STRATEGI IDENTITAS DIGITAL: ANALISIS PERSONAL BRANDING DI PLATFORM TIKTOK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Antonius Felix
Dimas Okta Briyanti
Felix Melvin Young
Ivan Livaro
Willian Wijaya

Abstract

Media sosial TikTok memiliki dampak yang signifikan pada cara interaksi dan akses informasi. Penelitian ini menggunakan Teori Personal Branding untuk mengidentifikasi karakter pribadi yang membentuk minat dalam menciptakan persepsi positif melalui konten menarik sebagai hiburan tren masa kini. Fokus penelitian ini adalah untuk melakukan analisis personal branding dari content creator TikTok @siscakohl. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan studi kasus terhadap penggunaan aplikasi TikTok. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, melakukan studi dokumentasi, serta wawancara. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa adanya perbedaan usia pada pengguna TikTok yang berpengaruh terhadap pembentukan personal branding narasumber. Penggunaan TikTok dimanfaatkan sebagai cara dalam meningkatkan rasa percaya diri, pengembangan keterampilan, kreativitas, ciri khas, serta membangun citra publik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Felix, A., Briyanti, D. O., Young, F. M., Livaro, I., & Wijaya, W. (2023). STRATEGI IDENTITAS DIGITAL: ANALISIS PERSONAL BRANDING DI PLATFORM TIKTOK. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 5(2), 92-100. https://doi.org/10.51977/jdigital.v5i2.1405

