PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU IRT TENTANG 4M PLUS PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE

  • Nurul Iklima Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Hudzaifah Al Fatih Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Dita Mawaddah Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, 4M Plus Pencegahan DBD

Abstract

Program pemberantasan sarang nyamuk melalui  kegiatan menguras, menutup, mengubur, memantau (4M) Plus bertujuan untuk memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk dengan memberantas larva aedes aegypti  sebagai pencegahan demam berdarah dengue . penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  korelasi antara pengetahuan dengan sikap, sikap dengan perilaku dan pengetahuan dengan perilaku  ibu rumah tangga tentang 4M Plus pencegahan demam berdarah dengue.Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Babakan Sari Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan  korelasi pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya korelasi pengetahuan dengan sikap nilai p-value 0,009 (≤ 0,05), tidak terdapat korelasi antara sikap dengan perilaku nilai p-value 0,274 (≤ 0,05) dan tidak terdapat korelasi antara pengetahuan dengan perilaku ibu rumah tangga tentang 4M Plus pencegahan demam berdarah dengue nilai p-value 0,258 (≤ 0,05). Diharapkan penelitian selanjutnya tentang metode penyuluhan efektif  dalam meningkatkan perilaku 4M Plus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aceh, Dinkes. (2019). Profil Kesehatan Aceh Tahun 2019.

Amalan Tomia. (2020). Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Praktik Masyarakat Terhadap Upaya Pengendalian Vektor DBD Di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara.

Andani, M. (2016). Skripsi. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Kepala Keluarga Dengan Pelaksanaan 4M Plus Dalam Mengatasi DBD Di Wilayah Kerja Puskesmas Basuki Rahmad Bengkulu Tahun 2016.

Aprilia Atika dan Chairil Zaman. (2021). Analisis Perilaku Masyarakat Dalam Pencegahan Demam Berdarah Dengue Di Puskesmas Tanjung Baru Ogan Komering Ulu Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana (JKSP).

Badriah, L. (2019). Skripsi. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Karakteristik Tempat Perindukan Nyamuk Dengan zkeberadaan Jentik Aedes Aegypti Di Desa Sedarat Kecamatsn Balong Kabupaten Ponorogo.

Deni Syahrudin Taniansyah, B. W. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Pemberantasan Sarang Nyamuk Petugas Kebersihan Kos Di Kelurahan Tembalang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-journal).

Frida N. (2019). Mengenal Demam Berdarah Dengue . Semarang: Alprin .

IB Wirakusuma, M. (2016). Skripsi. Gambaran Tingkat Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Tentang Pencegahan Demam Berdarah Dengue Di Wilayah Kerja Puskesmas Babandem.

Mulia, R. D. (2018). Hubungan Pengetahuan, SIkap dan Perilaku Terhadap Keadaan Jentik Nyamuk Aedes Aegypti Sebagai Vektor Demam Berdarah Dengue. Universitas Brawijaya.

Nanang Rusadi, Gandha Sunaryo Putra. (2020). Determinan Perilaku Pencegahan DBD Di Kelurahan Kapuas Kanan Hulu Kabupaten Sintang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Khatulistiwa.

Nasution, H. A. (2019). Skripsi. Hubungan Faktor Lingkungan Dan Perilaku Masyarakat Dengan Kejadian DBD Di Wilayah Kerja Puskesmas Plus Perbaungan Kabupsten Serdang Bedagai Tahun 2018.

Notoatmodjo, P. D. (2014). Ilmu Pelaku Kesehatan . Jakarta: Rineka Cipta.

Open Data Kota Bandung. (2021 ). Retrieved from Jumlah Penderita Demam Berdarah Dengue Berdasarkan UPT Puskesmas Di Kota Bandung: data.bandung.go.id/dataset/jumlah-penderita-demam-berdarah-dengue-di-kota-bandung

Pandaibesi, R. (2017). Skirpsi. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Masyarakat Dengan Kejadian Demam Berdarah Di Kecamatan Medan Sunggal.

Prambudi, I. H. (2021). Hubungan Pengetahuan dan Perilaku Terhadap Kejadian Demam Berdarah Dengue Sebuah Kajian Literatur. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Romandani, F. N. (2019). Skripsi. Hubungan Upaya Pencegahan Terhadap Kejadian Penyakit DBD Pada Masyarakat Di Desa Gemaharjo Wilayah Puskesmas Gemaharjo Kabupaten Pacitan.

Supriyanto Supriyanto, Dini Julian, Tuti Herawati. (2019). Perilaku Keluarga Dalam Upaya Pencegahan Dengue Hemoragic Fever (DHF) Di Kampung Cibedug RW 11 Desa Cikole Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Kesehatan Aeromedika.

Suryanto, H. (2018). Jurnal Artikel Kesehatan Departemen Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Analisis Faktor Perilaku, Penggunaan Kasa, Dan House Index Dengan Kejadian DBD Di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo.

Widyatama, E. F. (2018). Jurnal Kesehatan. Faktor Risiko Yang Berpengaruh Terhadap Kejadian Demam Berdarah Dengue Di Wilayah Kerja Puskesmas Pare.

Published
2023-04-30
How to Cite
Iklima, N., Al Fatih, H., & Mawaddah, D. (2023). PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU IRT TENTANG 4M PLUS PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE. Jurnal Keperawatan BSI, 11(1), 21-28. Retrieved from https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/1090

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>