PENERAPAN METODE CONTENT-BASED FILTERING DALAM STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Strategi komunikasi pemasaran melibatkan rangkaian kegiatan interdisipliner yang memerlukan seperangkat keterampilan sistem dan koordinasi yang efektif antara semua unsur. Promosi produk menjadi strategi yang penting dalam membangun komunikasi pemasaran yang baik, salah satunya yaitu penggunaan fitur rekomendasi pada marketplace. Tujuan dari penelian ini yaitu menerapkan Integrated Marketing Communication (IMC) dengan menggunakan Content Base Filtering untuk merekomendasikan produk dalam Bahasa Indonesia pada marketplace saat pengguna memilih suatu produk, menggunakan parameter nama dan deskripsi produk yang sama. Pengumpulan data dilakukan dengan cara web scrapping di Tokopedia, dengan dataset sebanyak 3233 catatan produk. Data kemudian dilakukan teknik pra-proses seperti penghapusan simbol, stop-word removal, terakhir dilakukan perhitungan kemiripan antar dokumen dengan TF-IDF dan cosine similarity. Fokus riset ini adalah menganalisis kualitas produk berdasarkan judul, kategori, dan deskripsi produk. Hasil menunjukkan bahwa content base filtering dapat memberikan rekomendasi produk dengan tingkat kepercayaan yang sesuai yaitu sebesar 97,39%. Penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) dapat mengidentifikasi kemiripan dokumen yang termasuk nama dan deskripsi produk dengan menggunakan metode content base filtering.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Chitty, B., Chitty, W., Luck, E., Barker, N., Sassenberg, A.-M., A. Shimp, T., & Andrews, J. C. (2017). Integrated Marketing Communications with Online Study Tools 12 Months. In Cengage AU. Cengage AU. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=1ENMDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=Terence+A.+Shimp+2010&ots=UO2MFIiQEU&sig=BScBIr_zrtVkQjUpTe04wqdipJ8&redir_esc=y#v=onepage&q=Terence A. Shimp 2010&f=false
Gowtham S.R. (2022). Practical Implementation of Content-Based Recommendation System | by Gowtham S R | Towards AI. https://pub.towardsai.net/how-to-build-a-content-based-recommendation-system-f7d881a53e9a
Hariri, F. R., & Rochim, L. W. (2022). Sistem Rekomendasi Produk Aplikasi Marketplace Berdasarkan Karakteristik Pembeli Menggunakan Metode User Based Collaborative Filtering. Teknika, 11(3), 208–217. https://doi.org/10.34148/TEKNIKA.V11I3.538
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Kuo, R. J., & Cheng, H. R. (2022). A content-based recommender system with consideration of repeat purchase behavior. Applied Soft Computing, 127, 109361. https://doi.org/10.1016/J.ASOC.2022.109361
Mondi, R. H., Wijayanto, A., & Winarno, W. (2020). Recommendation System With Content-Based Filtering Method for Culinary Tourism in Mangan Application. ITSMART: Jurnal Teknologi Dan Informasi, 8(2), 65–72. https://jurnal.uns.ac.id/itsmart/article/view/35008
Negara, E. S., Sulaiman, Andryani, R., Saksono, P. H., & Widyanti, Y. (2023). Recommendation System with Content-Based Filtering in NFT Marketplace. Journal of Advances in Information Technology, 14(3), 518–522. https://doi.org/10.12720/JAIT.14.3.518-522
Priansyah, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Era Media Sosial. Pustaka Setia.
Roy, D., & Dutta, M. (2022). A systematic review and research perspective on recommender systems. Journal of Big Data, 9(1), 1–36. https://doi.org/10.1186/S40537-022-00592-5/TABLES/3
Sadeli, S. P., & Wibowo, A. P. W. (2022). Sistem informasi Rekomendasi Produk Pada Website Ecommerce dengan Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Darma Agung, 30(1), 675–682. https://doi.org/10.46930/OJSUDA.V30I1.2586
Syaifuddin, A., Harianto, R. A., & Santoso, J. (2020). Analisis Trending Topik untuk Percakapan Media Sosial dengan Menggunakan Topic Modelling Berbasis Algoritme LDA. INSYST: Journal of Intelligent System and Computation, 2(1), 12–19. https://doi.org/10.52985/INSYST.V2I1.150
Syaifuddin, A., & Muslimin, M. (2022). Analisis Sentimen pada Sosial Media Tentang Implementasi Kebijakan PSE Kominfo Menggunakan Algoritme Lexicon Based. Seminar Nasional Fakultas Teknik, 1(1), 7–14. https://doi.org/10.36815/SEMASTEK.V1I1.2
Tanuar, E., & Yosanny, A. (2010). Analisis E-Bisnis Terhadap Amazon dan Aquarelle. ComTech, 1(2), 782–792.
Terence, A. S. (2010). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Salemba Empat.
Wisnuadi, K. (2022). [Data Statistik] Top 5 Marketplace yang Paling Digemari di Indonesia (Mei 2022). https://dipstrategy.co.id/blog/data-statistik-top-5-marketplace-yang-paling-digemari-di-indonesia/