PENGARUH SHORT VIDEO MARKETING DAN GREEN PRODUCT TERHADAP PURCHASE INTENTION (Study produk Tumbler Miniso) Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sahidillah Nurdin
Lutfi Maulana shidiq
Dwi Sandini

Abstract

Penelitian ini didasari dari semakin banyaknya pengguna sosial media berbasis video seperti tiktok dan penggunaan produk ramah lingkungan yang semakin diminati oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh short video marketing dan green product terhadap purchase intention produk tumbler pada platform social commerce Tiktok di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pendekatan desktiptif dan verifikatif. Responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda yang diolah dengan bantuan aplikasi SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa short video marketing dan green product secara signifikan mempengaruhi purchase intention produk tumbler. Temuan ini memberikan implikasi bagi praktisi dan pemasar dalam mengoptimalkan strategi pemasaran di platform Tiktok, terutama dalam memanfaatkan short video marketing dan mengedepankan produk ramah lingkungan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nurdin, S., Maulana shidiq, L., & Sandini, D. (2024). PENGARUH SHORT VIDEO MARKETING DAN GREEN PRODUCT TERHADAP PURCHASE INTENTION. Jurnal Sains Manajemen, 6(2), 119-127. https://doi.org/10.51977/jsm.v6i2.1851

References

Aldi, R., Peter S, J., & Kristaung, R. (2023). Pengaruh Karakteristik Konsumen, Green Product, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen.
Alma Aprilistya, C. V. A. C. A. P. (2023). Dampak Media Sosial Terhadap Penurunan Nilai Moral Dan Etika Generasi Muda. 2.
APJII. (2024, February 7). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Augustinah, F., Faluktas, W., Administrasi, I., & Bisnis, A. (n.d.). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong di Kabupaten Sampang.
Dong, X., Liu, H., Xi, N., Liao, J., & Yang, Z. (2024). Short video marketing: what, when and how short-branded videos facilitate consumer engagement. Internet Research, 34(3), 1104–1128. https://doi.org/10.1108/INTR-02-2022-0121
Hanifah, H. N., Hidayati, N., & Mutiarni, R. (2019). Pengaruh Produk Ramah Lingkungan/Green Product Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 37–44. https://doi.org/10.26533/jmd.v2i1.345
Jingnan, Z. (2023). The Effects of Short Video Marketing on Consumer’s Purchase Intention - A Case of Florasis Corporation, Ltd.
Karunarathne, E. A. C. P., & Thilini, W. A. (2022). Advertising Value Constructs’ Implication on Purchase Intention: Social Media Advertising. Management Dynamics in the Knowledge Economy, 10(3), 287–303. https://doi.org/10.2478/mdke-2022-0019
Kominfo. (2019). Ini Target Gerakan Satu Juta Tumbler. https://www.kominfo.go.id/content/detail/20292/kemenko-maritim-dan-klhk-dukung-gerakan-satu-juta-tumbler/0/berita
Mauliza, P. (2020). Pengaruh Green Product, Green Advertising Dan Green Brand Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Tupperware di Smpn Beureunuen. Jurnal Ilmiah Simantek ISSN. 2550-0414.
Muhtar. (2023, April 4). Ini 7 Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia. Https://Uici.Ac.Id.
Mulyadi, M. T., Isnawati, N. L., & Hellyani, C. A. (2023). Analisis Tiga Dimensi Short Video Marketing Yang Mempengaruhi Purchase Intention Generasi Z. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(3), 233–243. https://doi.org/10.58192/wawasan.v1i3.909
Ngo, T. T. A., Quach, P., Nguyen, T. V., Nguyen, A. D., & Nguyen, T. M. N. (2023). Short video marketing factors influencing the purchase intention of Generation Z in Vietnam. Innovative Marketing, 19(3), 34–50. https://doi.org/10.21511/im.19(3).2023.04
Nurintha Fitri, A., Bunga Pertiwi, L., & Puspita Sary, M. (2021). Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Kreativitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019.
Purwanto, Y., & Sahetapy, W. L. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Endorser Terhadap Purchase Intention Pada Brand Skincare Somethinc. Agora, 10(1), 1&2.
Rahayu, Sri. S. B. (2019). Pengaruh Atribut Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi Pada Bidang Bisnis Katering Pt. Trengginas Jaya Bandung 2019 ) The Influence Of Product Attributes And Service Quality On Consumer Purchasing Decisions. E-Proceeding of Applied Science.
Ridho Atmando, C. (2019). Pengaruh Persepsi Green Product Dan Green Brand Image Terhadap Minat Beli Rumah Ramah Lingkungan Pada Generasi Y Di Surabaya.
Shofwan Azhar, S., & Annissa Oktapiani, M. (2021). Pengaruh Strategi Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Di Era Pandemi Covid-19 Studi Kasus Pada Pengguna Marketplace Shopee di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Manajemen, XII.
Simarmata, V. F., & Parameswar, R. (2024). Pengaruh Live Streaming Shopping, Short Video Marketing, dan Promosi Terhadap Minat Beli Produk MS Glow (Studi Kasus Toko Msglowtangerang.id di Shopee). ECo-Sync: Economy Synchronization, 1(2).
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. ALFABETA, CV.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
Utami, S. M., Komariah, K., Deni, R., Danial, M., & Sukabumi, U. M. (2022). Analysis Of Short Video Marketing And Brand Perception On Buying Interest (Survey On Tiktok Account Followers @Vivo_Indonesia) Analisis Short Video Marketing Dan Persepsi Merek Terhadap Minat Beli (Survei Pada Pengikut Akun Tiktok @Vivo_Indonesia). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(3), 1655–1660. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Wulandari, R., & Miswanto, M. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Green Product. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(2). https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i2.5139

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2