KOMUNIKASI KORPORASI DALAM KAMPANYE DIGITAL PROGRAM QRIS LEMBAGA BANK INDONESIA NTT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hermina Surya
Petrus Ana Andung
Veki Edizon Tuhana

Abstract

Untuk mewujudkan Indonesia sebagai Largest Digital Economy dengan besarnya potensi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Nusa Tenggara Timur sebagai bagian dari Bank Sentral ikut mendorong perkembangan ekonomi digital ini dengan mengeluarkan suatu kebijakan mengenai sistem pembayaran menggunakan Quick Response (QR) Code yang selanjutnya disebut Quick Respon Indonesian Standard (QRIS).Dalam rangka menunjang pengoptimalisasian komunikasi lembaga, Bank Indonesia KPW NTT berupaya memanfaatkan ragam teknologi digital untuk memperkenalkan sistem pembayaran yang baru ini kepada masyarakat umum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan komunikasi korporasi lembaga Bank Indonesia KPW NTT melalui pemanfaatan media digital, serta bentuk-bentuk kampanye digital yang dilakukan oleh lembaga Bank Indonesia KPW NTTdalam memperkenalkan QRIS kepada masyarakat. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan teori new media. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan komunikasi korporasi yang dilakukan oleh lembaga Bank Indonesia KPW NTT mencakupi beberapa tahap, yaitu analisis data yang berbasis future oriented, melakukan pemetaan stakeholders, perencanaan pesan kampanye dan perencanaan metode kampanyeevaluasi. Bentuk-bentuk kampanye digital yang dilakukan adalah melalui berbagai media, seperti website resmi Bank Indonesia, channel Youtube BI KPW NTT, media sosial BI KPW NTT dan GenBI NTT, kampanye melalui webinar QRIS, pembuatan video iklan QRIS, dan kampanye melalui ajang perlombaan pembuatan video QRIS secara digital.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Surya, H., Andung, P. A., & Tuhana, V. E. (2021). KOMUNIKASI KORPORASI DALAM KAMPANYE DIGITAL PROGRAM QRIS LEMBAGA BANK INDONESIA NTT. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 3(2), 52-61. https://doi.org/10.51977/jdigital.v3i2.485

References

Arifianto S, Juditha Christiani. (2019). Media Digital dan Perubahan Budaya Komunikasi. Jakarta: Aswaja Presindo.
Cangara Hafied. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Grafindo Persada.
----------------------.(2014). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
.............................(2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Creswell, John W. (2010). Research Design, Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Dagun S. M. (2006). Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Lembaga Pengkajian Budaya Nusantara.
Denis McQuail. (1997). Teori Komunikasi Massa suatu Pengantar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Hardjana A. Andre. (2008). Komunikasi dalam Manajemen Reputasi Korporasi. Yogyakarta: Atma Jaya Yogyakarta.
Mohamad Bahtiar, Bungin Burhan. (2020). Corporate Communication. Jakarta: Prenamedia Group.
Van Riel, Cess B. M. (1995). Principles of Corporate Communication. England: Prntice Hall.