STRATEGI PENGUATAN PEMASARAN BERBASIS DELTA MODEL PADA SMP ISLAM KARAWANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Neni Sumarni
Enjang Suherman
Suroso
Ade Mubarok

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguatkan strategi pemasaran SMP Islam Karawang dalam meningkatkan minat siswa. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, observasi, dan wawancara mendalam.  Teknik analisa data menggunakan Teknik Triangulasi yaitu Triangulasi Metode, Triangulasi Sumber data dan Triangulasi Teori. Serta analisa SWOT untuk mengetahui posisi SMP Islam Karawang. Data divalidasi dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini, posisi SMP Islam berada pada kuadran 1, strategi yang dapat diterapkan adalah pengembangan, dan produk yang dihasilkan adalah strategi pemasaran sekolah berbasis Delta Model untuk kepentingan peserta didik: a) Strategi Produk Terbaik: menyelenggarakan pendidikan holistik. melalui berbagai kegiatan/program sekolah yang unik dan relevan dengan kebutuhan nasabah, serta menerapkan sistem multi payment untuk mempermudah nasabah melakukan transaksi  keuangan; b)  Strategi  Total Customer  Solutions: memaksimalkan sumber daya yang dimiliki perusahaan dan memfasilitasi sumber daya manusia yang berpartisipasi dalam kompetisi/kegiatan untuk memenuhi kebutuhan mereka, dan memberikan apresiasi atas upaya/prestasi  sumber  daya  manusia,  dan  c)  Strategi  Sistem  Lock-In  memberlakukan  sistem kontrak dengan tenaga ahli/klien tertentu dalam jangka waktu tertentu untuk mengunci pelanggan, menerapkan sistem jenjang karir bagi guru dan staf sekolah, dan memiliki kerjasama dan instruksi khusus yang berlaku  untuk  alumni,  SMA favorit, universitas tertentu, dan  Institusi pendidikan lainnya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Af’idah, I., & Kurniawan, A. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat. JM- TBI: Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam, 01(01), 12–19.
Dian, Rosbiah, I., & Prayoga, A. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran Pendidikan di Madrasah. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–14.
Fradito, A., Suti’ah, & Muliyadi. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(2008), 12–22.
Haryanto, R., & Rozza, S. (2012). Pengembangan Strategi Pemasaran dan Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Peminat Layanan Pendidikan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 27–34.
Ilmiyah, S. M. (2017). Pengembangan Strategi Pemasaran Pendidikan di SMP Islam Ngadirejo Temanggung. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Kotler, P., & Amstrong. (2017). Manajemen Pemasaran. Indeks.
Margareta, R. T. E., Ismanto, B., & Sulasmono, B. S. (2018). Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Minat Peserta Didik Berdasarkan Delta Model. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1–14.
Nurmalasari, N., & Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategik Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Journal of Management Review, 4(3), 543–548.
Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis SWOT. Gramedia Pustaka utama.
Suwarsono, M. (2013). Manajemen Strategi: Konsep dan Kasus. UPP AMP YKPN.
Turmudzi, I. (2017). Strategi Pemasaran di Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di MTs Ihsanniat Jombang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol., 2(2), 188–196.