PENGARUH FAKTOR SOSIO-DEMOGRAFI PASIEN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
ABSTRAK
RS Bhayangkara Tk III Nganjuk bulan Januari - Desember tahun 2022 mengalami fluktuasi. Naik turunnya angka tersebut menggambarkan jumlah minat kunjungan ulang pasien yang tidak stabil. Ketidakstabilan angka tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Tujuan penelitian mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor sosio-demografi pasien terhadap minat kunjungan ulang pasien RS Bhayangkara Tingkat III Nganjuk. Jenis penelitian kuantitatif, dengan purposive sampling sebagai motode pengambilan sampelnya. Pengumpulan data memakai kuesioner dengan teknik analisis data yang dipakai berupa analisis univariat serta bivariat. Penelitian ini menghasilkan tidak ada pengaruh signifikan yang disebabkan oleh jenis kelamin terhadap minat kunjungan pasien serta ada pengaruh signifikan yang disebabkan oleh usia, pendidikan, pekerjaan, pendapatan terhadap minat kunjungan ulang pasien. Kesamaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya yaitu dibagian jenis penelitian, pendekatan, dan metode analisis data yang digunakan. Adapun perbedaannya terletak pada variabel X dan objek materiel yang digunakan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Agustina, Shela Tri, Rita Tris Yusnita, & Nita Fauziah Oktaviani. (2023). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Journal of Mangement and Creative Business (JMCBUS), 1(2), 139−145.
Al Rasyid, H. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Klinik Bidan Marlina. Perspektif: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 17(1), 7-16.
Ama, P. G. B., Wahyuni, D., & Kurniawati, Y. (2020). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Preferensi Dalam Memilih Pelayanan Kesehatan Pada Mahasiswa Perantau. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(01), 35-42.
Amly, H. Z., Harahap, J., & Lubis, M. (2020). Analisis Faktor Penentu Minat Kunjung Ulang Pasien Diabetes Melitus Di Instalasi Rawat Jalan Poliklinik Endokrin Rs. Pirngadi. Jurnal Health Sains, 1(4), 184-194.
Anisah, A Rohendi, & Agus Hadian Rahim. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pasien terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Khusus Paru Karawang. Innovative: Journal of Social Science Research 3(4), 9151−9164.
Aprila, B. N. (2021). Hubungan Faktor Demografi Terhadap Keputusan Pembelian Emas Di Kota Pekanbaru Tahun 2021. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 405-414.
Arifin, S., Rahman, A., Muhyi, R., Putri, A. O., & Hadianor, H. (2019). Hubungan Usia, Tingkat Pendidikan, Fasilitas Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Muara Laung. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 6(2).
Asdiansyuri, U. (2020). Analisis Pengaruh Religiusitas, Etika Bisnis Islam Terhadap Minat Beli Online Mahasiswa (Studi Kasus Pada Stie Amm Mataram). Jurnal Kompetitif Media Informasi Ekonomi Pembangunan, Manajemen Dan Akuntansi, 6(2).
Asmoro, Radityo Prasetyo, Acep Rohendi, Bayu Wahyudi. (2023). Pengaruh Citra Rumah Sakit dan Pelayanan di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Cahya Kawaluyan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 1(1), 36−42.
Augustina, Rachel Tiurma, A. Rohendi, Rian Andriani. (2023). Strategi Manajemen Membangun Kualitas Pelayanan dengan Metode Importance Performance Analysis dan Servqual Puskesmas Pondok Aren. Gema Ekonomi, 12(2).
Bangsa, Gema Putra, Erliany Syaodih, & Rian Andriani. (2023). The Effect of Educational Level on the Performance of Health Workers at UPTD North Cimahi Health Center. Jurnal Penelitian Pendidikan, 23(1), 16−26.
Efriani, L., Dewi, K. L. dan Marfuati, S. (2022) ‘Hubungan Karakteristik Sosiodemografi Terhadap Tingkat Kepuasan Pelayanan Kefarmasian di Apotek X Kabupaten Cirebon’, Borneo Journal of Pharmascientech, 06(02), pp. 94–98. Tersedia: http://www.jurnalstikesborneolestari.ac id/index.php/borneo/article/view/44 1/247.
Fajar, M., & Purwanda, E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Ke Klinik Agoes Koesoemah. Jurnal Study And Management Research, 18(2), 60-67.
