STRATEGI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI SD PIT BHASKARA SUBANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Comariah Raden Ayu
Purwadhi
Didin Syarifuddin

Abstract

Perencanaan kepala sekolah dapat membantu guru-guru dalam meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran. Pengendalian merupakan proses dalam mengukur kinerja dan tindakan yang dilakukan dipastikan dapat berhasil sehingga mencapai tujuan yang telah ditentukan. Kepala sekolah dalam mewujudkan strategi manajerial terdapat proses yang perlu dilaksanakan untuk meningkatkan produktivitas kerja guru dengan cara formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi Pada aspek pengendalian dilakukan melalui proses pengawasan melalui kegiatan supervisi, dan memberikan punishment. Kepala sekolah sebagai Administrator yang bertanggung jawab agar lancarnya dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran di sekolahnya, serta sebagai perancang strategi manajerial melibatkan pihak-pihak diantaranya, guru, pengawas, yayasan dan komite Pada proses yang akan dilaksanakan oleh kepala sekolah terdiri dari, formulasi strategi yang meliputi visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru, kemudian implementasi strategi yang terdiri dari, program, anggaran dan prosedur. Dan yang terakhir evaluasi dan pengendalian, dimana dalam hal ini merupakan hal yang penting untuk melihat apakah program yang telah direncanakan mencapai tujuan atau belum.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Raden Ayu, C., Purwadhi, & Syarifuddin, D. (2023). STRATEGI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI SD PIT BHASKARA SUBANG. Jurnal Sains Manajemen, 5(1), 34-45. https://doi.org/10.51977/jsm.v5i1.956

References

Angriani, V. (2021). Evaluasi Strategi Pengembangan Terhadap Koperasi Syariah di Kota Pekanbaru. Jiana (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 19(2), 31-40.
Gaspersz, Vincent (2002). Perencanaan strategik untuk meningkatkan sektor publik suatu petunjuk praktek. Vancouver: Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Huddin, M. (2021). Manajemen Strategi Analisis Swot Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Pada Bmt Nu Pusat Gapura Sumenep.
Kompri. (2017). Standarisasi Kepala Sekolah. Jakarta: Kencana.
Kristiawan, dkk. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Nafisah, Z, dkk. (2021). Manajemen Program Pendidikan Keagamaan Ke-Nahdlatul Ulamaan di SMA Nahdlatul Ulama Lekok Pasuruan. Volume 2, Nomer 1, Juni 2021.
Nourlette, R. R., & Hati, S. W. (2017). Penentuan strategi dengan pendekatan analisis SWOT pada hotel nongsa point marina & resort dalam menghadapi persaingan bisnis. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 5(1), 82-102.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Wahyuni, dkk. (2019). Peningkatan Produktivitas kerja Guru Melalui Pengembangan Supervisi Kepala Sekolah dan Kreativitas Kerja. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol.7, No.1. Bogor: Program Pascasarjana Universitas Pakuan.
Yamawidura, E. (2019). Perumusan Strategi Pengembangan Berdasarkan Strategi QSPM (Studi Pada Perusahaan Persewaan Alat Pesta YAMA). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2).
Yunus, E. (2016). Manajemen strategis. Penerbit ANDI OFFSET, Yogyakarta

Most read articles by the same author(s)