PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN BATIK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fenny Isnaeni Sholihah
Acep Rohendi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas produk dan desain terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survei pengumpulan data berupa kuesioner dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen di Riyanti Boutique. Jumlah sampel dalam penelitian terdiri dari 102 orang responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah non-probability sampling, pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara daring melalui aplikasi media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif, sedangkan untuk analisis data menggunakan metode regresi. Metode regresi bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel tak bebas baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, begitu pula dengan variabel desain produk yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan variabel kualitas produk dan variabel desain produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sholihah, F. I., & Rohendi, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN BATIK. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 4(1), 44-55. Retrieved from https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/869

References

Asep Hermawan, Husna Leila Yusran “Penelitian BISNIS Pendekatan Kunatitatif”, ISBN 978-602-422-210-9, Cetakan ke-1, Oktober 2017
Engel, James F., Roger D Blackwell, dan Paul W Miniard. 1994. Perilaku Konsumen, Alih bahasa Budiyanto, Jakarta: Binarupa Aksara
Kotler, P. 2006. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesebelas, Penerbit PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
Kotler, P., and Keller, K., L. 2009. Manajemen Pemasaran.Edisi ke-13 jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kelvin L. Keller. 2012. Marketing Manajemen. Jersey: Person Education, inc.
Laksmi, Maharani Dinar .2020. Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Batik Tulis Sekar Arum Juwana Pati). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank
Made Tiya Yogi Suari, Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi, Ni Nyoman Yulianthini.2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian.Vol.5, No 1(2019)
Sodik, Nur, (2004), “Analisis Keberhasilan Persepsi Konsumen Pada Negara Asal (Country of Origin) Terhadap Kualitas dan Harga Produk Otomotif (Survey Terhadap Konsumen di Kota Surakarta Tahun 2003)”, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol 4, No. 1, Mei 2004 Surakarta
Tjiptono, Fandy. 2009. Strategi Pemasaran, Edisi 3, Yogyakarta: ANDI.
Yuliana, W., Komalasari, Y., Kasyamba, H., & Rohaeni, H. (2020). Analisis Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling di PT Arista Group Bandung. Jurnal Sain Manajemen, 2(2), 12-19.