PENGARUH PENEMPATAN PEGAWAI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Poppi Furi Nopianti
Purwadhi
Bambang Sukajie

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penempatan pegawai dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Sumber penelitian ini menggunakan data primer. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini sebanyak 83 pegawai dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa baik secara simultan maupun parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara penempatan pegawai dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung. Dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,734 menunjukan bahwa penempatan pegawai dan motivasi kerja memberikan pengaruh sebesar 73,4% terhadap kinerja pegawai, sedangkan sisanya sebesar 26,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Fadilah, A. N., Hakim, A., dan Siswidiyanto. (2013). Pengaruh Penempatan Pegawai Terhadap Kinerja (Studi pada Pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Gresik). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 5, Hal. 847-852.
Ghillyer, A. (2016). Business Ethics: A Real World Approach. New York: McGraw- Hill Irwin.
Hariandja, M. T. E. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo
Hasibuan, M. S. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ketujuh belas. Jakarta : PT Bumi Askara.
Hijrah., Sjahruddin, H., dan Heslina. (2014). Pengaruh Penempatan dan Keterlibatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank BNI (Persero) Tbk Cabang Makassar. E-Library STIE YPBUP Bongaya 2014.
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung : Aditama.
Karmita, S. B., Supartha, I. W. G., dan Priantini, P. S. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja dan Penempatan Karyawan Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Analis Kredit PT. BPD Bali Cabang Utama Denpasar). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Vol. 4, No.12 (2015) : 947-974.
Mathis, R. L., and Jackson, J. H. (2011). Human Resource Management (edisi 10). Jakarta: Salemba Empat.
Purwadhi. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Pasca Revolusi Industri 4.0. Bandung: Mujahid Press.
Purwadhi, dan Yadiman. (2020). Teori Organisasi. Bandung: Refika Aditama.
Rahsel, Y. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Administrasi Pusat Universitas Padjadjaran Bandung (Studi Pada Bagian Administrasi Umum UNPAD). Jurnal Manajemen Magister, Vol. 02.
Sedarmayanti, Kushendar, D. H., dan Aryanti,
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung:Alfabeta.