PENGARUH BEAUTY VLOGGER SEBAGAI CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI (Survey Pada Viewer Video YouTube PIXY Make It Glow akun Tasya Farasya di Kota Bandung)
Keywords:
Beauty Vlogger, Celebrity Endorser, Minat BeliAbstract
Celebrity endorser yaitu tokoh yang dikenal karena prestasinya didalam bidang-bidang yang berbeda dari golongan produk yang didukungnya. Penelitia ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh beauty vlogger sebagai celebrity endorser terhadap minat beli. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Bandung yang menonton video di akun YouTube Tasya Farasya yang membahas mengenai produk kecantikan PIXY Make It Glow. Dalam penelitian ini terdapat 100 responden dan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif verifikatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa beauty vlogger sebagai celebrity endorser mempunyai pengaruh positif dan signifikan dalam mempengaruhi minat beli konsumen. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa minat beli konsumen pada produk kecantikan PIXY Make It Glow termasuk pada kategori tinggi.
Kata kunci: Beauty Vlogger, Celebrity Endorser, Minat Beli
References
Fauzi, A., Akbar, M. F., & Asmawan, Y. F. A. (2019). Sentimen Analisis Berinternet Pada Media Sosial dengan Menggunakan Algoritma Bayes. JURNAL INFORMATIKA, 6(1), 77–83. https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5437
Fridayanthie, E. W. (2015). Analisis Data mining untuk Prediksi Penyakit Hepatitis dengan Mneggunakan Metode Naive bayes dan Suport Vector Machine. JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, 3(1), 24–36. https://doi.org/10.1377/hlthaff.2013.0625
Kurniawan, D. A., & Kriestanto, D. (2016). Penerapan Naive bayes Untuk Prediksi Kelayakan Kredit. JIKO (JURNAL INFORMATIKA & KOMPUTER), 1(1), 19–23. https://doi.org/10.26798/jiko.2016.v1i1.10
Mardiana, T. (2017). Penerapan Algoritma TOPSIS Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Pinjaman pada Koperasi Karyawan. IJCIT, 5(Vol 5, No 2 (2017): Periode Desember 2017), 128–138.
Menarianti, I. (2015). Klasifikasi data mining dalam menentukan pemberian kredit bagi nasabah koperasi. JURNAL ILMIAH TEKNOSAINS, 1(1), 1–10.
Nurwahyuni, S. (2019). Analisis Sentimen Aplikasi Transportasi Online KRL Acsess Menggunakan Metode Naive bayes. JURNAL SWABUMI, 7(1), 31–38.
Pratiwi, P., & Herliana, A. (2015). Analisis Dan Desain Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Sejahtera Bersama Bandung. JJURNAL INFORMATIKA, 2(1), 222–230. https://doi.org/10.31311/ji.v2i1.71
Purnamasari, I., & Afnisari, K. (2018). Performansi Klasifikasi Dosen Berprestasi Menggunakan Metode Naive bayes Classifier. PARADIGMA, XX(2), 45–50. https://doi.org/10.31294/p.v20i2.3788
Sari, R. (2019). Analisis Sentimen Review Restoran menggunakan Algoritma Naive bayes berbasis Particle Swarm Optimization. JURNAL INFORMATIKA, 6(1), 23–28. https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.4695
Sudradjat, B. (2017). Pemberian Kredit Pada Koperasi Menggunakan Metode Profile Matching. JURNAL INFORMATIKA, 4(2), 183–188.
Susanti, S. (2021). Klasifikasi Kemampuan Perawatan Diri Anak dengan Disabilitas Menggunakan Neural Network dan Greedy Stepwise Sebagai Seleksi Fitur. Jurnal Informatika, 8(1), 67-78.