PENGARUH SERVICE EXCELLENT TERHADAP CITRA PERUSAHAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN: THEORETICAL REVIEW
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan atau service excellent terhadap citra perusahaan serta loyalitas pelanggan terhadap perusahaan tersebut. Banyaknya perusahaan yang berdiri di kota – kota besar membuat perusahaan tersebut saling bersaing untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat, persaingan tersebut membuat perusahaan menyadari bahwa pentingnya pelayanan secara maksimal demi membangun citra perusahaan dan loyalitas pelanggan. Citra yang baik dimata pelanggan akan menimbulkan loyalitas yang tinggi dengan begitu perusahaan tersebut bisa tetap bertahan dari waktu ke waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kajian teori dari penelitian – penelitain sebelumnya. Hasil kajian menjelaskan bahwa service excellent dapat meningkatkan citra perusahaan dan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan uraian diatas, maka dalam penelitian ini penulis akan membahas bagaimana peranan service excellent guna membangun citra perusahaan dan loyalitas pelanggan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Barata, Adya. 2014. Dasar- Dasar Pelayanan Prima. PT. ElexMedia Komputindo, Jakarta
Bilson Simamora, Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2007), hlm. 6.
Daniel Yadin (Jakarta: Erlangga, 2003), 93.
Elfinaro Ardianto, et al., Dasar-dasar Public Relations, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004), 72.
Daryanto dan Ismanto Setyabudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Fandy Tjiptono. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andy. Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariative.
Fandy Tjiptono, 2008 .Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset
Farida Jasfar, Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2009), hlm. 184.
Frimayasa, A. (2017). Penerapan Pelayanan Prima Untuk Memenuhi Harapan Masyarakat Terhadap Layanan Publik Pada Kelurahan Makasar, Jakarta Timur. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 17(2), 179–188.
Frank Jefkins, Public Relations, Edisi Kelima, Terjemahan
Freddy Rangkuti. 2017. Customer Care Excellent Meningkatkan Kinerja
Hilman Firmansyah dan Acep Syamsudin. 2016. Organisasi dan Manajemen Bisnis. Ombak, Yogyakarta
Trimanah, “Reputasi Dalam Kerangka Kerja Public Relations”, Jurnal Ilmiah Komunikasi, No. 1, Vol. 3, (Februari-Juli 2012), 3.
Freddy Rangkuti, Customer Care Excellent Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima Plus Analisis Kasus Jasa Raharja, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2017), h. 49.
Kartajaya, Hermawan. (2006). Hermawan Kartajaya On Marketing Mix Seri 9 Elemen Marketing. Bandung: PT Mizan.
M Linggar Anggoro, Teori dan Profesi Kehumasan. (Jakarta: Bumi Aksara, 2000), hlm. 59.
Mukarom, Zaenal dan Muhibudin Wijaya Laksana. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.
Oliver, Sandra. 2007. “ Strategi Public Relations”. Penerbit Erlangga. Jakarta
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan dan Pengendalian, Jilid Dua (Jakarta: Erlangga, 2005), 46.
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: PT Prenhallindo, 2007), hlm. 94.
Putri Fitriani, “Pengaruh Kegiatan Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan”, (Skripsi--Universitas Indonesia, 2012), 33
Suharto Abdul Majid, customer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasi, Jakarta: Rajawali Pers, 2009, hlm 59
Suharto Abdul Majid, customer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasi…hlm 59-60
Trimanah, 2012. Reputasi Dalam Kerangka Kerja Public Relation. Fakultas Ilmu Komunikasi UNISSULA Jalan Kaliwage, Semarang.
Zulkarnain, Wildan, Sumarsono, Raden Bambang, Nm, Nita. Manajemen Dan Etika Perkantoran: Praktik Pelayanan Prima, Cet.1. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018. Buku.