Pemanfaatan Fotografi Melalui Smartphone Untuk Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm

Authors

  • Dini Rahmawati
  • Yulia Sariwaty Universitas ARS
  • Femi Octaviani Universitas ARS
  • Rani Rahmayani Universitas ARS

Keywords:

digital marketing, fotografi, online shop

Abstract

Globalisasi telah membawa perubahan dalam berbagai lini kehidupan masyarakat, termasuk dalam bidang ekonomi. Pemasaran produk UMKM juga harus mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi melalui pemasaran berbasis online, sehingga bisa meningkatkan minat serta jumlah konsumen. Untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam memasarkan produknya melalui online, diperlukan foto produk untuk dipublikasikan sehingga calon konsumen mengetahui bentuk atau rupa produk yang ditawarkan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan untuk berbagi pengetahuan kepada masyarakat, khususnya UMKM dengan maksud untuk memberikan dukungan agar UMKM tersebut dapat lebih maju. Lokasi kegiatan ini berada di wilayah Kelurahan Samoja Kota Bandung yang terdiri dari para pelaku UMKM setempat. Manfaat kegiatan ini yaitu meningkatkan penjualan produk UMKM yang berupa makanan dan fashion. Hingga saat ini, penjualan produk UMKM tersebut hanya dilakukan di lokasi setempat. Maka dari itu, jangkauan konsumen masih belum terlalu luas. Dengan demikian, melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan dapat memberikan rekomendasi agar dapat menjangkau pasar konsumen lebih luas lagi. Maka dari itu, rekomendasi yang diberikan ialah pelatihan fotografi dan online shop untuk menunjang digital marketing para pelaku UMKM terbut. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan konsumen.

Downloads

Published

2020-03-03

How to Cite

Pemanfaatan Fotografi Melalui Smartphone Untuk Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm. (2020). Jurnal Sosial & Abdimas, 2(1), 1-8. https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsa/article/view/206

Similar Articles

11-20 of 20

You may also start an advanced similarity search for this article.