OPTIMASI HUMAN SIGMA PADA PENGUKURAN LAYANAN PERGURUAN TINGGI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Diperlukan pendekatan yang dapat digunakan untuk menilai keeratan hubungan mahasiswa baru, staf publikasi dan marketing dengan perguruan tinggi. Pendekatan ini diperlukan agar perguruan tinggi dapat menentukan strategi baru dalam hal peningkatkan jumlah mahasiswa baru. Optimasi human sigma digunakan untuk mengukur prosentase tingkat keeratan hubungan calon mahasiswa baru, staf publikasi dan marketing dengan universitas adhirajasa reswara sanjaya. Nilai human sigma diperoleh pada prosentase 30,14%, sehingga kualitas layanan perguruan tinggi harus lebih fokus, khususnya layanan penerimaan mahasiswa baru. Namun demikian masih ada peluang untuk memperbaiki hubungan antara staf publikasi dan marketing dengan mahasiswa baru. Nilai hubungan keeratan mahasiswa baru dengan staf sebesar 46,25% masih mendekati nilai rata-rata.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Efendi, N., & Prasnowo, M. A. (2018). Strategi Peningkatan Pelayanan Pada Apartemen X dengan Metode Human Sigma. Journal of Industrial and System Optimization, 1(1), 29-38.
Filip, A., & Voinea, L. (2012). Understanding the Processes of Customer Acquisition, Customer Retention and Customer Relationship Development. International Journal of Economic Practices and Theories. Vol. 2, No. 2, pp 62-67.
Fleming, J. H., & Asplund, J. (2007). Human sigma: Managing the employee-customer encounter. Simon and Schuster.
Fleming, J. H., Coffman, C., & Harter, J. (2022, Maret 30). Manage your Human Sigma. From https://hbr.org/2005/07/manage-your-human-sigma: https://hbr.org/2005/07/manage-your-human-sigma.
Fornell, C., Johnson, M. D., Anderson, E. W., Cha, J., & Bryant, B. E. (1996). The American customer satisfaction index: nature, purpose, and findings. Journal of Marketing, 60(4), 7–18.
Hasan, A. (2017). Power Relationship Dalam Bisnis. Jurnal Media Wisata, Vol 15 Iss 1 pp. 531-556.
Khalid, K., Moenardy, K.K., Zainu, S.A., & Kumadji, S. (2016). The Effect of Service Quality and Relationship Marketing to Customer Value, Customer Satisfaction, Switching Cost, and Customer Retention. International Journal of Management and Administrative Sciences. Vol. 3, No. 04: pp 48-63.
Khatijah, S. (2004). Smart Strategy of Marketing Persaingan Pasar. Bandung: Alfabeta.
Mollah, A. S. (2014). The Impact of Relationship Marketing on Customer Loyalty. European Journal of Business and Management. Vol. 6, No.3. pp 21-55.
Rodriguez M., Paredes F., Yi G. 2016.Towards Future Customer Experience: Trends and Innovation in Retail. Foresight and STI Governance. Vol. 10 No 3. pp. 18–28.
Sunyoto, D. (2012). Konsep Dasar riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Sutton, C. (2015). The Human Sigma approach to business improvement in tourism SMEs, Journal of Small Business and Enterprise Development, Vol. 22 Iss 2 pp. 302-319.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Andi.
Zweifel, H. A. (2010). Human Sigma Optimization: Engaging Employees and Customers. University of St. Thomas, Minnesota.