KOMUNIKASI PETUGAS DALAM PENINGKATAN LAYANAN PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO (DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mahdar Mahdar
Maudhy Satyadharma
Neni Susanti
Dinar Dina Karamani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh Petugas Perizinan pada Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, obsevasi dan studi dokumentasi. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah purposive sampling yaitu dua staff dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPSP) Provinsi Sulawesi Tengara yang berjumlah 2 orang, Pejabat serta staf teknis perijinan Dinas Perhubungan Provinsi Tenggara yang berjumlah 7 orang. Penelitian telah dilakukan dari Bulan Januari – Maret 2024. Hasil dari penelitian ini menunjukan Penyelenggaraan Perizinan Berusaha berbasis risiko pada sektor perhubungan berjalan dengan baik karena sudah semakin efektifnya komunikasi interpersonal yang dijalankan oleh para petugas perizinan yaitu keterbukaan (opennes), empati (emphaty), sikap mendukung (supportiveness), sikap positif (possitiveness), dan kesetaraan (equality).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mahdar, M., Satyadharma, M., Susanti, N., & Karamani, D. D. (2024). KOMUNIKASI PETUGAS DALAM PENINGKATAN LAYANAN PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO (DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA). Jurnal Digital Media Dan Relationship, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.51977/jdigital.v6i1.1564

References

Ansari, M. I. (2019). Electronic Business Licensing in Indonesia. Jurnal Penelitian Pos Dan Informatika, 9(2), 105. https://doi.org/10.17933/jppi.2019.090203
Asriyati, & Satyadharma, M. (2023). Peran Pemimpin dan Komunikasi Interpersonal dalam Penerapan Aplikasi Simponi ASN di Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara. MASIP : Jurnal Manajemen Administrasi Bisnis Dan Publik Terapan, 1(4), 16–26. https://doi.org/https://doi.org/10.59061/masip.v1i4.453
Bisri, M. H., & Asmoro, B. T. (2019). Etika Pelayanan Publik di Indonesia. Journal of Governance Innovation, 1(1), 59–76. https://doi.org/10.36636/jogiv.v1i1.298
DeVito, J. A. (2016). Komunikasi Antar Manusia Ed Terjemahan. Karisma Publ Gr.
Dwiyanto, A. (2006). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PPSK) UGM.
Ekawati, E., & Sarikun, S. (2023). Legal Aspects of Investment in Business Licensing in Indonesia. Journal of Social Research, 2(6), 1961–1966. https://doi.org/10.55324/josr.v2i6.945
Galih, H. A., & Fauziah, K. (2019). Komunikasi Interpersonal Pustakawan Bagian Layanan Sirkulasi Perpustakaan Umum Kota Depok. Paradigma, Jurnal Kajian Budaya, 9(1), 30. https://doi.org/10.17510/paradigma.v9i1.223
Hardiyansyah. (2015). Komunikasi Pelayanan Publik : Konsep dan Aplikasi. Penerbit Gava Media.
Hardjana, A. M. (2003). Komunikasi Intrapersonal dan Komunikasi Interpersonal. Kanisius.
Herniati. (2021). Licensing Issues as a Barrier to Investment: Learning from Indonesia. Scholars International Journal of Law, Crime and Justice, 4(4), 212–218. https://doi.org/10.36348/sijlcj.2021.v04i04.004
Houston, D. J., & Harding, L. H. (2014). Public Trust in Government Administrators: Explaining Citizen Perceptions of Trustworthiness and Competence. Public Integrity, 16(1), 53–76. https://doi.org/https://doi.org/10.2753/PIN1099-9922160103
Mahdar, & Satyadharma, M. (2023). Efektivitas Komunikasi Interpersonal dalam Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2023 pada Pelabuhan Penyeberangan Baubau dan Pelabuhan Penyeberangan Waara. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 15(02), 100. https://doi.org/10.38041/jikom1.v15i02.286
Mardiyanta, A. (2013). Restore Public Trust Through Deliberative Public Policy Formulation. Bisnis & Birokrasi Journal, 20(1), 8–17. https://doi.org/10.20476/jbb.v20i1.1861
Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Remaja Rosda Karya.
Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berbasis Risiko.
Prasetio, E., Isnaini, I., & Adam, A. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Perizinan melalui Online Single Submission pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Binjai. Perspektif, 10(2), 710–727. https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i2.5176
Pudyatmoko, Y. S. (2009). Perizinan Problem dan Upaya Pembenahan. Grasindo.
Putri, N. H. (2016). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 198–204. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i2.4001
Raharjo, D. A. (2015). Komunikasi Interpersonal dalam Pelayanan Publik (Telaah Teoritis pada Pelayanan Pendaftaran Calon Jamaah Haji di Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Dakwah Dan Komunikasi, 6(1), 69–83. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v0i0.623
Rahayu, S., Ratnamulyani, I., & AA, K. (2016). The Influence Of Interpersonal Communication From The Information Service Quality Towards Th Public Trust In Caringin Sub-District District Of Bogor. Jurnal Komunikatio, 2(1), 57–65.
Ratminto, & Winarsih, A. S. (2008). Manajemen Pelayanan : Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen`s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Pustaka Pelajar.
Rohim, S. (2009). Teori Komunikasi : Perspektif, Ragam dan Aplikasi. Rineka Cipta.
Saleh, A. M. (2010). Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar.
Salminen, A., & Ikola‐Norrbacka, R. (2010). Trust, good governance and unethical actions in Finnish public administration. International Journal of Public Sector Management, 23(7), 647–668. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/09513551011078905
Saputra, Y. J. (2024). Implementasi Kebijakan Perizinan Online Single Submission risk Based Approach (OSS-RBA) dalam meningkatkan kepercayaan publik serta mewujudkan Good Government (Studi Perizinan Sektor Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara). Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Program Pasca Sarjana Universitas Halu Oleo.
Saputra, Y. J., Satyadharma, M., Susanti, N., & Asis, P. H. (2023). Etika Petugas Perizinan pada Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara. CERMIN : JURNAL PENELITIAN, 7(2), 561–573. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v7i2.3995 ABSTRAK
Silalahi, A. F. L., Ritonga, S., & Batubara, B. M. (2019). Kualitas Pelayanan Publik dalam Pemberian Izin Mendirikan Bangunan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu. Perspektif, 8(1), 8–14. https://doi.org/10.31289/perspektif.v8i1.2505
Sitorus, H. M., Warjio, & Isnaini. (2020). Evaluasi Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan di Kabupaten Dairi. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(1), 98–106. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31289/strukturasi.v2i1.61
Sukarelawati, S., Rizkiya, D., & Hasbiyah, D. (2023). Kompetensi Komunikasi Interpersonal Marketing Officer Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Umkm. Jurnal Komunikatio, 9(1), 31–39. https://doi.org/10.30997/jk.v9i1.7655
Suranto, A. (2011). Komunikasi Interpersonal. Graha Ilmu.
Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Walgito, ‎Bimo. (2003). Psikologi Sosial. Penerbit Andi.
Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Gramedia Widasarana.
Wood, J. T. (2010). Interpersonal Communication Everyday Encounters, Sixth Edition. Wadswort.