STRATEGI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI SD PIT BHASKARA SUBANG

Authors

  • Comariah Raden Ayu Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Purwadhi Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Didin Syarifuddin Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

DOI:

https://doi.org/10.51977/jsm.v5i1.956

Keywords:

Perencanaan, Pengendalian, Formulasi Strategi

Abstract

Perencanaan kepala sekolah dapat membantu guru-guru dalam meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran. Pengendalian merupakan proses dalam mengukur kinerja dan tindakan yang dilakukan dipastikan dapat berhasil sehingga mencapai tujuan yang telah ditentukan. Kepala sekolah dalam mewujudkan strategi manajerial terdapat proses yang perlu dilaksanakan untuk meningkatkan produktivitas kerja guru dengan cara formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi Pada aspek pengendalian dilakukan melalui proses pengawasan melalui kegiatan supervisi, dan memberikan punishment. Kepala sekolah sebagai Administrator yang bertanggung jawab agar lancarnya dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran di sekolahnya, serta sebagai perancang strategi manajerial melibatkan pihak-pihak diantaranya, guru, pengawas, yayasan dan komite Pada proses yang akan dilaksanakan oleh kepala sekolah terdiri dari, formulasi strategi yang meliputi visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru, kemudian implementasi strategi yang terdiri dari, program, anggaran dan prosedur. Dan yang terakhir evaluasi dan pengendalian, dimana dalam hal ini merupakan hal yang penting untuk melihat apakah program yang telah direncanakan mencapai tujuan atau belum.

References

Afnis, Tirtawidi, 2018. Hubungan Tingkat Pengetahuan Masyarakat Dengan Perilaku Masyarakat Dalam Manajemen Stres Di Dukuh Tengah Desa Nambangrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Diakses dari: eprints.umpo.ac.id pada 16 September 2019.

Azrimaidaliza, A., Nurmy, K., & Edison, E. (2012). Pengetahuan dan sikap ibu mengenai perilaku hidup bersih dan sehat di kelurahan koto lalang. Jurnal kesehatan masyarakat andalas, 7(1), 2-9.

Cahyaningrum, R. (2016). Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) Terhadap Kebersihan Pribadi Siswa Kelas Iv dan V Sd Negeri Kraton Yogyakarta Tahun 2015/2016.PGSD Penjaskes, (4).

Fauzianor, A. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Tatanan Rumah Tangga Di Sudagaran Rw 12 Tegal Rejo Yogyakarta (Doctoral Dissertation, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta).

Irawati, E. (2011). Gambaran Karakteristik Keluarga Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Tatanan Rumah Tangga di Desa Karangasem Wilayah Kerja Puskesmas Tanon II Sragen. Gaster, 8(2), 741-749.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2009) Kebersihan Tangan Mempengaruhi Keselamatan Pasien. Jakarta.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2010) Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2010: Perilaku Sederhana Berdampak Luar Biasa. Jakarta.

Muliadi, I. S. Pengetahuan, Sikap, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Mahasiswa FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2015.

Murdyaningsih, R. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Terhadap Kepatuhan Mahasiswa Praktek di Ruang ICU RSUD Dr. Moewardi.

Notoatmodjo, S. (2012) Promosi kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka cipta

Nurjanah, R. (2013) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Bandung: Rumah Sakit Hasan Sadikin.

Obella, Z., & Adliyani, N. (2015). Pengaruh Perilaku Individu terhadap Hidup Sehat The Effect of Human Behavior for Healthy Life, 4, 109–114.

Pontoh, Idham, 2013. Dasar-dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat Jakarta: Penerbit In Media.

Rayhana, R., & Triana, R. A. (2017). Hubungan Karakteristik, Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan Bekasi Utara Tahun 2016. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 12(2), 168-180.

Sinta, P. L. H. A. H. G. &. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Perilaku Hidup Bersih Poned X, 7–14.

Ulfah, S. M., Ulfa, M, & Kusbaryanto (2017). Analisis Infection Control Self Assessment Tool ( ICAT ) Modul 1-4 di Klinik Pratama PMI, 1(1), 181–187.

Wawan, A. & Dewi, M. (2010). Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Downloads

Published

2023-02-21

How to Cite

STRATEGI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI SD PIT BHASKARA SUBANG. (2023). Jurnal Sains Manajemen, 5(1), 34-45. https://doi.org/10.51977/jsm.v5i1.956