PENGARUH STRES KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA PT POLA MANUNGGAL SEJATI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yayu Sri Rahayu
Usep Irawan

Abstract

PT Pola Manunggal Sejati adalah perusahaan manufaktur tekstil yang terintegrasi spesialisasi polyester baik tenun maupun rajut. Perusahaan ini difasilitasi dengan proses weaving,knitting, dyeing dan printing. Turnover Intention adalah keinginan karyawan untuk pindah dari perusahaan hanya sebatas keinginan dan belum dilakukan secara nyata, keinginan muncul karenakaryawan merasa ada pekerjaan yang lebih baik dibandingkan pekerjaan sekarang yang sedang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh stres kerja dan pengembangan karier terhadap turnover intention pada PT Pola Manunggal sejati. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 68 responden dengan teknik non probability sampling. Data yang diperoleh di analisis menggunakan SPSS versi 25 dan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa stres kerja mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intentuion, pengembangan karier mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention. Secara simultan stres kerja dan pengembangan karier bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap turnover intention.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rahayu, Y. S., & Irawan, U. (2023). PENGARUH STRES KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA PT POLA MANUNGGAL SEJATI. Jurnal Sains Manajemen, 5(1), 66-75. https://doi.org/10.51977/jsm.v5i1.1070

References

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Update PLS Regresi (Sembilan). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi MengelolaKaryawan. CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). PT Raja Grafindo Persada.
Mahrofi, R., Sunaryo, H., & Wahono, B. (2019). Pengaruh Stres Kerja, Motivasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Turnover intention (Pada Karyawan Non Medis Rumah Sakit Islam Malang UNISMA). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(1).
Mangkunegara, A. A. A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Remaja Rosdakarya.
Pranata, G. D., Salit, I. G., & Netra, K. (2019). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Turnover Intention Melalui Mediasi Komitmen Organisasional Pada Restoran Queen’s Tandoor Seminyak. E-Jurnal Manajemen, 8(6), 3531–3559.
Ridlo, I. A. (2012). Turnover Karyawan “Kajian Literatur.” Public Health Movement Publication.
Rivai, V. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Raja Grafindo Persada.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2014). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.
Saklit, I. W. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Pengembangan Karir Terhadap Intensi Turnover: Kepuasan Kerja Sebagai Mediator. Jurnal Manajemen, 21(3), 472–496.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sunyoto, D. (2015). Penelitian Sumber Daya Manusia. PT Buku Seru.