Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan sebagai Penentu Minat Penggunaan Kembali Jasa Travel
DOI:
https://doi.org/10.51977/da58gt72Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Minat Pembelian BerulangAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menentukan pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap minat menggunakan kembali jasa perusahaan tersebut. Minat pembeli ulang merupakan salah satu indikator penting dalam mempertahankan keberlanjutan bisnis jasa, karena menggambarkan kesetiaan pelanggan dan potensi peningkatan profitabilitas. Kualitas pelayanan juga merupakan faktor penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan membentuk minat untuk melakukan pembelian ulang. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis verifikatif. Dengan jumlah responden 100. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling menggunakan metode purposive sampling. Dari populasi sebanyak 1739, diambil sampel sejumlah 100 orang menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembeli ulang. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan kualitas pelayanan dan upaya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan harus menjadi prioritas utama bagi perusahaan jasa untuk mendorong pelanggan kembali menggunakan jasa yang ditawarkan. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi manajemen dalam merumuskan strategi untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
References
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2), 1–6.
Chulaifi, M. I., & Setyowati, E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Travel Umrah Dan Haji Pada Pt. Sebariz Warna Berkah Di Surabaya. Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya 2018, 03(01), 42–43.
Dedy, A., Wulandari, S., Mubarok, A., Noor, C. M., & Sukajie, B. (2023). Personal Selling, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pt. Wanaartha Life Cabang Bandung). Jurnal Sains Manajemen, 5(2), 2685–6972. https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/inDex.
Faturochman, E., & Mubarok, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Mikro (Studi Kasus PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Sukajadi Bandung). Journal on Education, 5(4), 13907–13914. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2409.
Ikhwan S., Nebil Maulid Suhe, & Riris Roisah. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Domino’S Pizza. Jurnal Sains Manajemen, 5(2), 106–113. google scolar.
Jannah, B. P. dan L. miftahul. (2022) Metodologi Penelitian Kuantitatif. In N. Saputra (Ed.), PT Rajagrafindo Persada (1st ed., Vol. 3, Issue 2). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/reista/index.php/ae/article/view/269%0A
Lesnussa, J. U., & Warbal, M. (2023). Pengaruh Sikap dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. PUBLIC POLICY (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 4(1), 31–46. https://doi.org/10.51135/publicpolicy.v4.i1.p31-46
Perdana, M. F. A., & Mulyadi, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Pada Toko Grosir Zahra Purwasari Kabupaten Karawang. Nanggroe : Jurnal Pengabdian Cendikia, 224(3), 224–231. https://doi.org/10.5281/zenodo.8058068
Prasaja, D. S. C. E. P. A. M. G. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. 6(2), 4–6.
Pratama, R. P., & Husen, F. (2023). Pemasaran Bisnis Travel Haji dan Umroh Berbasis Online dan Kerja Sama. Idarotuna, 5(2), 139. https://doi.org/10.24014/idarotuna.v5i2.24600
Resindra Widya, & Elisabet. (2022). Pengaruh E-service quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna E- commerce di Kalimantan Barat. Https://Journal.Unimma.Ac.Id, 938–952.
Safrina, W. D., Farida, N., & Ngatno, N. (2023). Pengaruh Customer Value dan Customer Experience terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Jemaah PT. Penata Rihlah Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 140–148. https://doi.org/10.14710/jiab.2023.37217
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023).Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.
Widjaja, Y. R., & Araufi, A. (2020). Persepsi Nilai dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan CV Putra Wangi Sumedang Tour and Travel. Jurnal Sain Manajemen, 2(1), 65–71.
Wolok, T. (2018). Analisis Persepsi Kualitas, Kepuasan Pelanggan Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Minat Ulang Menggunakan Jasa Transportasi. Manajemen & Bisnis Jurnal, 4(2), 65–76. https://doi.org/10.37303/embeji.v4i2.79