STRATEGI MANAJEMEN: ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ghufran Al Fikri
Ena Marlena
Pipit Fitriani
Aceng Aliyudin
Mira Veranita

Abstract

Manajemen Staregi merupakan rangkaian sistematis dalam setiap pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap perusahaan untuk mencapai tujuannya. Keputusan yang diambil tentunya melawati proses analisis secara mendalam melalui analisis lingkungan internal dan eksternal untuk menghasilkan keputusan yang baik. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi manajemen analisis lingkungan internal dan eksternal. Penelitian ini mengunakan pendekatan kaulitatif metode deskriptif dengan studi literatur yang mengambil referensi dari sumber-sumber yang berkaitan dengan tema penelitian yang dijadikan sebagai rujukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis Lingkungan Internal merupakan proses analisis yang dilakukan pada aspek internal perusahaan yang meliputi: sumber daya perusahaan, struktur perusahaan, budaya perusahaan, kemampuan dan keterampilan karyawan, dan segala hal internal perusahaan yang ada. Analisis Lingkungan Eksternal adalah proses analisis yang dilakukan pada lingkup luar/eksternal perusahaan yang meliputi: pesaingan, lingkungan, ancaman, perubahan tren pasar, kebijakan politik pemerintah, perkembangan teknologi, aktivitas pesaing, ekonomi, lokasi atau tempat, keamanan, sosial, demografi, sosial dan budaya serta globalisasi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

A Pearce, J. I., & Richard B.Robinson, J. (2014). Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat.
Ahluwalia, L. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pemberdayaan Pada Kinerja Dan Keseimbangan Pekerjaan-Rumah Di Masa Pandemi Covid-19. Manajemen Sumber Daya Manusia, Vol. VII, No. 2.
Akdon. (2011). Strategic Management For Education Management. Bandung: Alphabeta.
Amir, M. T. (2011). Manajemen Strategis (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: Raja Wali Press.
Amirullah. (2015). Manajemen Strategi: Teori Konsep Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Bogdan, & Biklen. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.
David, F. R. (2010). Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat.
Fred R. David. (2015). Strategic Management Concepts and Cases. USA: Pearson.
Hermawan, S. (2013). Makna Intellectual Capital Perspektif The Role Theory dan The Resource Based Theory. Ekuitas: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, Volume 17, No. 2.
Hermawan, S., & Silvia Herlina. (2013). Studi Intepretif Identifikasi dan Interaksi Intellectual Capital terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan., Vol. 3, No. 1.
Hermawan, S., & Sriyono. (2020). Manajemen Strategi & Resiko. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Hunger, J. D., & Thomas L. Weelen. (1996). Strategic Mangement. California: Addison Wesley Publishing Company.
Johnson, G. (2017). Exploring Strategy: Text and Cases. London: Pearson.
Khujaifah, A., Talitha Salsabila, Santi Pebiana, Ratih Widyastuti, Nurul Ramadhayanti, & Linda Hetri Suriyanti. (2021). Analisis Kegagalan Implementasi Manajemen Strategi pada Perusahaan 7 Eleven di Indonesia . Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 5 Nomor 2.
Kuncoro, M. (2008). Manajemen Strategi. Jakarta: Erlangga.
Lynch, R. (2018). Strategic management. UK: Pearson.
Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Octavia, N., Hayati, K., & Karim, M. (2020). Pengaruh Kepribadian, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Vol. 2, No. 1.
Parnell, J. A. (2013). Strategic Management. Sage.
Porter, M. . (1990). Competitive Strategy. Technique For Analyzing Industries and Competitor. New York: Free Press.
Porter, M. E. (2008). Strategy Strategy the Five Competitive. USA: Harvard Business Review.
Sadler, P. (2003). Strategic Management. Kogan Page Publishers.
Simatupang, T. M., & Sitorus, T. M. (2017). Manajemen Strategis: Panduan Praktis Menghadapi Era Persaingan Global. Jakarta: Salemba Empat.
Simbolon, N., Nurulloh, M. S., Auditya, N., Rini, M., & Naufal, A. (2018). Analisis Lingkungan Eksternal Mikro. Jakarta: Universitas Mercu Buana Press.
Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Voiculet, A. (2010). The Impact of External Environment on Organizational Development Strategy. MPRA Paper , No. 26303.
Warlizasusi, J. (2018). Analisis Perencanaan Strategis, Rencana Strategis dan Manajemen Strategis STAIN Curup 2015 2019. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, Vol. 2, No. 2.
William, C. (2001). Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Yulita, S., Prima Nugroho, S., & Astuti, N. (2018). Analisis Lima Kekuatan Porter terhadap Keunggulan Bersaing pada PT Ajinomoto Sales Indonesia Kantor Cabang Bangka. Jurnal Ilmiah Progresif Manajemen Bisnis, Vo. 32, No. 2.
Zamsiswaya, M. (2023). Model Deskriptif Manajemen Strategik :Proses Manajemen Strategik, Lingkungan Eksternal, Lingkungan Internal, Formulasi Strategi. . Jurnal Adzkiya, Vol. 7, No. 1.
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.