MANAJEMEN SDM DALAM MENGEMBANGKAN STRATEGI BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN MENUJU EKONOMI DIGITAL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Regina Nurfitriyani Anissa
Annisa Nurhasanah
Mira Veranita
Purwadhi Purwadhi

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) mengacu pada kemampuan unik individu untuk berfungsi sebagai anggota masyarakat yang adaptif dan inovatif serta menjalani kehidupan yang sukses secara harmonis dan berkelanjutan dalam kerangka apa yang ingin dicapai potensi. SDM sangat penting bagi pengembangan strategi bisnis dan kewirausahaan karena keberhasilan bisnis atau perusahaan yang kompetitif bergantung pada keterampilan dan efektivitas karyawannya. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam mengembangkan strategi bisnis di era digital saat ini. Metode yang digunakan dalam analisis ini yaitu metode deskriptif dengan teknik kualitatif yang mengacu pada studi kajian literatur. Usaha-usaha untuk mengintegrasikan fungsi-fungsi SDM dalam strategi bisnis perusahaan dapat dilakukan melalui tiga pendekatan yaitu pertama, mencocokkan atau menyesuaikan gaya manajerial atau aktivitas personil, kedua, meramalkan kebutuhan tenaga kerja dengan memberikan sasaran-sasaran strategis atau kondisi lingkungan yang pasti, dan ketiga, menyediakan sarana-sarana integrasi SDM dalam usaha secara menyeluruh untuk menyesuaikan strategi dan struktur perusahaan. Melalui integrasi tersebut diharapkan tercapai efektivitas fungsi SDM dalam melakukan fungsinya, memberikan nilai tambah bagi organisasi, memperbaiki kinerja perusahaan, dan meningkatkan fleksibilitas organisasi untuk mampu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan lingkungan bisnis sehingga perusahaan mampu memenangkan persaingan bisnis dalam lingkungan bisnis yang makin kompetitif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Anatan, L. (2005). Meraih keunggulan kompetitif berkelanjutan melalui pengintegrasian fungsi sumber daya manusia dalam strategi bisnis. Jurnal Manajemen Maranatha, 4(2), 28-40.
Anggreani, T. F. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Swot: Strategi Pengembangan Sdm, Strategi Bisnis, Dan Strategi Msdm (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 619-629.
Correani, A., De Massis, A., Frattini, F., Petruzzelli, A. M., & Natalicchio, A. (2020). Implementing a digital strategy: Learning from the experience of three digital transformation projects. California Management Review, 62(4), 37-56.
Favari, E. (2020). Sustainability in (Mega) Project Management—A Business Case for Project Sustainability. In Megaproject Management (pp. 15-26). Springer, Cham.
Hasnadi, H. (2019). Perencanaan Sumber Daya Manusia Pendidikan. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(2), 141-148.
Huda, N. N. (2022). Konsep Perencanaan, Rekrutmen, dan Pengangkatan Sumber Daya Manusia di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muthohhar Purwakarta. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 29-40.
Kaswan. (2012). Coaching dan Mentoring, Untuk Pengembangan SDM dan Peningkatan Kinerja Organisasi. Bandung: Alfabeta.
Kawiana, I. G. P., 2020. Manajemen sumber daya Manusia (MSDM) Perusahaan. Denpasar: UNHI Press.
Khaeruman, K., Mukhlis, A., Bahits, A., & Tabroni, T. (2024). Strategi Perencanaan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 7(1), 41-50.
Masram, H., & Hj, D. Mu’ah.(2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Permadi, H., & Prayetno, S. (2023). Praktek-Praktek Pengelolaan SUmber Daya Manusia dalam Bisnis Modern untuk Meraih Keunggulan Kompetitif. Media Bina Ilmiah, 17(8), 2013-2024.
Putro, S. E. (2024). Strategi SDM untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan di Era Digital. Management Studies and Business Journal (PRODUCTIVITY), 1(3), 402-420.
Savitri, F. M., Hasanah, A. U., Fasa, A. M., & Mahesti, S. L. (2022). Kajian Literatur Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Efektif untuk Meraih Keunggulan Kompetitif. CEMERLANG: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(1), 16-29.
Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo.
Setiyati, R., & Hikmawati, E. (2019). Pentingnya perencanaan SDM dalam organisasi. In Pentingnya Perencanaan Sdm Dalam Organisasi Forum Ilmiah (Vol. 16, p. 215).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundari, A. (2024). Pelatihan Pengelolaan SDM di Era Digital pada UMKM Binaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil di Daerah Istimewa Yogyakarta. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 85-91.
Tinambunan, A. P. (2021). Analisis Kesesuaian Antara Strategi SDM Dengan Strategi Bisnis Pada Unika Santo Thomas Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 197-212.