OPTIMASI HUMAN SIGMA PADA PENGUKURAN LAYANAN PERGURUAN TINGGI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Maxsi Ary

Abstract

Diperlukan pendekatan yang dapat digunakan untuk menilai keeratan hubungan mahasiswa baru, staf publikasi dan marketing dengan perguruan tinggi. Pendekatan ini diperlukan agar perguruan tinggi dapat menentukan strategi baru dalam hal peningkatkan jumlah mahasiswa baru. Optimasi human sigma digunakan untuk mengukur prosentase tingkat keeratan hubungan calon mahasiswa baru, staf publikasi dan marketing dengan universitas adhirajasa reswara sanjaya. Nilai human sigma diperoleh pada prosentase 30,14%, sehingga kualitas layanan perguruan tinggi harus lebih fokus, khususnya layanan penerimaan mahasiswa baru. Namun demikian masih ada peluang untuk memperbaiki hubungan antara staf publikasi dan marketing dengan mahasiswa baru. Nilai hubungan keeratan mahasiswa baru dengan staf sebesar 46,25% masih mendekati nilai rata-rata.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Berger. P.D. & Nasr, N.I. (2012). Customer Lifetime Value: Marketing Models And Applications. Journal of Interactive Marketing. Vol 12. No 1. pp. 17-30.
Efendi, N., & Prasnowo, M. A. (2018). Strategi Peningkatan Pelayanan Pada Apartemen X dengan Metode Human Sigma. Journal of Industrial and System Optimization, 1(1), 29-38.
Filip, A., & Voinea, L. (2012). Understanding the Processes of Customer Acquisition, Customer Retention and Customer Relationship Development. International Journal of Economic Practices and Theories. Vol. 2, No. 2, pp 62-67.
Fleming, J. H., & Asplund, J. (2007). Human sigma: Managing the employee-customer encounter. Simon and Schuster.
Fleming, J. H., Coffman, C., & Harter, J. (2022, Maret 30). Manage your Human Sigma. From https://hbr.org/2005/07/manage-your-human-sigma: https://hbr.org/2005/07/manage-your-human-sigma.
Fornell, C., Johnson, M. D., Anderson, E. W., Cha, J., & Bryant, B. E. (1996). The American customer satisfaction index: nature, purpose, and findings. Journal of Marketing, 60(4), 7–18.
Hasan, A. (2017). Power Relationship Dalam Bisnis. Jurnal Media Wisata, Vol 15 Iss 1 pp. 531-556.
Khalid, K., Moenardy, K.K., Zainu, S.A., & Kumadji, S. (2016). The Effect of Service Quality and Relationship Marketing to Customer Value, Customer Satisfaction, Switching Cost, and Customer Retention. International Journal of Management and Administrative Sciences. Vol. 3, No. 04: pp 48-63.
Khatijah, S. (2004). Smart Strategy of Marketing Persaingan Pasar. Bandung: Alfabeta.
Mollah, A. S. (2014). The Impact of Relationship Marketing on Customer Loyalty. European Journal of Business and Management. Vol. 6, No.3. pp 21-55.
Rodriguez M., Paredes F., Yi G. 2016.Towards Future Customer Experience: Trends and Innovation in Retail. Foresight and STI Governance. Vol. 10 No 3. pp. 18–28.
Sunyoto, D. (2012). Konsep Dasar riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Sutton, C. (2015). The Human Sigma approach to business improvement in tourism SMEs, Journal of Small Business and Enterprise Development, Vol. 22 Iss 2 pp. 302-319.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Andi.
Zweifel, H. A. (2010). Human Sigma Optimization: Engaging Employees and Customers. University of St. Thomas, Minnesota.