PENGARUH CITRA MEREK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR HONDA (Studi Pada Dealer Mitra Jaya Bandung)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeahui dan menjelaskan pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian motor Honda di Dealer Mitra Jaya Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dan verifikatif dengan analisis regresi linear berganda. Populasi yang diperoleh adalah seluruh konsumen yang telah membeli motor Honda di Dealer Mitra Jaya Bandung yaitu sekitar 1550, sedangkan Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random, karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Serta sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel 94 responden dan teknik pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis parsial yang diketahui variabel bebas yaitu citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dan sama halnya persepsi harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Namun begitu juga dalam hasil simultan bahwa citra merek dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian motor Honda di Dealer Mitra Jaya Bandung. Dalam penelitian ini berbeda dari peneliti lain yang tidak ada peneliti sebelumnya yang membahas tentang pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian motor Honda didealer Mitra Jaya Bandung, selain itu indikator dan variabel citra merek lebih besar pengarunya terhadap keputusan pembelian dibandingkan persepsi harga.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Dharmmesta, Basu Swastha dan Handoko, T. H. (2012). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. BPFE.
Dzulkharnain, E. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 102.
Fanani, F. K. Z. A. D. (2011). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei kepada para siswa SMAN 15 Surabaya kelas XII yang menggunakan Laptop ber Merek ASUS). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 56(1), 75–81
Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1. https://doi.org/10.20473/jmtt.v10i1.5134
Ferdinan, C. E., & Nugraheni, R. (2013). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki (Studi Pada Pembeli – Pengguna Sepeda Motor Suzuki di Kota Solo). Diponegoro Journal of Management, 2(2), 115–122.
Fiani, M., & Japarianto, E. (2013). ANALISA PENGARUH FOOD QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROTI KECIK TOKO ROTI GANEP’S DI KOTA SOLO. Physical Review B, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.1103/PhysRevB.47.334
Haryono, N., & Octavia, R. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Mutu Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan, 4(1), 20–27.
Idris, F. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepatu Di Toko Fajar Sport Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Universitas Dipenogoro, 19–20.
Iriani, S. R. I. S. (2013). Indra Wijayanto dan Sri Setyo Iriani; Pengaruh Citra merek ... Jurnal Ilmu Manajemen, 1.
Lrviana, A. (2019). Analisis Perbandingan Persepsi Konsumen Tentang Promosi Dan Store Atmosphere Serta Pengaruhnya Terhadap Preferensi Konsumen Pada Caribou Coffee PVJ Dan Starbucks Coffee PVJ. Universitas Katolik Parahyangan, 57–77.
Margaretha Fiani S. dan Edwin Japarianto, S.E., M. . (2013). ANALISA PENGARUH FOOD QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROTI KECIK TOKO ROTI GANEP’S DI KOTA SOLO. Physical Review B, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.1103/PhysRevB.47.334
Pradana, & Rahfsan. (2018). Pengaruh Promosi, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Xenia Pada Asco Daihatsu Di Kabupaten Jember. Jounlan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 53(9), 1689–1699.
Rulyadi, A., Arrafiqurrahman, & Seprini. (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handpone Samsung (Studi Kasus Pada Pelanggan Ponsel Bedepe Pasir Pengaraian). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 4–5.
Samosir, C. B. H., & Prayoga, A. B. (2015). Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(November), 1–13.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta
Sugiyono, P. D. (2009). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D, Bandung: Cv. ALVABETA.
Suparwo, A., & Pratama, agriya fanny. (2021). Pengaruh Advertising Dan Harga Penjualan Paket Umrah Plus Wisata Terhadap Minat Beli. Jurnal Sain Manajemen, Vol.3 No.1(E-ISSN:2685-6972), 21–29.
Suparwo, A., Riana, D., & Deli Sari, R. (2017). Pelaksanaan Personal Selling Dalam Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi. Jurnal Ecodemica, Vol.1 No.2(ISSN: 2355-0295), 244–251.