PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN KARAWANG BARAT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Neni Sumarni
Enjang Suherman
Suroso
Delimawar Haryani
Ade Mubarok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, mengkaji dan menjelaskan Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Karawang Barat. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa primer dan sekunder, data penelitian diperoleh dari hasil kuesioner skala likert. Model yang digunakan adalah model analisis jalur, dengan mencari nilai koefisien korelasi, koefisien jalur dan koefisien determinasi, untuk uji hipotesis penelitian menggunakan uji t dan uji F. Sampel berjumlah 62 responden menggunakan teknik sampling jenuh. Berikut ini adalah hasil dari analisisnya : (1) Terdapat hubungan positif, kuat dan juga signifikan antara Kepemimpinan (X1) dan Disiplin Kerja (X2) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.637, (2) Terdapat pengaruh secara parsial positif dan juga signifikan akan tetapi sedikit rendah dari Kepemimpinan (X1) terhadap Kinerja Pegawai (Y) dengan nilai koefisien jalur sebesar 0.270, (3) Terdapat pengaruh secara parsial positif, cukup kuat dan juga  signifikan dari Disiplin Kerja (X2) terhadap Kinerja Pegawai (Y) dengan nilai koefisien jalur sebesar 0.503, (4) Terdapat pengaruh secara simultan positif, cukup kuat dan juga signifikan dari Kepemimpinan (X1) dan Disiplin kerja (X2) terhadap Kinerja pegawai (Y) dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0.499 atau 49,9% dan sisanya sebesar 0,501 atau 50,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dianalisis dalam penelitian. Berdasarkan hasil analisis tersebut kesimpulannya terdapat suatu hubungan, terdapat suatu pengaruh dan nilai signifikansinya < 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Agusria, L., Nasution, Z., & Puspita, E. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Prisma Cipta Mandiri Sungai Bungur Estate Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat. (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, Dan Akuntansi), 5(1), 55-67.

Farisi, S., Irnawati, J., & Fahmi, M. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 4 (1), 15-33.

Mardiana, E., & Paryanti, A. B. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Hc&Ga Group Head Pt Jasamarga Jalan Layang Cikampek. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 2(1), 66-75.

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R & D. Bandung: Cv. Alfabeta
Azahraty. (2018). Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt . Pln ( Persero ) Distribusi Jakarta Raya Dan. Ilmiah Manajemen, 2(1), 24–34.
Effect, T. H. E., Motivation, O. F., Work, O. F., Climate, W., Work, T. O., To, I., & Performance, P. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Iklim Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Implikasinya Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Institut Pertanian Bogor. 3(3), 361–372.
Ferdian, A., & Devita, A. R. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2), 187–193.
Isvandiari, A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Central Capital Futures Cabang Malang. Jurnal Jibeka, 12(1), 17–22.
Pangarso, A., & Susanti, P. I. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Biro Pelayanan Sosial Dasar Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 9(2), 145–160.
Pramana, I., & Rastini, N. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(1), 250738.