PENGARUH DIRECT MARKETING DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP MINAT BELI PADA LIVE STREAMING TIKTOK (Studi Kasus pada Viewers Live Streaming TikTok Akun Jiniso di Kota Bandung) Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Riris Roisah
Kiromatul Khusnaini
Feti Fatimah Maulyan

Abstract

Mengingat kelebihan dari direct marketing yang dapat berhubungan langsung dengan konsumen, juga pengaruh kepercayaan dari influencer marketing saat memberikan kesan mengenai produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji direct marketing yang dilakukan bersamaan dengan influencer marketing dapat memengaruhi minat beli konsumen. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan sampel sebanyak 100 responden dengan metode sampling purposive dalam penyebaran kuesionernya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan verifikatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan faktor direct marketing termasuk dalam kategori baik sebesar 82%, faktor influencer marketing termasuk dalam kategori baik sebesar 82,5%, dan minat beli termasuk dalam kategori baik sebesar 80,2%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara direct marketing dan influencer marketing terhadap minat beli pada live streaming TikTok Jiniso sebesar 74,8% sedangkan sisanya 25,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Roisah, R., Khusnaini, K., & Maulyan, F. F. (2024). PENGARUH DIRECT MARKETING DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP MINAT BELI PADA LIVE STREAMING TIKTOK. Jurnal Sains Manajemen, 6(1), 11-23. https://doi.org/10.51977/jsm.v6i1.1404

References

Chopra, A., Avhad, V., & Jaju, S. (2021). Influencer Marketing: An Exploratory Study to Identify Antecedents of Consumer Behavior of Millennial. Business Perspectives and Research, 9(1), 77–91. https://doi.org/10.1177/2278533720923486
Grafström, J., Jakobsson, L., & Wiede, P. (2018). The Impact of Influencer Marketing on Consumers’ Attitudes. Marketing Management, May, 1–77. https://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:1214105/FULLTEXT01.pdf
Kertamukti, R. (2019). Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran (1st ed.). Rajawali Pers.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2010). Marketing Management. Ebook of Marketing Management 13th Edition, 1, 662.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Direccion De Marketing. Pearson Educacion.
Kusnandri, A., Mansur, M., & Hufron, M. (2018). Pengaruh Direct Marketing, Sales Promotion Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. E-Jurnal Riset Manajemen, 7(7), 34–45. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/1182
Lengkawati, A. S., & Saputra, T. Q. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Elzatta Hijab Garut). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Elzatta Hijab Garut), 18(1), 33–38. http://www.jurnal.stieyasaanggana.ac.id/index.php/yasaanggana/article/view/69/41
Manurung, E. I. (2021). Kajian Literatur : Penggunaan Telehealth Program Dalam Pelayanan Kesehatan Rehabilitas. Jurnal Ilmu Kesehatan Insan Sehat, 9(2), 148–155. https://jurnalstikesintanmartapura.com/index.php/jikis/article/view/31/23
Ponirah, A. (2020). Influencer Marketing as a Marketing Strategy. Journal of Economicate Studies, 4(1), 11–16. http://www.journal.islamicateinstitute.co.id/index.php/joes/article/view/649/76
Purbohastuti, A. wahyuni, & Hidayah, A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2480
Riani, R., & Samatan, N. (2020). Pengaruh Influencer Marketing Dan Viral Marketing Terhadap Pengambilan Keputusan Penggunaan Aplikasi TikTok. International Journal of Communication, Management and Humanities AID Conferenc, 1(2), 145–156.
Rizaty, M. A., & Mutia, A. (2022). TikTok, Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh pada 2021. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/04/tiktok-aplikasi-yang-paling-banyak-diunduh-pada-2021#:~:text=Menurut riset AppTopia%2C TikTok mencatatkan,Facebook meraih 416 juta unduhan.
Roisah, R., & Al-biru, M. (2021). Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli. Jurnal Manajemen Jasa, 3(2), 45–53.
Roisah, R., Meliawati, Y., & Angliawati, R. Y. (2021). Meningkatkan Minat Beli Melalui Brand Ambassador. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 3(1), 7–19.
Sari, C. R., & Hidayat, A. M. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Uniqlo Universitas Telkom. E-Proceeding of Management, 8(2), 1361–1368.
Stevani, N., & Junaidi, A. (2021). Pengaruh Influencer terhadap Minat Beli Produk Fashion Wanita pada Instagram. Prologia, 5(1), 198–203. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10121
Sulaiman, M. R., & Rachmawati, D. (2021). Konten Fashion dan Kecantikan Meningkat, TikTok Ajak UKM Promosi. Suara.Com. https://www.suara.com/lifestyle/2021/05/06/142327/konten-fashion-dan-kecantikan-meningkat-tiktok-ajak-ukm-promosi?page=all
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. ANDI.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif hingga e-Ma rketing (2nd ed.). ANDI.
Widyastuti, S. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. In FEB-UP Press. https://doi.org/10.1300/j054v03n02_03