Fardhoni, Retina Sri Sedjati, & Indra Surya Permana. (2021). Pengaruh Pelayanan Keperawatan, dan Kinerja Perawat terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Sanur-Kuta Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon. Jurnal Keperawatan BSI, 9(1), 10−17.
Fatih, Hudzaifah Al, Tita Puspita Ningrum, & Lalas Lestari. (2020). Tingkat Kepuasan Ibu Balita terhadap Pelayanan Kesehatan di Posyandu Wilayah Kota Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 8(1), 26−31.
Fitriah, R., Mardiati, N., & Ilmu, T. (2021). Pengaruh faktor sosiodemografi terhadap pengetahuan dan sikap pada penggunaan antibiotik di kalangan masyarakat pedesaan: Studi observasional di kecamatan Cempaka Banjarbaru. J. Farm. Sains Dan Prakt, 7(1), 34-43.
Gusmawan, F., Haryadi, H., & Sutrisna, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Karakteristik Sosiodemografi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Yang Dimoderasi Oleh Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(4).
Gustina, L., Yasri, Y., & Engriani, Y. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Pada Obyek Wisata Pantai Air Manis Di Kota Padang. Jurnal Praktik Bisnis, 8(1), 52-62.
Hamid, R., Radji, D. L., & Ismail, Y. L. (2020). Pengaruh Empathy Dan Responsiveness Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pelanggan. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 27-38.
Harun, S. H. A., & Listyowati, R. Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan Ris Hospital 2021.
Helmawati, T., & Handayani, S. D. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pasien Di Klinik Rumah Zakat Yogyakarta. Jmmr (Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit), 3(1).
Japarianto, E. (2019). Pengaruh Retail Service Quality Terhadap Minat Berkunjung Ulang Mall Di Surabaya Melalui Perceived Quality Dan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 17-26.
Lesmana, Anetta, Purwadhi, & Rian Andriani. (2023). Komunikasi Organisasi dan Implementasi Kebijakan terhadap Kepuasan Kerja Perawat di Garut. Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 1(1), 1−13.
Mardiana, N., Chotimah, I., & Dwimawati, E. (2022). Faktor-Faktor Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Parung Selama Masa Pandemi Covid-19. Promotor, 5(1), 59-74.
Marpaung, B. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Keselamatan Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Interventing Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan. Mpu Procuratio, 1(2 Oktober), 144-155.
Musniati, M., Suradika, A., & Irawati, D. (2017). Pengalaman Mengatasi Fatigue Pada Pasien Hemodialisa. Jurnal Ilmu Kesehatan dan Farmasi, 5(1), 15-19.
Nugraha, Asep Chandra, Erliany Syaodih, Nining Handayani, & R. Oke Andikaraya. (2023). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien di RSU Ramahadi Purwakarta. E-Prosiding Magister Manajemen ARS University, 1(1), 95−106.
Putri, N. M. D. R., & Rahyuda, H. (2017). Pengaruh tingkat financial literacy dan faktor sosiodemografi terhadap perilaku keputusan investasi individu. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6(9), 3407-3434.
Sakriles, Yohanes & Blasius Perang. (2022). Peran Perawat dalam Pelayanan Rehabilitasi NAPZA. Jurnal Keperawatan BSI, 10(2), 175−183.
Saputro, Y. (2022). Sistem Informasi Perhitungan Pasien Masuk Ruang Rawat Inap. Journal Health Information Management Indonesian (JHIMI), 1(1), 26-32.
Sularsih, H., & Nasir, A. (2021). Strategi UMKM dalam meningkatkan pendapatan dimasa pandemi COVID-19 guna mempertahankan kelangsungan usaha di era revolusi industri 4.0 (studi pada UMKM makanan dan minuman di Kabupaten Pasuruan). Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(4), 763-772.
Syaifuddin, F., & Amelia, A. R. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kembali Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Batara Siang Kabupaten Pangkep. Window Of Public Health Journal, 2(3), 415-424.
Wardani, R. (2017). Trend Analisis Peningkatan Jumlah Kunjungan Pasien ditinjau dari Marketing Mix. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 13(1).
Zain, U., & Silaen, M. (2020). Faktor Penentu Minat Berkunjung Ulang di Instalasi Rawat Jalan Poliklinik Neurologi RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan. Jurnal Health Sains, 1(5), 310-319.