Peran Media Whatsapp Pada Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Alya Rahma Zahrani
Aisya Sucy Nabila
Afifah Nurul Mardhiyah
Muhammad Rofi Jamil
Syifarina Mutiara Oktaviani
Dasrun Hidayat

Abstract

Hari Raya Idul Fitri menjadi momen berharga, berkumpulnya keluarga dan silaturahmi antar warga untuk saling bermaaf-maafan, khususnya bagi yang beragama Islam di Indonesia bahkan seluruh dunia. Menjadi perhatian menarik pada perayaan hari besar kali ini, yaitu Idul Fitri 1442 H atau 2021 pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk adanya larangan mudik lantaran Covid-19 yang kian meningkat di masyarakat. Sebagai bentuk adaptasinya, masyarakat memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi untuk berinteraksi dan berhubungan dengan kerabat, sahabat, dan teman yang tinggal di daerah yang berbeda. Perkembangan teknologi komunikasi telah membawa perubahan pada perilaku komunikasi dan budaya masyarakat. Salah satu contohnya adalah penggunaan WhatsApp yang dijadikan sebagai media silaturahmi, bermaaf-maafan hingga bertukar tunjangan hari raya (THR) pada momen lebaran 1442 H. Sehingga masyarakat tetap bisa merakasan euforia lebaran seperti Idul Fitri pada tahun-tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran media WhatsApp pada perayaan hari raya Idul Fitri 1442 H. Penulis menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara yang dilakukan secara online dan offline. Berdasarkan hasil wawancara, masyarakat sudah memanfaatkan dan merasa terbantu dengan hadirnya teknologi komunikasi, khususnya di masa pandemi Covid-19. Walaupun terdapat kebijakan-kebijakan baru yang membuat Idul Fitri 1442 H berbeda dengan Idul Fitri di tahun-tahun sebelumnya, masyarakat tetap bisa merasakan euforia Idul Fitri dengan cara melakukan silaturahmi dan saling berhubungan melalui media sosial, salah satunya melalui WhatsApp. Dengan demikian, peran media WhatsApp pada perayaan hari raya Idul Fitri 1442 H sebagai media untuk berinteraksi, bersilaturahmi, dan bermaaf-maafan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Zahrani, A. R., Sucy Nabila, A., Nurul Mardhiyah, A., Rofi Jamil, M., Mutiara Oktaviani, S., & Hidayat, D. (2021). Peran Media Whatsapp Pada Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 3(1), 1-7. https://doi.org/10.51977/jdigital.v3i1.515

References

Aunillah, R.-. (2020). Determinisme Teknologi: Perayaan Idul fitri di Saat Pandemi. Sahafa Journal of Islamic Communication, 3(1), 1. https://doi.org/10.21111/sjic.v3i1.4616
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9(1), 140–157.
Febri, N. R., Fauzi, A. M., & Aprilianti, D. A. (2021). Kebijakan Pemerintah Dan Tradisi Mudik Lebaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajarannya, 16(1), 64–74.
Harahap, S. R. (2020). Proses Interaksi Sosial Di Tengah Pandemi Virus Covid 19. AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Budaya, 11(1), 45–53. https://doi.org/10.32505/hikmah.v11i1.1837
Hidayat, D., Anisti, Purwadhi, & Wibawa, D. (2020). Crisis Management and Communication Experience in Education During the CoVid– 19 Pandemic in Indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 36(3), 67–82. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2020-3603-05
Hidayat, D., Gustini, L. K., & Dias, M. P. (2020). Digital Media Relations Pendekatan Public Relations dalam Menyosialisasikan Social Distancing di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 257. https://doi.org/10.31315/jik.v18i3.3575
Hidayat, D., Kuswarno, E., Zubair, F., & Hafiar, H. (2018). Public Relations Communication Behavior Through a Local-Wisdom Approach : The Findings of Public Relations Components Via Ethnography as Methodology. Malaysian Journal of Communication, 34(3), 56–72.
Kurmia, N. (2005). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi terhadap Teori Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 6(2), 291–296. https://doi.org/10.29313/mediator.v6i2.1197
Nugrahenny, D. E. (2021). Tegaskan ASN dan Pejabat Dilarang Open House Saat Lebaran. Nasional.Kontan.Co.Id.
Ria Yunita, A. (2021). Strategi Komunikasi Pemerintah Terhadap Masyarakat Mengenai Kebijakan Larangan Mudik Lebaran Tahun 2021 Pada Pademic Covid 19. 6, 6.
Saefudin, A. (2008). Perkembangan Teknologi Komunikasi: Perspektif Komunikasi Peradaban. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(2), 383–392. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i2.1113
Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2011). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.
Wardani, A. S. (2019). 83 Persen Pengguna Internet Indonesia Pakai WhatsApp - Tekno Liputan6.com. Liputan6.Com.
Zamroni, M. (2017). Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Jurnal Pendidikan, X(2), 195–211.