Persepsi Wisatawan Terhadap Harga, Kualitas, dan Risiko pada Pantai Paal Likupang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Steven Yones Kawatak
Oktavianus Wayan Semuel
Thomas Burdames

Abstract

Persaingan pada sektor pariwisata akan semakin ketat seiring mulai berakhirnya pandemi COVID-19. Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung setiap destinasi wisata harus mampu untuk bersaing dengan cara menyediakan harga yang kompetitif, kualitas produk dan pelayanan yang mumpuni, serta risiko sekecil mungkin bagi wisatawan. Hal ini juga berlaku pada destinasi wisata Pantai Paal yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Likupang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap Pantai Paal, dilihat dari tiga variabel yaitu harga, kualitas, dan risiko. Setiap variabel kemudian dibagi menjadi beberapa indikator yang berkaitan. Yang menjadi responden pada penelitian ini adalah para pengunjung Pantai Paal yang dipilih secara acak untuk menjawab pertanyaan pada kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah rentang untuk mengetahui persepsi mereka tentang variabel dan indikator yang diukur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wisatawan sangat setuju bahwa harga yang ditawarkan di Pantai Paal sudah baik, mereka juga setuju bahwa mereka tidak merasa khawatir terhadap risiko yang ada, namun berpersepsi netral terhadap kualitas produk dan pelayanan yang ada di destinasi wisata ini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kawatak, S. Y., Semuel, O. W., & Burdames, T. (2023). Persepsi Wisatawan Terhadap Harga, Kualitas, dan Risiko pada Pantai Paal Likupang. Jurnal Kajian Pariwisata, 5(2). https://doi.org/10.51977/jiip.v5i2.1077

References

Alana, P. R., & Putro, T. A. (2020). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wisatawan pada Goa Lowo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penataran), 5(2), 180-194. doi:https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/481/560

Anggela, M. M., Karini, N. O., & Wijaya, N. S. (2018). Persepsi dan Motivasi Wisatawan yang Berkunjung ke Daya Tarik Wisata Jembong di Kabupaten Buleleng. Jurnal IPTA, 5(2), 76-91. doi:https://doi.org/10.24843/ipta.2017.v05.i02.p01

Apriani, N. L., Suharsono, N., & Tripalupi, L. E. (2020). Persepsi Wisatawan terhadap Objek Daya Tarik Wisata Tenganan Pegringsingan, Kabupaten Karangasem. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 97-106. doi:https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.22930

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Buhari, G. N., Pramitasari, D., & Saifullah, A. (2022). Persepsi Wisatawan terhadap Kualitas Produk Wisata: Fort Rotterdam, di Makassar. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 19(1), 96-106. doi:https://doi.org/10.23917/sinektika.v19i1.15501

Firmansyah, A. (2021). Analisis Deskriptif Potensi Pariwisata di Desa Sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang. Jurnal Pariwisata Terapan, 5(2), 160-173. doi:https://doi.org/10.22146/jpt.55822

Fraenkel, J. R., Wallen , N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw Hill.

Gunawan, M., Sompie, E. A., & Andreani, F. (2017). Analisa Pengaruh Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian di AirBnB. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 5(2), 212-223. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/5954/5437

Kawatak, S. Y., Lucia, R. H., & Niaboy, J. A. (2022). Pengaruh Instagram terhadap Keputusan Berkunjung Generasi Z di Puncak Kai’santi Tomohon. Eqien - Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 116-125. doi:https://doi.org/10.34308/eqien.v10i1.473

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2021, April 29). Alasan Menparekraf Fokus Kembangkan 5 Destinasi Super Prioritas. Retrieved Desember 29, 2022, from https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Alasan-Menparekraf-Fokus-Kembangkan-5-Destinasi-Super-Prioritas

Liestiandre, H. K. (2021). Persepsi Wisatawan terhadap Kualitas Destinasi Pariwisata Bali. Jurnal Kepariwisataan, 20(1), 1-17. doi:https://doi.org/10.52352/jpar.v20i1.449

Massie, S. P., Kindangen, P., & Palendeng, I. D. (2016). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Objek Wisata Sumaru Endo Remboken. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1), 86-97. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/viewFile/10617/10204

Sianturi , H. C., & Paludi, S. (2022). Signifikasi Produk Wisata, Persepsi Harga Dan Lokasi Dalam Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Snowbay Waterpark TMII. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 13(1), 38-46. doi:https://doi.org/10.31294/khi.v13i1.11103

Spatz, C. (2011). Basic Statistics. Australia: Wadsworth.

Surgawi, I., & Sutopo. (2016). Analisis Pengaruh Produk Wisata, Persepsi Harga dan Promosi terhadap Keputusan Wisatawan dalam Mengunjungi Objek Wisata (Studi pada Objek Wisata Puri Maerokoco Kota Semarang). Diponegoro Journal of

Management, 5(4), 1-10. doi:https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/17878

Utama, F., & Setiawan, D. (2020). Persepsi Risiko Covid-19 terhadap Intensi Berwisata di Jabodetabek. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(2), 185-196. doi:https://doi.org/10.26905/jbm.v7i2.4989

Violina, S., & Suryawan, I. B. (2016). Kualitas Kebersihan Lingkungan sebagai Penunjang Daya Tarik Wisata Pantai Sanur Kaja. Jurnal Destinasi Pariwisata, 4(1), 20-25. doi:https://doi.org/10.24843/jdepar.2016.v04.i01.p04

Wijaya, F., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Word of Mouth. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 9-18. doi:https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.323