Peningkatan Kualitas Pelayanan Homestay di Desa Pulisan Berdasarkan Persepsi Pengelola
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi para pengelola homestay di Desa Pulisan terhadap kualitas pelayanan yang mereka sediakan dan untuk merekomendasikan strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan tersebut. Teknik metode campuran digunakan pada penelitian ini dengan menggabungkan penggunaan metode kuantitatif (rentang) dan metode kualitatif (analisis SWOT). Responden terdiri dari 15 pengelola homestay di Desa Pulisan yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan para pengelola setuju bahwa kualitas pelayanan yang mereka sediakan sudah baik. Beberapa strategi juga direkomendasikan, antara lain melengkapi fasilitas yang masih kurang, memberikan pelatihan bahasa asing, dan meningkatkan promosi.
ABSTRACT
This research aims to determine the perception of homestays managers in Pulisan Village with regards to their provision of service quality and to recommend a set of strategies to improve their service quality. A mixed method approach is implemented by combining quantitative (range) and qualitative (SWOT Analysis) methods. The respondents comprises 15 homestay managers in Pulisan Village that are selected randomly. The results indicate that the managers agree that their provision of service quality has been good. Also, several strategies are recommended, such as completing facilities that are still lacking, providing foreign language training, and promoting the homestays to domestic and foreign visitors.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aryasih, P. A., & Aryanata, N. T. (2018). Homestay dan Budaya: Idealisme Keberadaan Homestay. In I. W. Mertha, & P. D. Pitanatri, Homestay: Mozaik Pariwisata Berbasis Kerakyatan (pp. 99-102). Nusa Dua: Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua-Bali.
Clarke, V., & Braun, V. (2013). Successful Qualitative Research: A Practical Guide for Beginners. London: Sage Publications Ltd.
Dewi, D. K. (2017). Persepsi Tamu terhadap Pelayanan Hotel Naya Gawana Resort dan Spa. Ekuitas - Jurnal Ekonomi, 5(1), 1-12.
Ermawati, N., & Delima, Z. M. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, dan Pengalaman terhadap Minat Wajib Pajak Menggunakan Sistem E-Filing. Jurnal Akuntansi Indonesia, 5(2), 163 - 174.
Febrianto, R. (2021). Analisis Strategi Pelayanan pada Masa Pandemi Covid-19 di Siantar. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Fugrad, A. J., & Potts, H. W. (2014). Supporting Thinking on Sample Sizes for Thematic Analyses: a Quantitative Tool. International Journal of Social Research Methodology, 18(6), 669-684.
Indriyanto, M. N., Kawatak, S. Y., & Sahabat, S. (2019). Measuring the Service Quality of The Front Office Department at Hotel Ibis Manado. Jurnal Lasallian, 16(2), 83-87.
Kawatak, S. Y., Indriyanto, M. N., & Waloni, T. G. (2021). Strategi Pengembangan Berbasis Pariwisata Berkelanjutan di Pantai Pulisan Likupang. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 10(1), 39-54.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2021, April 29). Alasan Menparekraf Fokus Kembangkan 5 Destinasi Super Prioritas. Retrieved from Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia: https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Alasan-Menparekraf-Fokus-Kembangkan-5-Destinasi-Super-Prioritas
Mandaladewa, N. Y. (2018). Pengaruh Persepsi Konsumen pada Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Pinontoan, H. A. (2022). Dampak Ekonomi dan Partisipasi Masyarakat terhadap Usaha Homestay dalam Pengembangan Pariwisata di Desa Marinsow. Manado: Universitas Katolik De La Salle Manado.
Prihartini, N. (2017). “Homestay” dan Ekowisata Sawah dengan Pendekatan Arsitektur Organis di Kaliurang. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya.
Ramayani, N. (2013). Strategi Komunikasi Public Relations Hotel Sofyan Betawi (Syariah) dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Terhadap Tamu. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Rengkung, V. W. (2020). Persepsi Konsumen terhadap Resto Tuna House Megamas Manado. Manado: Universitas Katolik De La Salle Manado.
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. L. (2019). Consumer Behavior, Global Edition. New York: Pearson.
Soepomo, S. R., Rahmafitria, F., & Daluarti, M. H. (2018). Analisis Persepsi Pengelola dan Masyarakat dalam Pengembangan Program Pelibatan Masyarakat di Wana Wisata Kawah Putih. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(1), 80-94.
Spatz, C. (2011). Basic Statistics: Tales of Distribution. Monterey, California: California Brooks Cole Pub.Co.
Supit, R. T., Franklin, P. J., & Moniaga, I. L. (2022). Arahan Pengembangan Desa Wisata di Likupang Timur sebagai KSPN di Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Spasial, 9(1), 40-51.
Wardoyo, P. (2011). 6 Alat Analisis Manajemen. Semarang: Semarang University Press.
Widyaningsih, H. (2018). Upaya Peningkatan Profesionalisme Karyawan untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Karyawan Abadi Hotel Jogja. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 9(1), 47-55.
Widyasari , D. (2008). Analisis Persepsi Pelanggan terhadap Hotel Laweyan di Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Wulandari, N. (2020). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan di Swalayan KUD Sukomaju Desa Gelanglor Sukorejo Ponorogo. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.