PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS HOTEL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI SARI ATER HOT SPRINGS RESORT CIATER

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Asep Dedy
Yogi Alfandi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Sari Ater Resort Ciater. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel yaitu kualitas pelayanan,fasilitas dan kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi serta dengan teknik accidental sampling diperoleh 100 responden pelanggan Hotel Sari Ater Resort Ciater. Untuk analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil koefisien determinasi menunjukkan nilai uji F simultan kualitas pelayanan terhadap dan fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan dapat diketahui bahwa thitung 33.957 dan Ftabel 3.09 sehingga Fhitung> Ftabel. Maka dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan dan Fasilitas secara simultan terhadap keputusan kepuasan pelanggan adalah signifikan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dedy, A., & Alfandi, Y. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS HOTEL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI SARI ATER HOT SPRINGS RESORT CIATER. Jurnal Sain Manajemen, 4(1), 18-25. https://doi.org/10.51977/sainsm.v4i1.678

References

Cucu Sumartini, L., & Fajriany Ardining Tias, D. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja.JurnalE-Bis(Ekonomi-Bisnis), 3(2), 111–118.
https://doi.org/10.37339/e- bis.v3i2.124
FreekleySteyfliMaramis,JantjeLSepang,
A. S. S. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. AIR MANADO. Jurnal EMBA, 6(3), 1658–1667.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Dipenegoro.
Hendrawan, A., Sucahyowati, H.,Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra,
A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60.
Ii, B. A. B., & Pustaka, T. (2016).
Skripsi20BAB20II. 18–38.
Johanes Gerardo Runtunuwu, Sem Orah,
R. T. (2014). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA CAFE DAN RESTO CABANA MANADO. JurnalEMBA, 2(3),1803–1813.
Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas

Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasaan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Volume, 7(2), 113–
125.
Nurjanah, S. F., Kurniati, R. R., & Zunaida,
D. (2019). Pengaruh E-commerce terhadap Keputusan Pembelian pada Belanja Online Shopee (Studi pada Konsumen Belanja Online Mahasiswa Universitas Islam Malang). Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, 8(3),154–162.
Rastini, I. G. Y. P. N. M. (2016). PENGARUH KUALITAS
PELAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH DAN LOYALITAS NASABAH BANK MANDIRI CABANG VETERAN
DENPASAR BALI. Manajemen Unud, 5(1), 706–733.
Razak, I. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN.
Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2).
Riduwan, & Akdon. (2013). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta.
Rivai dan sagala, 2016:274. (2016). Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka
2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 2004, 6–25.
S. Maya Trinanda, M. Y. & N. R. (2018). E-ISSN :2622-304X,P-ISSN :2622- 3031 Available online at: http://proceedings.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/progress. Proceedings, 1(1),360–371.
Sailah, A. P. dan I. (2017). PENINGKATAN TINGKAT KEPUASAN DOSEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN
PELATIHAN JURNAL BERKUALITASMELALUI METODE SERVQUAL. Jurnal Manajemen, XXI(184),418–433.
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). PENGARUH DIGITAL MARKETING, WORD OF MOUTH, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. 9(7),2596–2620.
Saswianaa, Dr. Eli Hasmin, S.E., M. M.,& Bustam, S.E., M. M.(2020).
Pengaruh E-commerce Terhadap Perilaku Konsumen dan Keputusan PembelianProdukOnlineShop(Studi Kasus Mahasiswa Stiem Bongaya). JurnalIlmiahManajemenDanBisnis, 5(1),60–69.
Sofyan dkk. (2013). Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas, melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada Star Clean Car Wash Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–12.
Srijani, N., & Hidayat, A. S. (2017). PENGARUH FASILITAS
TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI ASTON MADIUN HOTEL & CONFERENCE CENTER. Jurnal
Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA, 7, 31–38.
Sugiyono. (2013a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In International Journal of Management.
Sugiyono. (2013b). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.
Sunawarman, A., Rohendi, A., & Sofyan,
I. (2018). Membangkit Spontanitas Belanja Pada Supermarket Melalui Promosi , Pramuniaga danAtmosfer

Toko. Ecodemica.
Suwitho, R. W. K. (2015). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, FASILITAS DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN
PELANGGAN Rizal. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4, 1–17.
Trilaksana, M. G. (2015). Efektifitas penggunaan drop box dan electronic filling (e-filling) sistem untuk meningkatkan kepatuhan pelaporan SPT tahunan pajak penghasilan wajib pajak orang pribadi. Thesis, 44–55. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2261
Wahyuni, L. (2018). Pengaruh Promotion, People, dan Service QualityTerhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Konsumen Transportasi Online Go- Jek (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I FEB dan FKIP Universitas Pasundan Bandung). Universitas Pasundan,29– 100.
Weenas, J. R. S. (n.d.). KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPRING BED COMFORTA. 1(4),607–618.
Widjaja, Y. R. (2020). Persepsi Nilai dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan CV Putra Wangi Sumedang Tour and Travel. 2(1), 65–71.
Wisman, R. O., & Yulistia. (2020). PENGARUH LOKASI, FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH TEMPAT WISATA DI KOTA PADANG.
Jurnal Matua, 2, 73–83.
Yulianto, A. R. (2018). Tinjauan Pengaruh
Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Ekonomi, 20(2), 241–258.
http://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/1/article/view/448/444