Studi Terhadap Kepuasan Wisatawan Dilihat Dari Manajemen Pelayanan Pariwisata dan Kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kabupaten Pangandaran

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dikdik Supriyadi
Endang Komara

Abstract

Pariwisata merupakan sektor ekonomi penting sehingga Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, sejak Tahun 2015 melakukan Pengembangan kepariwisataan di wilayahnya. Pelayanan yang berkualitas sangat menentukan keberhasilan bisnis pariwisata. Perpaduan manajemen pelayanan, kompetensi staf didukung sarana prasarana atau fasilitas yang baik diharapkan mampu mewujudkan pelayanan prima, yaitu pelayanan yang mampu memberikan nilai (value) positif sehingga terciptanya kepuasan wisatawan. Manajemen pengembangan pariwisata di Kabupaten Pangandaran direncanakan dan dikembangkan secara ramah lingkungan dengan tidak menghabiskan atau merusak sumber daya alam dan sosial, tetapi dipertahankan untuk pemanfaatan yang berkelanjutan. Visi Kabuapten Pangandaran adalah: “Menjadi Daerah Tujuan Wisata berkelas dunia”. Di tengah perjalanan mewujudkan visi dan misi tersebut, pada tahun 2020 ini pariwisata mendapatkan imbas dari munculnya sebuah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang membuat objek wisata harus di tutup. Beberapa cara penanggulangan dilakukan untuk mengurangi resiko penularan seperti dirumah aja, jaga jarak, cuci tangan, pakai masker (DJCM), pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Setelah Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) diberlakukan wisatawan dari berbagai daerah berbondong-bondong liburan ke pantai Pangandaran. Kondisi ini membuktikan bahwa pariwisata di Kabupaten Pangandaran menjadi pilihan karena pelayanan protokol kesehatannya yang sangat baik sehingga wisatawan merasa aman puas untuk berwisata.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Supriyadi, D., & Komara, E. (2020). Studi Terhadap Kepuasan Wisatawan Dilihat Dari Manajemen Pelayanan Pariwisata dan Kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kabupaten Pangandaran. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 2(2), 100-116. Retrieved from https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/391

References

Agustino, L. (2008). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta. Al-Barry,

Anggraeni, R. (2020). Dampak Covid 19, Sri Mulyani: Kemiskinan dan Pengangguran di Indonesia Meningkat. Retrieved June 9, 2020, from https://sumut.sindonews.com/read/2 0123/717/dampak-covid-19-srimulyani-kemiskinan-danpengangguran-di-indonesiameningkat-1588824335

Api Purba Nglanggeran. (2005). Wahana Informasi Pariwisata : Media Wisata,

Badan Pusat Statistik. (2020). Provinsi Jawa Barat dalam Angka 2020. Bandung: BPS Provinsi Jawa Barat.

Fajar, T. (2020). Angka Pengangguran dan Kemiskinan RI Meningkat Imbas Covid-19, Berikut Faktanya. Retrieved June 9, 2020, from https://economy.okezone.com/read/020/04/17/ Jakarta.

H.M. Hasbullah, Kebijakan Pendidikan (Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia), (Jakarta: Rajawali Pers, 2015), hlm. 37

Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 46 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Secara Proporsional Sesuai Level Kewaspadaan Daerah Kabupaten/Kota Sebagai Persiapan Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru Untuk Pencegahan Dan Pengendalian C (2020). Indonesia.

Hamzah, F., & Hariyanto, O. I. B. (2015). Pengaruh Pelayanan Prima terhadap Loyalitas Tamu Menginap di Sumber Alam Resort Garut. Jurnal Pariwisata, 2(2), 89–97.

Hermawan, H. (2017a). Pengantar Manajemen Hospitality. Jawa Tengah: Penerbit NEM.

Hermawan, H. (2017b). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keselamatan dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Wisatawan : Studi Community Based Tourism di Gunung Api Purba Nglanggeran. Wahana Informasi Pariwisata : Media Wisata, 15(1), 562–577.

Hermawan, H. (2017b). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keselamatan dan Sarana WisataTerhadap Kepuasan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Wisatawan : Studi Community Based Tourism di Gunung

Ihshani, D. W. (2005). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Wisata Cangkuang Garut, Jawa Barat. IPB (Bogor Agricultural University). Retrieved from http://repository.ipb.ac.id/handle/12345 6789/11549

Kertajaya, H. (2013). Tourism Marketing 3.0. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, terjemahan Hendra Teguh, edisi Millenium, cetakan pertama (1st ed.). Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, P., & Makens, J. C. (1999). Marketing for Hospitality and Tourism, 5/e. Pearson Education India.

Kotler, Philip dan Keller, K.L. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhalindo.

M. D. Y. (2001). Kamus Sosiologi Antropologi. Surabaya: Penerbit Indah.

Mudjia Rahardjo, Pemikiran Kebijakan Pendidikan Kontemporer, (Malang: UIN Maliki Press, 2010), hlm. 3

Noeng Muhadjir, Ilmu pendidikan dan Perubahan Sosial. Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta : Raka Sarasin, th.2000, h. 15

Heinz Weihrich and Haroid Koontz, Management A. Global Perspective Tent Edition (New York : McGraw-Hill, Inc., 1993), h 123

Palitati, A. (2007). Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan di Sulawesi Selatan. Universitas Haluoleo Kendari, Sulawesi Selatan.

Priyanto, R. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung Saung Angklung Udjo. Jurnal Pariwisata, 3(1), 29–40.

Proyek Wisata. 2017. Saatnya Pengamen Malioboro di Tertibkan!. http://proyekwisata.blogspot.co.id/2017/09/saatnya-pengamen-malioboro-ditertibkan.html. Diakses pada 25 Agustus 2017.

Sembiring, L. J. (2020). Berkat PSBB, Penyebaran Covid-19 di Jabar Turun 50%. Retrieved June 10, 2020, from https://www.cnbcindonesia.com/n ews/20200524185642-4-160643/berkat-psbb-penyebarancovid-19-di-jabar-turun-50

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Penerbit Alfabeta, CV. Bandung

Sulistiyani, E. 2010. Membangun Loyalitas Wisatawan Melalui Peningkatan Kualitas Obyek Wisata, Promosi dan Kepuasan Wisatawan di Kawasan Wisata Tawangmangu Karanganyar. Jurnal Pengembangan Humaniora. 10 (3) Desember: 161-165.

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta. Suwintari, I Gusti Ayu Eka. 2012. Kepuasan Wisatawan Terhadap Kualitas Pelayanan www.pps.unud.ac.id/thesis/pdf.../unud-423-1442581869-pdf.pdf diunduh pada 16 Februari 2017

Supranto. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwantoro, Gamal. 1997. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Syaiful Syagala. Administrasi Pendidikan Kontemporer, .. hlm.97

Tangkilisan, H. N. S. (2003). Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Lukman Offset. Winarno, B. (2008). Kebijakan Publik: Teori dan Proses. Jakarta: PT. Buku Kita. View publication stats

Taufiq, IA. 2016. Kepuasan Pengunjung Terhadap Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Rumah Makan Di Pantai Drini Kabupaten Gunungkidul. Sumber: eprints.uny.ac.id/34034/1/IBNU%20AL%20TAUFIQ.pdf diunduh pada 20 Februari 2017 pukul 22.00 WIB.

Tjiptono, F. (2004). Kepuasan dalam Pelayanan. Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. 2012. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Andi. View publication stats

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Yamit, Zulian. 2005. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Jakarta: Ekonisia.