Aplikasi Corporate Identity Untuk Promosi Desain Bingkai Kopi Palasari Kabupaten Bandung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Oki Adityawan
Bayu Bambang Pradana
Panji Firman Rahadi
Sandi Destian
Iwan Muhammad Ridwan

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini berjudul “aplikasi corporate identity promosi desain Bingkai Kopi Palasari kabupaten bandung”. Adapun permasalahan yang dikaji adalah bagaimana merancang strategi kreatif dengan pendekatan melalui logo atau identitas perusahaan yang baru, yang bernuansakan rumahan . Kedai Bingkai Kopi Palasari ini terletak di Jl. Arcamanik Sindanglaya No.47 Kabupaten Bandung. Bingkai Kopi Palasari merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kuliner (coffee shop). Selama ini perusahaan cukup dikenal oleh masyarakat, namun pesan perusahaan tidak dapat tersampaikan oleh logo yang lama. Hal ini disebabkan karena lemahnya promosi dan corporate image yang kurang baik, sehingga perusahaan terlihat biasa saja dimata masyarakat atau konsumen. Walaupun demikian dari segi produk masih layak untuk diperhitungkan. Oleh karena itu perusahaan perlu dibuat perancangan strategi kreatif sebagai sarana untuk memperkenalkan identitas perusahaan yang baru, sehingga dapat dibedakan dengan kompetitor yang bergerak dibidang yang sama. Perancangan strategi kreatif yang baru dengan konsep bernuansakan rumahan membuat perusahaan terlihat simple dan elegant. Pada tahap ini perusahaan juga akan menyediakan berbagai macam buku dan satu buah gitar akustik untuk menambah daya tarik konsumen. Dengan perancangan Corporate Identity yang baru diarapkan perusahaan dapat dikenal dengan cepat oleh masyarakat atau konsumen.


Kata Kunci : Perancangan, Corporate Identity, Strategi Kreatif, Corporate Image


 


ABSTRACT


This research is titled "application corporate identity for promotion design for Palasari Coffee Frame In Bandung District ". The issues examined are how to design a creative strategy with a new logo or corporate identity, which has a home-based approach. Palasari Coffee Frame is located on Jl. Arcamanik Sindanglaya No. 47 Bandung Regency. Palasari Coffee Frame is a company engaged in the culinary (coffee shop). During this time the company is well known to the community, but the company's message cannot be conveyed by the old logo. This is due to the weak promotion and corporate image is not good, so the company looks ordinary in the eyes of people or consumers. However, in terms of product it is still worth to count.Therefore, the company needs to make creative strategy planning as a means to introduce new corporate identity, so it can be distinguished by competitors engaged in the same field. Designing a new creative strategy with the concept of home Bernuansakan make the company look simple and elegant. At this stage the company will also provide a wide range of books and one acoustic guitar to add to the appeal of consumers.With the newly established Corporate Identity Planning Company can be recognized quickly by the community or consumers.


 Keywords : designing, Corporate Identity, creative strategy, Corporate Image

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Adityawan, O., Bambang Pradana, B., Firman Rahadi, P., Destian, S., & Muhammad Ridwan, I. (2020). Aplikasi Corporate Identity Untuk Promosi Desain Bingkai Kopi Palasari Kabupaten Bandung. Jurnal Sains Manajemen, 2(2), 67-78. https://doi.org/10.51977/jsm.v2i2.311

References

Adam Morioka. (2004). LOGO DESIGN BOOK. A hands On Guide to Creating Logos.

Adi Kustrianto. (2009). PENGANTAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.
http://webadmin.ipusnas.id/ipusnas/publications/books/5938
Darmadi Durianto, Sugianto, Anton Wachidin Wijaya dan Hendrawan Supratikno. (2003). INVASI PASAR DENGAN IKLAN YANG EFEKTIF. Strategi, Program dan Teknik Pengukuran.

Edelman Trust Barometer. (2016). Kutipan (Global Report).
https://www. Edelma.com/research/2016-edelman-trust-barometer

Institut Seni Indonesia Yogyakarta. (2015). Fakultas Seni Rupa. E-jurnal Program Studi Desain Komunikasi Visual Perancangan Visual Corporate Identity PT.SYDECO.
http://docplayer.info/39662239-Perancangan-Visual-corporate-identity-pt-sydeco.html

Ir. Sri Naji Yati dan Ir. Danarti. (2004). BUDIDAYA KOPI dan PERANCANGAN PASCA PANEN.
KOMPASIANA, BeyondBlogging. Warung Kopi. https://www.kompasiana.com/www.radencahyoprabowo.blogspot.com/warung-kopi-sebagai-bentuk-komunikasi-lintas-budaya-masyarakat-indonesia

Lia Anggraini S. dan Kirana Nathalia. (2016). DESAIN KOMUNIKASI VISUAL dan DASAR-DASAR PANDUAN UNTUK PEMULA. http:/webadmin.ipusnas.id/ipusnas/publications/books/96387

Morissan. M.A. (2010 :17). PERIKLANAN, PROMOSI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU

Philip Kotler dan Gary Amstrong. (2014: jilid 1 dan 2). PRISNSIP-PRINSIP PEMASARAN

Prof. Dr. H. Buchari Alma. (2013 :179). MANAJEMEN dan PEMASARAN JASA

Prof. Dr. H. M. Burhan Bungin, S.sos., M.si dan Rachmat Kriyantono, S.sos., M.si. (2014). TEKNIK PRAKTIS RISET KOMUNIKASI, Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi dan Komunikasi Pemasaran

Puji Raharjo. (2012). PANDUAN BUDIDAYA KOPI dan PENGOLAHAN KOPI ARABIKA. https://books.google.co.id/books?id=DMJNCgAAQBA&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f

Rambat Lupiyoadi. (2013: 92). MANAJEMEN PEMASARAN JASA BERBASIS KOMPETENSI: SALEMBA EMPAT

Rustan Surianto. (2008: 12). LOGO
Rustan Surianto. (2009: 12 dan 16). http://webadmin.ipusnas.id/ipusnas/publications/books/5938 Universitas Mataram. (Managemen Strategi dan bisnis). Fakultas Pertanian

Wirawan. (2008: 50). EVALUASI KINERJA SUMBERDAYA MANUSIA. Teori, Aplikasi dan Penelitian
Yasaburo Kuwayama via Surianto Rustan. (2009: 14). http://webadmin.ipusnas.id/ipusnas/publications/books/5938

Most read articles by the same author(s)