FENOMENA PENGGUNAAN BAHASA SLANG DAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA MAHASISWA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang telah hadir dan berkembang pesat di Indonesia menciptakan fenomena bahasa. Fenomena bahasa yang kerap muncul dalam kehidupan remaja saat ini, yakni penggunaan gaul. Pada dasarnya, penggunaan gaul telah melanggar aturan bahasa sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Bahasa gaul merupakan salah satu dari berbagai bahasa yang telah menjadi ciri khas remaja dalam berkomunikasi dengan teman-temannya di media sosial, seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter, dan Line atau dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan bahasa gaul terhadap memudarnya nilai karakter mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Telkom, khususnya angkatan 2017 hingga 2020. Secara epistemologis, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk kuesioner melalui formulir Google. Kuesioner akan didistribusikan melalui beberapa kelompok sehingga data yang diperoleh dari hasil kuesioner dan penulis akan menganalisis sesuai dengan studi teoritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas dari mereka sepakat bahwa penggunaan gaul tidak hanya mempengaruhi kehidupan sehari-hari, tetapi bahasa gaul itu dapat mempengaruhi memudarnya nilai karakter remaja, terutama jika mereka bersama rekan kerja. Sementara itu, secara aksiologis, penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi yang dapat berkontribusi bagi dunia pendidikan. Dengan demikian, penggunaan bahasa gaul dalam kehidupan sehari-hari terbukti berpengaruh pada memudarnya nilai karakter remaja.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Astuti, A. P. (2014). Teknologi Komunikasi dan Perilaku Remaja. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1).Teknologi Komunikasi dan Perilaku Remaja’, Jurnal Analisa Sosiologi, 91-111.
Baloch, Q. B. (2017). BENTUK DAN PEMAKAIAN SLANG PADA MEDIA SOSIAL LINE (AKUN BATAVIA UNDIP). 92-105.
Chaer dan Agustina. 2014. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
D. Hadayani, D. N. (2020). Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas pgri palembang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palemban (pp. 293-306). Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Devianty, R. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 226-245.
Fajriati, N. L. (2020). Slang Fans Korean Pop Dalam Fandom Army Pada Akun Instagram Armybaseina. Bapala.
Fitriani, y. (2017). Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial sebagai Sarana Penyebaran Informasi bagi Masyarakat. Paradigma - Jurnal Komputer dan Informatika, 152.
Hidayat, D. (2012). Komunikasi Antarpribadi dan Medianya (1st ed.). Graha Ilmu. http://www.grahailmu.com
Hidayat, D., Anisti, Rahmasari, G., & Putra, A. (2021). Social and Behavioural Sciences. The Equality Communication Model For Teaching Local Languages in Indonesia, 67–72. https://doi.org/10.15405/epsbs.2021.06.02.9
J. Suleman, E. I. (2018). Dampak Penggunaan Bahasa Gaul di Kalangan Remaja Terhadap Bahasa Indonesia. 153-158.
Laila, W. N. (2016). Konsep Diri Remaja Muslim Pengguna Bahasa Jawa Krama. Profetik: Jurnal Komunikasi, 9(2), 61. https://doi.org/10.14421/pjk.v9i2.1206
L. Masyarakat, L. G. (2016). ALIH KODE, CAMPUR KODE, DAN INTERFERENSI RAGAM BAHASA LISAN MASYARAKAT LERENG GUNUNG BOLO KABUPATEN TULUNGAGUNG DALAM KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. 51-163.
Lickona, T. (2012). Membentuk Karakter : Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. 85-100.
Oktavia, F. (2016). Upaya Komunikasi Interpersonal Kepala Desa Borneo Sejahtera Dengan Masyarakat Desa Long Lunuk. Ilmu Komunikasi, 239-253.
Rahman, A. (2016). Pengaruh Negatif Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Remaja (Perspektif Pendidikan Islam). Al-Ishlah, 21.
Rosalina, R. (2020). JURNAL TUAH Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Penggunaan Bahasa Slang di Media Sosial Twitter. 2(1), 248–255.
Sulaiman, A. (2019). Bahasa Slang Generasi Muda dalam Media Sosial di Era Milenial. Bahasa Slang Generasi Muda dalam Media Sosial di Era Milenial, 45-54.
Setiawan, S. (2021, Juni 17). Guru Pendidikan. From Pengertian Karakter: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-karakter/