ANALISIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENJUALAN LAYANAN WISATA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rahmat Priyanto
Rizki Fariz Qinthara
Yosef Abdul Ghani

Abstract

Pada saat ini telah terjadi pandemi Covid-19 yang membuat kunjungan wisatawan di Kota Bandung menurun, sehingga mengakibatkan penurunan penjualan pada setiap sektor industri pariwisata yang ada di Kota Bandung. Termasuk PT. Holyland Abadi Wisata yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang biro perjalanan wisata di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi PT. Holyland Abadi Wisata sebelum dan sesudah adanya pandemi Covid-19 serta upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan di tengah pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi secara langsung ke lapangan. Data yang diperoleh meliputi primer berupa data hasil kegiatan wawancara dan data sekunder hasil dari arsip perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat penjualan produk yang ada di PT. Holyland Abadi Wisata mengalami penurunan sehingga dibutuhkan upaya untuk meningkatkan penjualan di tengah pandemi Covid-19 yaitu sebagai berikut : operational and staff preparedness, ensuring a safe experience, rebuilding trust and confidence, enabling policies, dan strategi promosi new normal berupa : quality tourism, fresh air, dan go digital.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Priyanto, R., Qinthara, R. F., & Ghani, Y. A. (2021). ANALISIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENJUALAN LAYANAN WISATA. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 3(2), 70-83. Retrieved from https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/635

References

Abdurrahman, N. (2020). 7.682 Pekerja di Kota Bandung Terdampak Covid-19, Sektor Ini Penyumbang Terbanyak. https://jabar.tribunnews.com/2020/04/13/7682-pekerja-di-kota-bandung-terdampak-covid-19-sektor-ini-penyumbang-terbanyak
Aditya, N. (2020). Cegah Penyebaran Corona, 12 Tempat Wisata di Bandung Berikut Ditutup. https://travel.kompas.com/read/2020/03/15/170900227/cegah-penyebaran-corona-12-tempat-wisata-di-bandung-berikut-ditutup?page=all
Azhari, M. (2018). Lini Bisnis dan Produk di Tour and Travel.
Drajat, H. (2020). Travel Agent Terancam Tutup.
Evita, R. (2015). DAMPAK PERKEMBANGAN PEMBANGUNAN SARANA AKOMODASI WISATA TERHADAP PARIWISATA BERKELANJUTAN DI BALI.
Fakhruddin, M. (2020). Travel Haji dan Umroh di Bandung Terdampak Penundaan Haji. https://republika.co.id/berita/qbccm0327/travel-haji-dan-umroh-di-bandung-terdampak-penundaan-haji
Kaniasari, D. (2020). Data Perkiraan Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Kota Bandung Berdasarkan Pintu Masuk Kota Bandung Tahun 2013-2018.
Kurnia, R. (2020). Apa Itu Covid-19 dan Apa Saja Teori Konspirasinya? https://www.kompasiana.com/restukurnia/5e7b075e097f366874299b52/apa-itu-covid-19-dan-apa-saja-teori-konspirasinya
Muhammad, H. (2020). Terdampak Covid-19, 2.236 Jemaah Haji Batal Berangkat.
Perdana, P. (2020). Pemkot Bandung Tetap Gencar Mengundang Wisatawan Lokal di Tengah Isu Corona Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pemkot Bandung Tetap Gencar Mengundang Wisatawan Lokal di Tengah Isu Corona”, https://bandung.kompas.com/read/2020/03/10/15304.
Pranita, E. (2020). Khawatir Terinfeksi Corona, Apa Saja Gejala yang Harus Dicurigai?
Pransuamitra, P. (2020). Resesi Mengancam! Dolar Singapura Keok Lagi Lawan Rupiah. https://www.cnbcindonesia.com/market/20200220224020-17-139461/resesi-mengancam-dolar-singapura-keok-lagi-lawan-rupiah
Priyanto, R. (2018). Perancangan Model Wisata Edukasi Di Objek Wisata Kampung Tulip. JURNAL ABDIMAS BSI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 40–46.
Shae, E. (2020). Virus Corona: Penyebab, Cara Pencegahan dan Dampaknya Pada Ekonomi Global. https://koinworks.com/blog/virus-corona/
Simamora, D. (2014). TANGGUNG JAWAB PT. ERIC DIRGANTARA TOUR & TRAVEL TERHADAP PENUMPANG PESAWAT UDARA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG PENERBANGAN NOMOR 1 TAHUN 2009 DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN NOMOR 8 TAHUN 1999. 1–110.
Situmorang, H. (2020). Pandemi Covid-19, Agen Perjalanan Merugi dan Terancam Gulung Tikar. https://www.beritasatu.com/nasional/623549-pandemi-covid19-agen-perjalanan-merugi-dan-terancam-gulung-tikar
Sofia, H. (2019). Lima tahun mengantarkan pariwisata Indonesia jadi sektor utama. https://www.antaranews.com/berita/1123250/lima-tahun-mengantarkan-pariwisata-indonesia-jadi-sektor-utama
Sugihamretha, I. D. (2020). Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19 Pada Sektor Pariwisata. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 191–206. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.113
Sukriah, E. (2014). PARIWISATA SEBAGAI SEKTOR UNGGULAN KOTA BANDUNG TOURISM AS POTENTIAL SECTOR IN BANDUNG.
Surbakti, A. (2015). ANALISIS ATRIBUT YANG MEMPENGARUHI WISATAWAN UNTUK BERKUNJUNG KEMBALI KE PEMANDIAN AIR PANAS CV ALAM SIBAYAK BERASTAGI KABUPATEN KARO.
Syarifuddin, D. (2018). NILAI CITRA KOTA DARI SUDUT PANDANG WISATAWAN (Studi Tentang Citra Kota Bandung Dampaknya Terhadap Kunjungan Ulang). Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2). https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13761
Wiyata, A. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Wisata Diberbagai Objek Wisata Di Kabupaten Mojokerto. Swara Bhumi, 1(1), 162–168. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/10635
Zulfandi, I. (2017). PRODUK TOUR AND TRAVEL PADA UMUMNYA. https://www.academia.edu/43753178/PRODUK_TOUR_AND_TRAVEL_PADA_UMUMNYA