PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL PIMPINAN DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA
DOI:
https://doi.org/10.51977/jsj.v4i2.900Keywords:
Komunikasi Interpersonal, Gaya Kepemimpinan, Kinerja KaryawanAbstract
Faktor komunikasi interpersonal pimpinan dan gaya kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang dominan dalam penciptaan kinerja karyawan PT Onamba Indonesia. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kinerja karyawan PT Onamba Indonesia seperti kompensasi, promosi, kondisi tempat kerja dan sebagainya. Tetapi penulis sangat tertarik mengangkat topik komunikasi interpersonal dan gaya kepemimpinan sebagai faktor yang memengaruhi kinerja karyawan sebab faktor komunikasi interpersonal dan gaya kepemimpinan merupakan faktor yang utama karena manusialah sebagai pelaku aktif dalam menjalankan organisasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal pimpinan terhadap peningkatan kinerja karyawan di PT. Onamba Indonesia, 2) mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap peningkatan kinerja karyawan di PT. Onamba Indonesia, dan 3) mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal pemimpin dan gaya kepemimpinan secara bersama-sama terhadap peningkatan kinerja karyawan di PT. Onamba Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan Komunikasi Interpersonal pimpinan dan Gaya Kepemimpinan secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan di PT Onamba Indonesia.
References
Badan Pusat Statistik. (2020). Telecommunication Statistics in Indonesia 2019. Badan Pusat Statistik,Jakarta - Indonesia, 53(9), 1689–1699. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Telecommunication+Statistics+in+Indonesia+2019&btnG=
Hartono, R., Purnomo, A., Kurdhi, N. A., & Firdiana, I. H. (2016). Pembuatan Game Edukasi English For Fun Untuk Anak Kelas 1-2 SD Berbasis Android Menggunakan Unity 3D. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 521–526. https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.763
Jazuly, A. (2016). Peran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 6(1), 33–40. Retrieved from http://jurnal.makmalpendidikan.net/index.php/JPD/article/view/89
Junianto, E., & Zuhdi, M. Z. (2018). Penerapan Metode Palette untuk Menentukan Warna Dominan dari Sebuah Gambar Berbasis Android. Jurnal Informatika, 5(1), 61–72. https://doi.org/10.31311/ji.v5i1.2740
Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 21(2), 261–268. https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Tanjung, M. R., & Parsika, T. F. (2014). Pengembangan Aplikasi Multimedia Pengenalan Dan Pembelajaran Origami Dengan Pendekatan ADDIE. Seminar Nasional Informatika, 1(1), 128–133. Retrieved from https://www.e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/SNIf/article/view/226
Wicaksono, L. (2016). Bahasa Dalam Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(2), 9–19. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m/article/view/19211
Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027–1038. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835
Yunus, Y., Mukhtar, J., & Nugroho, I. (2019). Manajemen Pengembangan Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren As’adiyah Belawa Baru, Masamba, Sulawesi Selatan). AL-TANZIM : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 3(1), 82–101. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.506