Pemanfaatan Google Ads dan Instagram Ads sebagai Strategi Pemasaran untuk Pelaku UMKM

Authors

  • Didin Herlinudinkhaji Universitas Ivet
  • Nindita Erwanti Universitas Ivet https://orcid.org/0000-0001-5081-1635
  • Lingga Kurnia Ramadhani Universitas Ivet
  • Dewi Purnamasari Universitas Ivet
  • Nila Masalikul Masruroh Universitas Ivet

DOI:

https://doi.org/10.51977/jsa.v7i1.1735

Keywords:

Google Ads, Instagram Ads, Digital Advertising, marketing, MSMEs

Abstract

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) perlu memasarkan produk melalui platform digital agar bisa terus berkembang. Salah satu strategi pemasaran yang dapat diterapkan adalah iklan digital. Pelaku UMKM yang ingin cepat meningkatkan pelanggan dan pendapatan dapat beriklan agar membangun kesadaran konsumen adanya usaha dan produk yang dimiliki. Keunggulan menggunakan iklan digital diantaranya peningkatan jangkauan pemasaran, target audiens yang efektif, hasil yang terukur, dan efektivitas biaya. Banyak sarana yang dapat digunakan untuk memasang iklan, Google Ads dan Instagram Ads dapat menjadi media alternatif untuk menerapkan strategi tersebut. Namun demikian, para pelaku UMKM jarang memahami hal itu karena cenderung dianggap kompleks. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat harus mengajarkan periklanan digital melalui Google Ads dan Instagram Ads kepada pelaku UMKM. Kegiatan dilakukan dengan cara mendampingi para pelaku UMKM di desa Mangunsari, kecamatan Gunungpati, kota Semarang. Hasil kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman dan kemampuan menerapkan iklan digital melalui Google Ads dan Instagram Ads.

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

Pemanfaatan Google Ads dan Instagram Ads sebagai Strategi Pemasaran untuk Pelaku UMKM. (2025). Jurnal Sosial & Abdimas, 7(1), 1-8. https://doi.org/10.51977/jsa.v7i1.1735

Similar Articles

11-16 of 16

You may also start an advanced similarity search for this article.