SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ADMINISTRASI KEUANGAN PANTI ASUHAN BERBASIS WEBSITE

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Akhmad Syukron
Purwaningsih

Abstract

Panti asuhan sebagai salah satu lembaga sosial atau lembaga non-profit memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial kepada anak-anak penghuni panti. Oleh karena itu pengelola panti harus mampu memanajemen panti asuhan dengan baik, salah satunya adalah dalam hal manajemen keuangan. Saat ini panti asuhan hafara dalam mengelola keuangan masih menggunakan cara konfensional yaitu dengan mencatat transaksi keuangan menggunakan buku kas. Dengan cara konvensional masih terdapat beberapa kelemahan atau resiko seperti resiko hilangnya data, rusaknya buku kas, salah perhitungan dan juga kesulitan dalam membuat laporan keuangan. Oleh karena itu untuk meminimalisir resiko yang ada dan juga memudahkan dalam manajemen keuangan panti diperlukan sebuah sistem informasi terkomputerisasi. Selain itu juga dapat memudahkan pengelola panti dan juga donatur dalam memonitor dan evaluasi keuangan panti yang dapat diakses dengan cepat dan dimana saja. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem informasi administrasi keuangan berbasis website. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan yaitu metode Waterfall

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Andriani, A., & Purnama, Eka, B. (2018). Desain Database dengan ERD dan LRS. Yogyakarta: Teknosain.
Minarni, Yulianti, E., & Warman, I. (2016). Perancangan Sistem Informasi Panti Asuhan di Kota Padang. Momentum, 18(2), 35–41.
Mubarok, A., Riana, D., Sanjaya, R., Prasetio, R. T., Ramdhani, Y., Rismayadi, A. A., ... & Herliana, A. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Mulyani, S. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah Notasi Pemodelan : Unified Modeling Language(UML). Bandung: Abdi Persada.
Purnomo, H., & Maknunah, J. (2018). Sistem Informasi Pengolahan Data Keuangan Berbasis Web. JIMP, 3(3), 44–49.
Saleh, T. (2017). Sistem informasi Administrasi Keuangan MA Ibrahimy Secang Kalipuro Banyuwangi. Aitech, 3(1), 51–58.
Sasmito, G. (2017). Penerapan Metode Waterfall pada desain sistem informasi geografis industri Kabupaten Tegal. JPIT, 2(1), 6–12.
Sommerville, I. (2011). Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Erlangga.
Sulasmoro, A. H., & Aprianti, P. (2016). Sistem Informasi Pengelolaan Administrasi Keuangan Pada SD Muhammadiyah. Smart Comp, 5(2), 149–153.
Sumardiono, W. (2018). Pedoman Umum Organisasi dan Administrasi Rukun Warga Rukun Tetangga. Yogyakarta: Deepublish.
Wijayanto, D. P., Riyantomo, A., & Nugroho Eko Budiyanto. (2018). Rancang bangun Sistem informasi Administrasi Keuangan Berbasis Web Pada SMK NU Ungaran. Momentum, 14(2), 83–91.