MANAJEMEN KOMUNIKASI PRODUSER DALAM SISTEM PRODUKSI FILM DOKUMENTER “DAMASTEEL” KEMENDIKBUD
DOI:
https://doi.org/10.51977/jsm.v6i2.1834Keywords:
Manajemen Komunikasi, Manajemen Produksi, FilmAbstract
Film “DAMASTEEL” adalah sebuah film pendek dengan penyajian dokumenter, yang memaparkan tentang para pandai besi tradisional senjata golok dari Manonjaya, Kota Tasikmalaya. Film ini mengedepankan tentang sebuah keresahan para pandai besi pinggiran Kota Tasikmalaya yang mulai terlupakan oleh perkembangan zaman dan pesatnya kemajuan teknologi, tentang bagaiman suatu proses karya seni dibuat dari lempengan besi tua hingga menjadi karya seni senjata golok yang memiliki nila estetika tersendiri bagi penikmatnya. Penelitian ini di adaptasi dari peran dan kepemimpinan produser dalam sistem suatu produksi film dokumenter, yang membahas perihal proses dalam setiap tahapan proses syuting mulai dari pra-produksi, produksi, hingga pasca produksi, manajemen komunikasi dalam kepemimpinan menjadi fokus utama dalam penelitian ini, bagaimana peranan kepemimpinan dalam mengatur setiap proses syuting yang berlangsung pada produksi film ini, peran produser dalam memimpin suatu sistem yang tetap harus menjaga nilai-nilai yang terkandung dalam suatu karya film sehingga dapat disajikan bagi khalayak luas dengan tetap mengedepankan pola komunikasi kepemimpinan.
References
Anjaswarni, Tri. (2016). Konsep Dasar Komunikasi Komunikasi Dalam Keperawatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. E-book. Internet.
Darmawan, Aditya Priyatna. (2022). Komunikasi Terapeutik: Pengertian, Karakteristik, Tujuan, dan Tahapnya. Retrieved from https://www.kompas.com/skola/read/2022/03/09/220000669/komunikasiterapeutik--pengertian-karakteristik-tujuan-dan-tahapnya
Devis, Y. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Syafira Pekanbaru. Jurnal Keperawatan. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/346400/hubungan-mutu-pelayanan-perawat-dengan-kepuasan-pasien-di-ruang-rawat-inap-rumah
Doloksaribu, E.M., Silitonga, E.M., Nababan, D., Siagian, M.T. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Sei. Mencirim Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Volume 5 Nomor 2, 1045-1054.
Mundakir. (2016). Buku Ajar Komunikasi Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.
Natassa, J., & Afrizah, -. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Tentara Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 7(02), 93-98. Retrieved from https://doi.org/10.37859/jp.v7i02.512
Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Pedoman. Skripsi, Tesis, dan Instrumen. Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika.
Ratnasari, Ida (2017) Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Dr. H. Soewondo Kendal. Other thesis, Universitas Widya Husada Semarang.
Retrieved from
http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/896
RSUD Haji Surabaya. (2017). Laporan Kinerja BLUD Rumah Sakit Umum Haji Surabaya Tahun 2017, RSUD Haji Surabaya. Retrieved from http://rsuhaji.jatimprov.go.id/images/download/LAP%20KINERJA%20BLUD%20TAHUN%202017.pdf
Sarfika, Rika, dkk. (2018). Buku ajar keperawatan dasar 2 komunikasi terapeutik dalam keperawatan. Padang : Andalas University Press.
Suryani. (2014). Komunikasi Terapeutik : Teori dan Praktik. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Wati, Liza. (2018). Hubungan Antara Reliability dan Responsiveness dengan Royalitas Pasien di Ruang Rawat Inap. Retrieved from https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKS/article/view/311
Wijayanti, A. P., & Febiana, C. (2023). Hubungan Persepsi Perawat Terhadap Kinerja Perawat Dalam Penerapan Asuhan Keperawatan. Jurnal Keperawatan Bsi, 11(1), 29-39. Retrieved from https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/1105
Wijayanti, A. P., & Febiana, C. (2023). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Teras Kesehatan. Politeknik Al-Islam Bandung.