110. https://ejournal.stikesjypr.ac.id/index.php/snj/article/download/71/56/191.

Ramiah, Savitri. (2003). Kecemasan Bagaimana Mengatasi Penyebabnya. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Stuart, G. W., Budi, A.K., Jesika, P. (2016). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart. Edisi Indonesia: EGC.

Stuart, G. W., Sundeen, JS., (1998), Keperawatan jiwa (Terjemahan), alih bahasa: Achir Yani edisi III. Jakarta: EGC

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantittif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (Ed.); 1st Ed.). Alfabeta.

Tololiu, T. A., Kanine, E., & Mamuko, S. (2019). Stress supporting factors in family that care for people with interference soul (ODGJ). Jurnal Ilmiah Perawat Manado (Juiperdo), 7(2), 146- 153

Utama, M., Dwidiyanti, M., & Wijayanti, D. Y. (2020). Gambaran Tingkat Stres Keluarga Pasien Skizofrenia Berdasarkan Karakteristik Demografi di RSJD Dr. Amino Gondohutomo. Jurnal Riset Media Keperawatan, 3(1), 11-17.

Yosep, H. Iyus., Sutini, Titin. (2016). Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Bandung: PT Refika Aditama;

Published
2023-09-30
How to Cite
Iklima, N., Irawan, E., Mawaddah, R. A., Budiyanti, Y., & Saputra, A. (2023). GAMBARAN KECEMASAN KELUARGA DALAM MERAWAT PASIEN DENGAN GANGGUAN JIWA. Jurnal Keperawatan BSI, 11(2), 207-214. Retrieved from https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/1445

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>