References

Anwar, R. K., & Rusmana, A. (2017). Komunikasi Digital Berbentuk Media Sosial dalam Meningkatkan Kompetensi Bagi Kepala, Pustakawan, dan Tenaga Pengelola Perpustakaan (Studi kasus pada Sekolah/Madrasah di Desa Kayu Ambon, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(3), 204–208. http://jurnal.unpad.ac.id/dharmakarya/article/view/14891
Anggarani, A, A. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame.
Aprilian, D., Elita, Y., & Afriyati, V. (2019). Hubungan antara Penggunaan Aplikasi Tiktok dengan Perilaku Narsisme pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Consilia Jurnal Ilmiah BK, 2(3).
Bayu, D. J. (2021). Jumlah Pengguna Media Sosial di Dunia Capai 4,2 Miliar. Januari. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/18/jumlah-penggunamedia- sosial-di-dunia-capai-42-miliar
Budiargo, D. (2015). Berkomunikasi ala Net Generation. Jakarta: Kompas Gramedia
Davtyan, D., & Cunningham, I. (2017). An investigation of brand placement effects on brand attitudes and purchase intentions: Brand placements versus TV commercials. Journal of Business Research, 70. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.08.023
Dahono, Y. (2021). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Senin, 15 Februari. https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-inimedia- sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun Tiktok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
Eriadisvi, E., & Taufiqurahman, E. (2023). Analisis Digital Marketing Dalam Penggunaan Aplikasi Instagram (Studi Kasus Akun Instagram @Vocasia). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 224–233. https://doi.org/10.5281/zenodo.8312211
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Felix, A., Felina, S., & Claudia Natalie, C. (2024). Memahami Kepuasan Pelanggan : Mengeksplorasi Customer Experience dengan Pendekatan Observasi Online. Economics and Digital Business Review, 5.
Felix, A., Livaro, I., Young, F. M., & Wijaya, W. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Analisis Penggunaan Social Media Marketing dan Influencer Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Gelato dengan Konsep Unik. 6(2), 279–287.
Felix, A., & Rembulan, G. D. (2023). Analysis of Key Factors for Improved Customer Experience,Engagement, and Loyalty in the E-Commerce Industry in Indonesia. Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), 5(2sp), 196–208. https://doi.org/10.34306/att.v5i2sp.350
Franzia, E. (2018). Personal Branding Melalui Media Sosial.Seminar Nasional Pakar Ke 1 Tahun 2018.
Hakim, A., & Febriana, P. (2023). Visual Analysis of Sisca Kohl’s Personal Branding on Instagram. 1–11. http://dx.doi.org/10.21070/ups.1233
Gani, A. G. (2018). Pengenalan Teknologi Internet Serta Dampaknya. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 2(2). https://doi.org/10.35968/JSI.V2I2.49
Gunawan, R., Aulia, S., Supeno, H., Wijanarko, A., Uwiringiyimana, J. P., Mahayana, D., & Teknik, S. (2021). Adiksi Media Sosial dan Gadget bagi Pengguna Internet di Indonesia. TECHNO-SOCIO EKONOMIKA, 14(1), 1–14. http://183.91.79.105/index.php/techno-socio-ekonomika/article/view/544
Handy, M., & Wijaya, D. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar ( Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok ). 3(2), 170–192 https://doi.org/10.30743/mukadimah.v6i2.5682
Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Mencegah Covid-19. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70–80. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278
Hsin-Chen Lin, Patrick F. Bruning, Hepsi Swarna. (2018).Using online opinion leaders to promote the the hedonic and utilitarian value of products and services. Business Horizons Volume 61, Issue 3, May–June 2018, Pages 431-442. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2018.01.010
Aksara, M., Akademia, G., & Akademia, A. G. (2023). METODOLOGI PENELITIAN ( KUANTITATIF & KUALITATIF ) (Issue September).
Isroissholikhah, W. O. (2022). EFEKTIVITAS CONTENT CREATOR DALAM STRATEGI PROMOSI DI ERA DIGITAL. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 2(1), 121-128.
Larasati, P. K. P. (2021, February). Efektivitas content creator dalam strategi promosi di era digital. In SANDI: Seminar Nasional Desain (Vol. 1, pp. 126-133).
Maltz, M. (2015). Psycho-Cybernetics. PERIGEE.
Mellisa, M., & Tamburian, H. H. D. (2020). Analisis Personal Branding Selebgram Vincent Raditya di Instagram. Prologia, 4(2), 215–220. https://doi.org/10.24912/PR.V4I2.6486
Moudy, C. D., & Winduwati, S. (2023). Strategi Personal Branding Kreator Konten TikTok dalam Mengembangkan Citra Diri Positif. Kiwari, 2(2), 215–221. https://doi.org/10.24912/ki.v2i2.24001
Mustaqimmah, N., & Firdaus, W. (2021). Personal Branding pada Akun Instagram Digital Influencer @boycandra. Komunikasiana: Journal of Communication Studies. https://doi.org/10.24014/kjcs.v0i0.13990
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi.
Putri, T. A. D. (2016). Fenomena selebgram sebagai bentuk personal branding. 54. https://library.moestopo.ac.id/index.php?p=fstream-pdf&fid=1477&bid=39103
Ramadan. (2021). Evektifitas Instagram Sebagai Media Promosi Produk Rendang Unina. JSKPM, 5.
Sapinatunajah, P., & Hermansyah, T. (2022). Analisis Content Influencer Gitasav Pada Statement “Childfree” Dalam Prespektif Islam. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 2(3), 180. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i3.266
Shalsabila, R. A., & Nurrahmawati. (2022). Hubungan antara Brand Ambassador dengan Brand Identity Kosmetik Wardah. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(1).
https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i1.1582
Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 16(2).
Tumakaka, N. P., Dida, S., & Prastowo, F. A. A. (2019). Personal Branding Rachel Goddard sebagai Beauty Travel dan Parody Vlogger. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 15(2), 76–97. https://doi.org/10.20884/1.ACTADIURNA.2019.15.2.2134
Winarso, B. (2021). Apa Itu TikTok dan Apa Saja Fitur-fiturnya? 8 Juni. https://trikinet.com/post/apa-itu-tik-tok
Yovelin, V., & Paramita, S. (2023). Digital Personal Branding dalam Membentuk Kredibilitas Content Creator. Koneksi, 7(1), 231–239. https://doi.org/10.24912/kn.v7i1.21330
Zuhri, A. (2020). INSTAGRAM, PANDEMI DAN PERAN INFLUENCER (Analisis Wacana Kritis pada Postingan Akun Instagram @najwashihab dan @jrxsid). In Academic Journal of Da’wa and Communication (Vol. 1, Issue 2).