MODEL KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK HAND SANITIZER DI MASA COVID-19
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui kualitas produk, harga produk, emosional konsumen dan kepuasan konsumen produk hand sanitizer; (2) mengetahui hubungan kualitas, harga dan emosional konsumen pada produk hand sanitizer; (3) mengetahui pengaruh kualitas produk, harga produk, dan emosional konsumen terhadap kepuasan konsumen produk hand sanitizer buatan Fakultas Farmasi UBP Karawang baik parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 224 orang dan sampel yang diambil sebanyak 70 orang. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa mayoritas kualitas produk dalam katagori baik, harga tergolong murah, emosional konsumen memiliki kriteria sangat tinggi dan konsumen merasa sangat puas terhadap produk hand sanitizer Fakultas Farmasi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa antar variabel kualitas produk, harga produk dan emosional konsumen memiliki korelasi yang kuat. Berdasarkan hasil analisis parsial, hanya variabel harga produk dan emosional konsumen yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Secara simultan variabel kualitas produk, harga dan emosional konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen hand sanitizer buatan Fakultas Farmasi UBP Karawang. Diharapkan Fakultas Farmasi UBP Karawang dapat meningkatkan kualitas produk hand sanitizer sehingga dapat bersaing di pasaran, selain itu tingginya skor emosional konsumen dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk hand sanitizer terutama melalui e-Wom.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Asshiddieqi, F. (2013). Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pada produk Crooz di Distro Ultra Store Semarang). Journal of Management, 1(1), 1–9.
Christian, R. P., & Mananeke, L. (2016). Pengaruh Strategi Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Bpjs Di Rsud Sam Ratulangi Tondano. Jurnal EMBA, 121(2), 121–132.
CSSE Johns Hopkins University. (2021). COVID-19 Data Repository by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University. JHU CSSE COVID-19 Data. https://github.com/CSSEGISandData/COVID-19
Enos Julvirta. (2017). Pengaruh Penetapan Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Topas Galeria Hotel Bandung. Jurnal Elektronik Ilmu Komputer, 7, 1–14.
Irawan, H. D. (2009). Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan (Edisi Kedu). Elex Media Komputindo.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Marketing Management 13th Ed. In Ebook of Marketing Management 13th edition (13th ed., Vol. 1).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education,Inc.
Kotler, P., & Kelller, K. L. (2016). Marketing Managemet (Edisi 15 G). Pearson Education,Inc.
Kotler, P., Veronica, W., Saunders, J., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. In The Economic Journal (Edisi 15). Pearson Education,Inc. https://doi.org/10.2307/2224326
Laucereno, S. F. (2020). Sederet Dampak Corona Terhadap Bisnis di Indonesia. Detik.Com.
Nitisusastro, M. (2012). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Alfabet.
Ong, I. A., & Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya. Manajemen Pemasaran, 2(2), 1.
Pasharibu, Y., Paramita, E. L., & Febrianto, S. (2018). Price, service quality and trust on online transportation towards customer satisfaction. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 21(2), 241–266. https://doi.org/10.24914/jeb.v21i2.1965
Pratama, A. (2020). Update Data Pasien Corona di Indonesia 23 Maret 2020. CNBC Indonesia.
Pratiwi, U., & Maskan, M. (2019). Pengaruh Harga Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan. Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(2018), 21–24.
Rismawati. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Bamboo Family Massage And Reflexiology Bandung. Almana (Jurnal Manajemen Dan Bisnis), 1(2). http://journal.unla.ac.id/index.php/almana/article/view/356
Sari, R., Nurmandiansyah, M. T., & Gunawan, A. (2020). PENGARUH EMOSIONAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BISNIS KULINER: STUDI PADA WARUNK KOPI PLATT MONKULL. Jurnal MD, 6(1), 115–130.
Satria, E. (2021). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PDAM TIRTA KHAYANGAN UNIT TANAH KAMPUNG KOTA SUNGAI PENUH. Jurnal AKRAB JUARA, 6(1), 258–272. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1388/1215
Setiawati, A., & Tresnati, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Honda Beat. SPeSIA, 6(1), 466–469. file:///C:/Users/Syifa Faddila/Downloads/20656-40643-1-PB.pdf
Sheth, J. N., Mittal, B., & Newman, B. I. (1999). Customer behavior : consumer behavior & beyond. Fort Worth, TX : Dryden Press.
Suwardi. (2011). Menuju kepuasan pelanggan melalui penciptaan kualitas pelayanan. Jurnal Pengembangan Humaniora, 11(1), 51–58.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & satisfaction (Edisi 4). Andi.
Yulisetiarini, D., & Prahasta, Y. A. (2019). The effect of price, service quality, customer value, and brand image on customers satisfaction of telkomsel cellular operators in east Java Indonesia. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(3), 5–9. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89831