PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU (STUDI PADA SMK NEGERI 1 KOTA BANDUNG) Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Komunikasi interpersonal menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Kemampuan seseorang dalam menyampaikan pesan dan mempengaruhi orang-orang disekitarnya berdampak besar terhadap hasil kerja yang diharapkan optimal. Motivasi merupakan unsur lain yang dapat mempengaruhi kinerja seorang guru. Dengan motivasi kerja yang tinggi, guru dapat melaksanakan pekerjaannya dengan giat dan dengan motif yang dicapai sesuai tujuan sekolah. Komunikasi interpersonal dan motivasi kerja yang tinggi pada akhirnya akan memberikan output kinerja sesuai harapan sekolah.
Kinerja guru SMK Negeri 1 Kota Bandung layak untuk diteliti mengingat banyaknya tuntutan akan kinerja guru di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui besarnya pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru, 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, dan 3) Untuk mengetahui besarnya pengaruh dari komunikasi interpersonal dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Kota Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menyebarkan angket pada 46 guru SMK Negeri 1 Bandung yang diambil sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Kerja secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Kota Bandung.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru. PT Elex Media Komputindo.
Apriadi, Y., Fitria, H., & Nurkhalis. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal Of Education Research, 1(2), 160–164.
DeVito, A, J. (2011). Komunikasi Antar manusia. Karisma.
Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta.
Gusti, M. M. (2012). . Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi Kerja, Dan Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMKN 1 Purworejo Pasca Sertifikasi. Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta, 4.
Harmedi, Lian, & Wardarita. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolahdan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. PRODU: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2 (2), 95.
Hasibuan, M. S. P. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Aksara.
Nilasari, S., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Attractive : Innovative Education Joural, 2(3), 15–20.
Ngalimun. (2017). Komunikasi Interpersonal. Pustaka Pelajar.
Riyadi, S., & Mulyapradana, A. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Radhatul Atfal di Kota Pekalongan. Litbang Kota Pekalongan, 1.
Robbins, P. S. (2006). Perilaku Organisasi (D. B. Molan (ed.); Sepuluh). Erlangga.
Rohman. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen dan Keguruan, 1(2). 92-102.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press.
Sidik, P. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK. Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 149–162.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suranto, E. (2011). Komunikasi Interpersonal (p. 14). Graha Ilmu.
Uno, H. B., & Latmatenggo, N. (2012). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Bumi Aksara.
Wardani, K. R. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Prosiding Samasta, 6.
Yodiq. (2016). Peran Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru di Sekolah Menengah Atas Islam Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 4 (2). 27.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 1
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (PERMENDIKNAS) No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru