Kepuasan Pengunjung yang dipengaruhi oleh Daya Tarik Wisata di Kawah Rengganis

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yaya Jakaria
Asep Dedy
Adi Fajar Permana Putra

Abstract

Daya tarik wisata sudah diketahui sebagai salah satu aspek yang mempengaruhi kepuasan pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi daya tarik dan tingkat kepuasan pengnjung wisata Kawah Rengganis, Ranca Bali serta mengetahui pengaruh daya tarik wisata Kawah Rengganis terhadap kepuasan pengunjung di Ranca Bali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 rorang. Hasil penelitian menunjukkan daya tarik wisata di Kawah Rengganis termasuk ke dalam kategori “Baik”. Pernyataan dengan nilai tertinggi ditunjukkan pada pernyataan “Saya merasa tersedia lahan parkir yang memadai untuk pengunjung” sedangkan nilai terendah ditunjukkan oleh pernyataan “Saya merasa terdapat mesin ATM di sekitar objek wisata”. Kepuasan pengunjung Kawah Rengganis termasuk ke dalam kategori “Baik”. Pernyataan dengan nilai tertinggi ditunjukkan pada pernyataan “Saya ingin merekomendasikan sebagai salah satu tujuan wisata karena pelayanan memuaskan” sedangkan nilai terendah ditunjukkan oleh pernyataan “Saya merasa makanan yang disediakan memiliki kualitas baik”. Terdapat pengaruh daya tarik wisata Kawah Rengganis terhadap kepuasan pengunjung di Ranca Bali. Sekitar 76,6% dari tingkat kepuasan pengunjung Kawah Rengganis dapat dijelaskan oleh daya tarik wisata yang ditawarkan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Jakaria, Y., Dedy , A., & Putra, A. F. P. (2024). Kepuasan Pengunjung yang dipengaruhi oleh Daya Tarik Wisata di Kawah Rengganis. Jurnal Kajian Pariwisata, 6(1). https://doi.org/10.51977/jiip.v6i1.1592

References

Ayumi, S. A., Riptanti, E. W., & Khomah, I. (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dalam Menentukan Kunjungan Wisata (Studi Kasus Pada Kampoeng Kopi Banaran Semarang). Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 6(1), 1–16. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i1.890
Ayuningtyas, L. S., & Hari, S. N. (2019). Pengaruh E-word Of Mouth, Lokasi, Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Dengan Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pantai Menganti Kebumen). Administrasi Bisnis, X(1), 652–664.
Bhardwaj, P. (2019). Types of sampling in research. Journal of the Practice of Cardiovascular Sciences, 5(3), 157. https://doi.org/10.4103/jpcs.jpcs_62_19
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.
Ester, A., Syarifah, H., & ZA Zainurossalamia Saida. (2020). Pengaruh daya tarik wisata citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra niaga sebagai pusat cerminan budaya khas kota samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1), 145–153. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN
Frimayasa, A., & Lawu, S. H. (2019). Pengaruh Fasilitas Tempat Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Dunia Fantasi (Dufan) Taman Impian Jaya Ancol Jakarta. Penelitian Ilmu Manajemen, 2(2), 2614–3747.
Hanita, R. (2018). Tempat Wisata , Penginapan , ATM dan Rental Kendaraan di Kota Sabang Berbasis Web. 4(1), 31–34.
Irawan, E. (2023). Strategi Manajemen Pemasaran Destinasi Pariwisata Berkelanjutan : Suatu Kajian Literatur. 1(2).
Kusyanda, M. R. P., & Masdiantini, P. R. (2022). Kajian Strategi Pengelolaan Daya Tarik Wisata Kuliner: Tinjauan pada UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Pantai Penimbangan. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 4(2), 90–99. https://doi.org/10.23887/jmpp.v4i2.43962
Maharani, Y. (2023). Legenda Situ Patenggang Sebagai Objek Daya Tarik Wisata Alam Di Bandung Selatan. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 1(2), 11–17.
Muzdalifah, L. (2023). Konsumen Online terhadap Pembelian Impulsif : Sifat Konsumen dan Faktor Situasional Consumer ’ s Online to Impulse buying : Consumer traits and Situational factors. 05(1), 13–28.
Nenobais, O. O. N., & Lada, Y. A. A. (2017). Efektifitas Penggunaan Lahan Parkir Kendaraan Di Obyek Wisata Pantai Lasiana Kupang Yang Berdampak Pada Peningkatan Pendapatan Masyarakat Dan Pemerintah Daerah Kota Madya Kupang. JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil, 2(1), 1. https://doi.org/10.32511/juteks.v2i1.119
Nurcahyo, R. J., & Anto, Y. (2019). Pengembangan Daya Tarik Wisata Kunjung Museum Melalui Wahana Edukasi Di Museum Pura Pakualaman Yogyakart. Journal of Tourism and Economic, 2(1), 57–65. https://doi.org/10.36594/jtec.v2i1.12
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Pujiastuti, E., Utomo, H. J. N., & Hidayati, N. (2022). Pengaruh Tourist Motivation dan Tourist Attraction Terhadap Tourist Satisfaction Serta Dampaknya Pada Tourist Benefit di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 6(1), 31–50. https://doi.org/10.25139/jiabi.v6i1.4522
Rahmanto, F. S., Peranginangin, J., & Pradipta, M. P. Y. (2020). Strategi Pengembangan Istana Tambakbulusan Sebagai Destinasi Wisata Bahari di Kabupaten Demak. Jurnal Pariwisata Indonesia, 15(2), 1907–2457.
Rai Utama, I. G. B. (2017). Pemasaran Pariwisata. Deepublish.
Rossadi, L. N., & Widayati, E. (2018). Pengaruh Aksesibilitas, Amenitas, Dan Atraksi Wisata Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Ke Wahana Air Balong Waterpark Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Tourism and Economic, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.36594/jtec.v1i2.27
Rusvitasari, E., & Solikhin, A. (2014). Strategi Pengembangan Wisata Alam dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Obyek Wisata Umbul Sidomukti Bandungan Semarang. Jurnal Pariwisata Indonesia, 10(1), 1–24. https://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/ article/view/184
Setyanto, I., & Pangestuti, E. (2019). Pengaruh Komponen Destinasi Wisata (4A) terhadap Kepuasan Pengunjung Pantai Gemah Tulungagung. Jurnal Administrasi Bisnis, 72(1), 157–167.
Setyawan, A. D. (2019). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Harga Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Objek Wisata Coban Rais. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2).
Silaban, P. H., Silalahi, A. D. K., Octoyuda, E., & Sinaga, D. (2020). Pengaruh Aksesibilitas Dan Daya Tarik Terhadap Loyalitas Wisata Dengan Amenitas Sebagai Variabel Intervening Pada Destinasi Wisata Tuk-Tuk Siadong Kabupaten Samosir. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 20(September), 241–246. https://doi.org/10.54367/jmb.v20i2.1016
Sudarwan, W. E., Zahra, S., & Tabrani, M. B. (2021). Fasilitas, Aksesibilitas Dan Daya Tarik Wisata Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Wisatawan Pantai Sawarna Kabupaten Lebak. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 284–294. https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.29
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syarifuddin, D., & Priyanto, R. (2020). Membangun Fasilitas, Membangun Minat Kunjungan Ulang. Jurnal Sain Manajemen, 2(2), 50–62.
Wibowo, L. A. (2019). Experiential Marketing Dan Branded Customer Experience Kaitannya Dengan Loyalitas Pelanggan Restoran Dan Cafe Serta Dampaknya Pada Citra Bandung Sebagai Destinasi Pariwisata Indonesia. Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 11(1), 48. https://doi.org/10.17509/strategic.v11i1.1102