PENGALAMAN KOMUNIKASI WARTAWAN MEDIA CETAK BERALIH KE MEDIA ONLINE DI KOTA KUPANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ivan Maharaj Rihi Ga
Monika Wutun
Muhammad Aslam

Abstract

Penelitian Pengalaman Komunikasi Dan Motif Wartawan Media Cetak Beralih Ke Media Online Di Kota Kupang bertujuan untuk mengetahui pengalaman komunikasi wartawan dan motif wartawan beralih dari media cetak ke media online pada wartawan yang tergabung di organisasi Jurnalis Online Indonesia (JOIN) yang ada di NTT.Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode Fenomenologi.Teknik wawancara yang dilakukan kepada informan yang awalnya bekerja sebagai wartawan media cetak kemudian seiring perkembangan media komunikasi beralih menjadi wartawan media online.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, wartawan Media cetak yang beralih ke media online memiliki pengalaman yang unik dari segi pembuatan dan penerbitan berita termasuk suka dan duka.Pada awal masa migrasi ini, mereka mengalami kendala untuk meyakinkan masyarakat akan kehadiran media online dengan prinsip kerja jurnalistik yang sama dengan media cetak. Kedua, motif yang melatari wartawan media cetak beralih ke media online disebabkan tuntutan zaman di mana semakin banyak media cetak yang ditutup, tuntutan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup yang didukung juga oleh motif ingin tahu, motif kecintaan dan motif pembuktian kompetensi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ga, I. M. R., Wutun, M., & Aslam, M. (2021). PENGALAMAN KOMUNIKASI WARTAWAN MEDIA CETAK BERALIH KE MEDIA ONLINE DI KOTA KUPANG . Jurnal Digital Media Dan Relationship, 3(2), 70-78. https://doi.org/10.51977/jdigital.v3i2.608

References

Banunaek, Prischa Cornelia, and Liliweri Aloysius. 2021. “Pengalaman Komunikasi Kelompok.” Jurnal Communio: Jurnal Komunikasi Volume 10(No. 2):161–70.
Biagi, Shirley. 2010. Media/Impact: Pengantar Media Massa. Jakarta: Salemba Humanika.
Creeber, Glen, and Royston Martin. 2016. Digital Culture: Undestanding New Media. New York: Open University Press, Mcgraw-Hill Education.
Hidayatullah, Arief. 2016. Jurnalistik Cetak (Konsep Dan Praktik). Yogyakarta: Litera Yogyakarta.
Lak’apu, R., M. Masamah, and M. Wutun. 2020. “Profesionalisme Dan Suap Menurut Pemahaman Wartawan Timor Express.” Journal Digital Media & … 2(1):11–22.
Lievrouw, Leah A., and Sonia Livingstone. 2010. Handbook of New Media: Social Shaping and Social Consequences of ICTs, Updated Student Edition. London: Sage Publication Ltd.
Moundry. 2008. Teori Dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurhadi, Zikri Fachrul. 2017. Teori Komunikasi Kontemporer. Edisi Pert. Depok: Kencana.
Pratama, Novian Agung, and Dasrun Hidayat. 2020. “Pengetahuan Dan Perilaku Masyarakat Memaknai Social Distancing.” Jurnal Digital Media & Relationship 2(1):1–10.
Rakhmat, J. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Santana, Septiawan K. 2017. Jurnalisme Kontemporer. Kedua. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Syarifudin, Yunus. 2012. Jurnalistik Terapan. Bogor: Ghalia Indonesia.
Wutun, Monika, and Fitria Titi Melawati. 2021. “Pengalaman Profesional Reporter Radio Di Kota Kupang Dalam Menerapkan Standar Kompetensi Wartawan Professional Experience Of Radio Reporters In Kupang City To Applying Journalist Competency Standards.” Jurnal Communio Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana 10(1):74–87. doi: https://doi.org/10.35508/jikom.v10i1.3676.