PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KREDIT TANPA AGUNAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Thiaz Zirdan Koswara
A Rohendi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Promosi Penjualan dan Personal Selling Terhadap Pengambilan Keputusan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survei pengumpulan data berupa kuesioner dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah yang berpartisipasi pada event, jumlah penarikan sampel dalam penelitian terdiri dari 103 responden nasabah event CIMB Niaga. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah non-probability sampling, pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara daring melalui aplikasi media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif, sedangkan untuk analisis data menggunakan metode regresi. Metode regresi bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel tak bebas baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel promosi penjualan berpengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan, begitu pula dengan variabel personal selling yang berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan. Secara simultan variabel promosi penjualandan variabel personal selling secara bersama-samaber pengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Aflili, Herid Apner, J.A.F Kalangi, and Walangitan Olivia. 2017. “Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Menabung Nasabah.”
Amanah, D., & Pelawi, S. P. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) dan Belanja Hedonis (Hedonic Shopping) terhadap Impulsive Buying Product Matahari Plaza Medan Fair. Jurnal Quanomic, 3(2), 18.
Arianty, N. (2016). Pengaruh Kualitaspelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2).
Darna, and Dita Pramudya Wardani. 2013. “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pengambilan Produk Pembiayaan Kpr Platinum Ib Pada Bank X Syariah Cabang Harmoni - Jakarta.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis 12(1): 1–10.
Dipayanti, Kris. 2018. “Pengaruh Promosi Penjualan Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt . Giant Extra Pamulang.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 2(1): 30–49.
Gustina, Ihdina, and Vivian. 2019. “Pengaruh Personal Selling Dan Word Of Mouth Terhadap Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Stie Eka Prasetya.” 5: 60–67.
Imansyah, Noor, Emy Rahmawaty, and Maryono. 2015. “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Simpeda Pada Bank Kalsel Unit Gambut.” Jurnal Bisnis dan Pembangunan 4(1).
Ketut, Desak, Yunita Kusmayani, Anjuman Zukhri, and Luh Indrayani. 2014. “Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Di Queneno Group Singaraja Tahun 2014.” 4(1).
Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2008. Prinsip prinsip pemasaran. Edisi ke 12 jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Armstrong, 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Lipursari, Anastasia. 2019. “Peran Sistem Informasi Manajemen (Sim) Dalam Pengambilan Keputusan.” Peran Sistem Informasi Manajemen (Sim) Dalam Pengambilan Keputusan 53(9): 1689–99.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
Machfoedz, M. U., & Machoedz, M. (2015). Kewirausahaan: Metode, Mana-jemen, dan Implementasi Edisi Kedua. Cetakan I, Yogyakarta: BPFE.
Novianti, Windi, And Reza Pazzila Hakim. 2015. “No Title.” Harga Saham Yang Dipengaruhi Oleh Profitabilitas Dan Struktur Aktiva Dalam Sektor Telekomunikasi: 19–32.
Prasetiyo, Budi, And Yunta Rismawati. 2018. “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Harjagunatama Lestari (Toserba Borma) Cabang Dakota.” 2(2): 57–65.
Putri, Syafira Arifah. 2017. “Pengaruh Promosi Penjualan, Harga Dan Citra Merek Terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Xtra Cimb Niaga Di Surabaya.”
Santosa, Alvendo Teguh. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kualitas Produk , Store Atmosphere , Dan E-Wom Terhadap Proses Keputusan Pembelian ( Survei Terhadap Konsumen Zenbu-House Of Mozaru Paris Van.” 18: 143–58.
Swastha, Basu. 2012. Manajemen Penjualan. Ed.3, Yogyakarta : BPFE - Yogyakarta.
Widjaja, Yani Restiani, and Dhea Indriani. 2020. “Store Atmosphere Dan Promosi Sebagai Dampak Terhadap Keputusan Pembelian.” 2(2): 1–10.
Willy, Goh dan Julitawaty. 2020. “Pengaruh Personal Selling Dan Promosi Penjualan Terhadap Efektifitas Penjualan Ban Sepeda Motor Pt. Mega Anugrah Mandiri.” Jurnal Bisnis Kolega 6(1): 43–56.
Yuliyana, Wulan, Yunika Komalasari, Haryuda Kasyamba, and Heni Rohaeni. 2020. “Analisis Citra Merek , Harga , Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling Di PT Arista Group Bandung.” 2(2): 12–19.