Peningkatan Kualitas Pelayanan Homestay di Desa Pulisan Berdasarkan Persepsi Pengelola
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi para pengelola homestay di Desa Pulisan terhadap kualitas pelayanan yang mereka sediakan dan untuk merekomendasikan strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan tersebut. Teknik metode campuran digunakan pada penelitian ini dengan menggabungkan penggunaan metode kuantitatif (rentang) dan metode kualitatif (analisis SWOT). Responden terdiri dari 15 pengelola homestay di Desa Pulisan yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan para pengelola setuju bahwa kualitas pelayanan yang mereka sediakan sudah baik. Beberapa strategi juga direkomendasikan, antara lain melengkapi fasilitas yang masih kurang, memberikan pelatihan bahasa asing, dan meningkatkan promosi.
ABSTRACT
This research aims to determine the perception of homestays managers in Pulisan Village with regards to their provision of service quality and to recommend a set of strategies to improve their service quality. A mixed method approach is implemented by combining quantitative (range) and qualitative (SWOT Analysis) methods. The respondents comprises 15 homestay managers in Pulisan Village that are selected randomly. The results indicate that the managers agree that their provision of service quality has been good. Also, several strategies are recommended, such as completing facilities that are still lacking, providing foreign language training, and promoting the homestays to domestic and foreign visitors.
Article Details
Section
How to Cite
References
Al Bataafi, W. H. S. (2006). Housekeeping Department Floor & Public Area. In Alfabeta. Alfabeta.
Fikri, M. (2020). Peranan Food And Beverage Service dalam memberikan pelayanan Terhadap Tamu Di Oasis Atjeh Bandung (Vol. 549).
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. In PT Remaja Rosdakarya (Vol. 103). PT Remaja Rosdakarya.
Nana, & Sukmadinata, S. (2007). Metode penelitian pendidikan. In PT Remaja Rosdakarya. PT Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. In Ghalia Indonesia. Ghalia Indonesia.
Panggabean, R. P. (2009). PERANAN ROOM ATTENDANT DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN MELALUI ORIGIN EIGHT DI HOTEL NIKKO JAKARTA.
Perwani, yayuk sri. (2001). Teori dan Praktek Houskeeping untuk Akademi Perhotelan Make Up Room. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Purnama, R. G., & Haryanto, O. I. (2015). Tugas Room Attendant Dalam Menangani Complaint Tamu Deluxe. 1.
Putri, A. D. (2017). Penerapan Job Description Roomboy/Maid Dalam Make Up Room Di Hotel Selyca Mulia Samarinda.
Satori, D., & Komariah, A. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. In Alfabeta. Alfabeta.