STRATEGI PEMASARAN DI CAFÉ COLADA ANTAPANI PASCA PANDEMI COVID 19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tazkia Puji Ayu Mentari
Yuliana Pinaringsih Kristiutami

Abstract

Pemasaran merupakan aspek yang sangat penting bagi setiap bisnis termasuk bisnis kuliner. Strategi pemasaran biasanya disesuaikan dengan perilaku konsumen. Di masa pasca pandemi Covid-19, terdapat perubahan perilaku knsumen sehingga menjadi tantangan bagi bisnis café dalam melakukan pemasaran. Café Colada merupakan salah satu café di Kota Bandung yang menghadapi kendala dalam menyusun strategi pemasaran di masa pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Café Colada pasca pandemi Covid-19 dan kendala dalam menerapkan strategi pemasaran di Café Colada. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara. Hasilnya, Café Colada telah menjalankan berbagai strategi bauran pemasaran dalam menghadapi masa pasca pandemi Covid-19. Bauran pemasaran yang diterapkan di Café Colada meliputi produk, harga, lokasi, promosi, manusia, proses, dan bukti fisk. Kendala yang dihadapi Café Colada di masa pasca pandemi Covid-19 meliputi sulitnya mencari strategi promosi yang tepat untuk menarik partisipasi konsumen dan adanya keluhan dalam pelayanan yang diberikan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Aldi, B. E. (2015). Upaya Generalisasi Konsep Manajemen Strategik. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 6(2), 56-72.
Amofah, O., Kenney, C. K., Sarpong, P., Ababio, A., & Akenten, W. N. (2017). Customers’ Perception on Service Marketing Mix of Restaurants: Evidence from Ghana. ADRRI Journal of Arts and Social Sciences, 15(5), 34-53.
Atmoko, B. D. (2018). Instagram Handbook. Media Kita.
Djausal, G. P., Aryanti, N. Y., Aprilia, H. D., Prastowo, W. S., & Vidiantara, M. H. K. (2021). Urban Coffee Shop: Shifting Housing to Commercial Space. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 606, 209-212.
Djumarno, D., Anjani, S., & Djamaluddin, S. (2018). Effect of Product Quality and Price on Customer Loyalty through Customer Satisfaction. International Journal of Business and Management Invention, 7(8), 13-20.
Erlina, & Hermawan, D. (2021). Marketing Mix on Customer Loyalty at Coffee Shop in Bandung. ATM, 5(1), 89-96.
Gurhananda, I., & Wandebori, H. (2014). Strategic Marketing For Restaurant Business (Case Study of Lawangwangi Café). Journal of Business and Management, 3(1), 112‐131.
Herliyana, E. (2012). Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. Thaqafiyyat, 13(1).
Hermawan, S., & Amirullah. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis; Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Media Nusa Creative.
Indriyati, I., Daryanto, A., & Oktaviani, R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Persepsi Konsumen PT Home Credit Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 4(2).
Juliansyah, E. (2017). Strategi Pengembangan Sumber Daya Perusahaan Dalam Meningkatkan Kinerja Pdam Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ekonomak, 3(2), 19-37.
Karen, & Rosanto, S. (2020). Effect of Performance and Features on Customer Satisfaction in Café Ropang Plus Plus, Pluit Sakti, North Jakarta, Indonesia. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 39-46.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 13. Rajawali Press.
Kristiutami, YP. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berkunjung di Museum Geologi Bandung. Jurnal Pariwisata, 2(2), 77-88
Kunasegaran, M., Rasoolimanesh, S. M., & Khan, S. K. (2019). Experiences of International Tourists with Healthy Signature foods: A Case Study in Malacca. British Food Journal, 1(4), 1-14.
Mahmood, R., & Khan, S. M. (2014). Impact of Service Marketing Mixes on Customer perception: A study on Eastern Bank Limited, Bangladesh. European Journal of Business and Management, 6(34), 164-167.
Preko, A., & Gameti, D. (2014). Evaluation of the Contribution of Marketing to the Development of the Banking sector in Ghana. European Journal of Business and Management, 6(34), 370-374.
Sukarno, G., & Nirawati, L. (2019). Kontribusi Human Capital Dan Customer Capital Dalam Menggapai Kinerja Café Dan Resto Di Surabaya. Jurnal Ilmu Sosial, 15(2).
Thabit, T. H., & Raewf, M. B. (2018). The Evaluation of Marketing Mix Elements: A Case Study. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(4), 100-109.
VakadaeRamkumar, U., Raja, M. S., & Kureethara, J. V. (2021). Organisational Agility and 7Ps of the marketing mix for the post-COVID-19 period: A case study of the Indian informal food sector. Journal of Contemporary Issues in Business and Government, 27(5), 1325-1339.
Widyasari, M. C., & Soesanto, H. (2021). Restaurant Marketing Strategies in Facing New Habits Post-Covid-19 Pandemic: Revolutionary Entrepreneur Paradigm. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR) 5(2), 238-244.
Wijaya, S., & Adriansyah, A. A. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Marketing Mix 9P Terhadap Kepuasan Pelayanan Klinik Rawat Jalan Rumah Sakit Jemursari Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr.Soetomo, 6(1), 28-43.