Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Bandung Barat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Heris Herdiyana
A Rohendi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Bandung Barat, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif berupa penelitian korelasional. Uji statistik yang digunakan adalah uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan kompetensi manajerial kepala sekolah (X1) dengan kinerja guru (Y) SMK Negeri di Kabupaten Bandung Barat. Pengaruh kompetensi manajerial  kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 24,2 % sedangkan 75,8 % kinerja guru dipengaruhi oleh variabel lain diluar kompetensi manajerial  kepala sekolah;  (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan kompetensi supervisi kepala sekolah  (X2) dengan kinerja guru (Y) SMK Negeri di Kabupaten Bandung Barat. Pengaruh kompetensi supervisi  kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 17,0 % sedangkan 83 % kinerja guru dipengaruhi oleh variabel lain diluar kompetensi supervisi  kepala sekolah; (3) Kompetensi manajerial kepala sekolah (X1) dan kompetensi supervisi kepala sekolah (X2) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap kinerja guru (Y) secara signifikan. Sebesar 24,6 % variabel kompetensi manajerial kepala sekolah (X1) dan variabel kompetensi supervisi kepala sekolah (X2) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap kinerja guru (Y). Sedangkan 75,4 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel dalam penelitian ini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Darmawati, Munjin, R.A., Seran, G.G. (2015). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Parung Kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Jurnal Governansi, 01(1), pp.13-24. ISSN 2442-3971
Depdiknas. (2005). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Dirjen Dikdasmen
Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (2008). Penilaian Kinerja Guru, Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta.
Gaol, N.T.U. & Siburian, P. (2018). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), pp.66-73. e-ISSN 2549-9661
Ismuha, Ismuha, et al. (2016). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, vol. 4, no. 1, Feb. 2016.
Kholidia, N. (2018). Hubungan Kompetensi Manajerial dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Pamekasan. (Tesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim).
Kosim, M. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru untuk Mewujudkan Mutu Pembelajaran. Khazanah Akademia, 01(01), pp.30-38.
Peraturan Pemerintah Republik Indinesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.
Pramesti, D., Muhyadi. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru SMA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1)
Purwadhi. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Pasca Revolusi Industri 4.0. Bandung : Mujahid Press.
Ramadona, M., Wibowo, R. (2016). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP K 1 Penabur Pasar Baru Jakarta Pusat. Research and Development Journal of Education, 3 (1). ISSN 2406-9744
Sahertian, P.A. (2008). Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan SDM. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Setiyani, Sri. (2014) . Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2),
Suryantini. (2016). Peningkatan Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Melalui Supervisi Kelompok di Sekolah Dasar. Jurnal Managemen Pendidikan, 11(2), pp.9-17. ISSN: 1907-4034
Townsend, Diana & Butterworth. (1992). Your Child’s Scholl. New York: A Plime Book.
Wati, T. (2019). Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsnawiyah Swasta di Lampung Selatan (Tesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro).
Wibowo. (2009). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Komptensi Pedagogik terhadap Kinerja Guru SD Negeri Kec. Kersana Kab. Brebes (Tesis, Universitas Negeri Semarang).
Wibowo. (2013). Manajemen Kinerja. Rajawali Pers : Jakarta.