PENGARUH BEAUTY VLOGGER SEBAGAI CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI (Survey Pada Viewer Video YouTube PIXY Make It Glow akun Tasya Farasya di Kota Bandung)

Authors

  • Riris Roisah Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Mutiara Al-Biru Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Keywords:

Beauty Vlogger, Celebrity Endorser, Minat Beli

Abstract

Celebrity endorser yaitu tokoh yang dikenal karena prestasinya didalam bidang-bidang yang berbeda dari golongan produk yang didukungnya. Penelitia ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh beauty vlogger sebagai celebrity endorser terhadap minat beli. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Bandung yang menonton video di akun YouTube Tasya Farasya yang membahas mengenai produk kecantikan PIXY Make It Glow. Dalam penelitian ini terdapat 100 responden dan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif verifikatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa beauty vlogger sebagai celebrity endorser mempunyai pengaruh positif dan signifikan dalam mempengaruhi minat beli konsumen. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa minat beli konsumen pada produk kecantikan PIXY Make It Glow termasuk pada kategori tinggi.

 

Kata kunci: Beauty Vlogger, Celebrity Endorser, Minat Beli

References

Fauzi, A., Akbar, M. F., & Asmawan, Y. F. A. (2019). Sentimen Analisis Berinternet Pada Media Sosial dengan Menggunakan Algoritma Bayes. JURNAL INFORMATIKA, 6(1), 77–83. https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5437

Fridayanthie, E. W. (2015). Analisis Data mining untuk Prediksi Penyakit Hepatitis dengan Mneggunakan Metode Naive bayes dan Suport Vector Machine. JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, 3(1), 24–36. https://doi.org/10.1377/hlthaff.2013.0625

Kurniawan, D. A., & Kriestanto, D. (2016). Penerapan Naive bayes Untuk Prediksi Kelayakan Kredit. JIKO (JURNAL INFORMATIKA & KOMPUTER), 1(1), 19–23. https://doi.org/10.26798/jiko.2016.v1i1.10

Mardiana, T. (2017). Penerapan Algoritma TOPSIS Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Pinjaman pada Koperasi Karyawan. IJCIT, 5(Vol 5, No 2 (2017): Periode Desember 2017), 128–138.

Menarianti, I. (2015). Klasifikasi data mining dalam menentukan pemberian kredit bagi nasabah koperasi. JURNAL ILMIAH TEKNOSAINS, 1(1), 1–10.

Nurwahyuni, S. (2019). Analisis Sentimen Aplikasi Transportasi Online KRL Acsess Menggunakan Metode Naive bayes. JURNAL SWABUMI, 7(1), 31–38.

Pratiwi, P., & Herliana, A. (2015). Analisis Dan Desain Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Sejahtera Bersama Bandung. JJURNAL INFORMATIKA, 2(1), 222–230. https://doi.org/10.31311/ji.v2i1.71

Purnamasari, I., & Afnisari, K. (2018). Performansi Klasifikasi Dosen Berprestasi Menggunakan Metode Naive bayes Classifier. PARADIGMA, XX(2), 45–50. https://doi.org/10.31294/p.v20i2.3788

Sari, R. (2019). Analisis Sentimen Review Restoran menggunakan Algoritma Naive bayes berbasis Particle Swarm Optimization. JURNAL INFORMATIKA, 6(1), 23–28. https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.4695

Sudradjat, B. (2017). Pemberian Kredit Pada Koperasi Menggunakan Metode Profile Matching. JURNAL INFORMATIKA, 4(2), 183–188.

Susanti, S. (2021). Klasifikasi Kemampuan Perawatan Diri Anak dengan Disabilitas Menggunakan Neural Network dan Greedy Stepwise Sebagai Seleksi Fitur. Jurnal Informatika, 8(1), 67-78.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

PENGARUH BEAUTY VLOGGER SEBAGAI CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI (Survey Pada Viewer Video YouTube PIXY Make It Glow akun Tasya Farasya di Kota Bandung). (2021). Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 3(2), 45-53. https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/612