PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KEAMANAN TRANSAKSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN APLIKASI KREDIVO

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lala Yulita
Ani Solihat
Riris Roisah
Djunarto Djunarto
Andry Trijumansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh kemudahan penggunaan dan keamanan transaksi dalam memprediksi kepuasan konsumen pada aplikasi Kredivo. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini dilakukan pada konsumen aplikasi Kredivo dengan jumlah sampel 96 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa setiap variabel memiliki nilai yang baik dan hasil verifikatif secara parsial kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Keamanan transaksi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan pengaruh kemudahan penggunaan dan keamanan transaksi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen aplikasi Kredivo. Manfaat dalam penelitian ini berguna untuk meningkatkan kepuasan konsumen melalui faktor kemudahan penggunaan dan keamanan transaksi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Daga, R. (2017) Citra,Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan.
Ekanova, A.P. (2021) ‘Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Keamanan Bertransaksi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E- Commerce Shopee Food’.
Fatini, N. dan Dewi, R. (2020) ‘Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Vanaprastha Gedong Songo Park Kabupaten Semarang’, (24).
Jogiyanto (2007) Sistem Informasi Keperilakuan.
Khasanah, N. (2022) ‘Pengaruh Kemudahan, Kenyamanan Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking Bank Umum Syariah’.
Kompas (2022) ‘Akun Kredivo Dibobol Konsumen Tetap Diminta Membayar Tagihan Untuk Transaksi yang Tidak Dilakukan.’ Available at: https://inside.kompas.com/surat- pembaca/read/62110/Akun-Kredivo-Dibobol-Konsumen-Tetap-Diminta-Membayar-Tagihan-Untuk-Transaksi-yang- Tidak-Dilakukan.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2012) Marketing management, Pearson Education International. Jilid 2. Jakarta; Prenhallindo.
Utami, S.S. dan Kusumawati, B. (2017) ‘Fakto-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Money (Studi pada Mahasiswa STIE Ahmad Dahlan Jakarta)’, Balance, XIV (2), pp. 29–41.
Wati, D. dan Syahfitri, T. (2021) ‘Dampak Pinjaman Online Bagi Masyarakat’, Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), pp. 1181–1186.