PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN PESAN ANTAR MAKANAN PADA SHOPEE FOOD (Studi kasus Pada Pengguna Shopee Food di Kota Bandung) Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Riris Roisah
Tiara Millennuari Putri

Abstract

Promosi penjualan yaitu kegiatan promosi yang beragam menarik keputusan pembelian terhadap produk atau jasa. Tingkat persaingan antar perusahaan yang semakin tinggi membuat setiap perusahaan melakukan berbagai cara untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan menguji untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan layanan pesan antar makanan pada Shopee Food. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dan pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Analisis data digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana, determinasi, dan hipotesis menggunakan uji t (parsial). Hasil pengujian pada uji t (parsial) yaitu variabel promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian layanan pesan antar makanan pada Shopee Food di Kota Bandung.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Arfan, Uhammad. 2021. “Perubahan Perilaku Masyarakat Terhadap Penggunaan Jasa Pesan-Antar Makanan.” yoursay.id. https://yoursay.suara.com/kolom/2021/07/08/083512/perubahan-perilaku-masyarakat-terhadap-penggunaan-jasa-pesan-antar-makanan.
Buana Pertiwi, Rianty, and Yayu Sri Rahayu. 2020. “Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Sandal Wanita Merek Cardinal Di Wilayah Kota Bandung.” Jurnal Sain Manajemen 2(2): 41. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index.
Dhiraj. 2021. Keputusan Pembelian Online, Kualitas Website, Keamanan Dan Kepercayaan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. https://www.google.co.id/books/edition/KEPUTUSAN_PEMBELIAN_ONLINE/LodAEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=keputusan+pembelian&pg=PA23&printsec=frontcover.
Febriani, Farras Rana, and Septyan Budy Cahya. 2022. “Pengaruh E-Service Quality Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Menggunakan Fitur Shopee- Serta Tingkat Kesibukan Penduduk Yang Semakin Tinggi . Hal Tersebut Kemudian Menyadarkan Masyarakat Untuk Memanfaatkan Perkembangan Teknologi Guna Memenuhi Kebutuh.” 10(1).
Gunawan, Febsri Susanti Ade Candra. 2017. “Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang.” https://osf.io/preprints/inarxiv/npjqh/.
Jakpat. 2019. “E-Commerce Trend In Indonesia.” مجله دانشکده پزشکی دانشگاه علوم پزشکی مشهد 59. https://blog.jakpat.net/indonesia-ecommerce-trend-1st-semester-of-2019-jakpat-survey-report/.
Jayaputra, Ricky et al. 2022. “Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Repurchase Intention Melalui E-Customer Satisfaction Pada Pengguna Shopee Food.” 10(1).
Nordiansyah, Eko. 2021. “Bisnis Layanan Pesan Antar Makanan Online Meningkat Selama Pandemi.” medcom.id. https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/8kolVnWK-bisnis-layanan-pesan-antar-makanan-online-meningkat-selama-pandemi.
Novia. 2021. “72 Persen Keluarga Indonesia Pesan Makan Online.” okezone tv. https://techno.okezone.com/read/2021/08/07/57/2452234/72-persen-keluarga-indonesia-pesan-makan-online.
Rahmawati eka. 2022. “Pesan Antar Makanan Online Menjadi Tren Di Masyarakat.” kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/rahmawatieka7061/61d809111b796c6e967ab842/pesan-antar-makanan-online-menjadi-tren-di-masyarakat.
Rohmah, Miftahur, and Evawani Elysa Lubis. 2018. “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Situs Jual Beli Online Elevenia.” Jurnal E-Komunikasi 5(2): 1–13. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/21536/0.
Roisah, Riris, and Dwiza Riana. 2016. “Telaah Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian Konsumen.” Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis 4(1): 100–107. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.
Samsudin, Crusita Maharani. 2020. “PERAN FLASH SALE DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA ONLINE.” Konstruksi Pemberitaan Stigma Anti-China pada Kasus Covid-19 di Kompas.com 68(1): 1–12. http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024.
Sciences, Health. 2016. “済無No Title No Title No Title.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 4(1): 1–23.
Setyowati, Desy. 2021. “Peta Persaingan GrabFood Dan GoFood Di Tengah Kehadiran ShopeeFood.” katadata.co.id. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/601279c09f33d/peta-persaingan-grabfood-dan-gofood-di-tengah-kehadiran-shopeefood.
Sholihat, Apriwati. 2018. “Bab 2 Teori Keputusan Pembelian Dan Indikator Def Operasional.” Journal of Chemical Information and Modeling 5(1): 1–15. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/34362/32290.
Snapcart. 2021. “GrabFood the Most-Used Food Delivery Platform amongst Consumers and Merchants in Indonesia.” https://snapcart.global/article-grabfood-the-most-used-food-delivery-platform-amongst-consumers-and-merchants-in-indonesia-study/.
Sugiyono. 2018a. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi Dan R&D. ed. Suryandari. Bandung: Alfabeta cv.
Wangsa. 2022. Promosi Penjualan Untuk Membangun Electronic Word of Mouth Dan Mendorong Pengambilan Keputusan Pembelian. Klaten: anggota ikaoi No.181/JTE/2019. https://www.google.co.id/books/edition/PROMOSI_PENJUALAN_UNTUK_MEMBANGUN_ELECTR/eR5oEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=hubungan+promosi+terhadap+keputusan+pembelian&pg=PT12&printsec=frontcover.
Winda. 2021. “Kenali Fitur Layanan Shopee Food Dengan 5 Keuntungan Yang Ditawarkan.” cerdas belanja. https://cerdasbelanja.grid.id/read/522651946/kenali-fitur-layanan-shopee-food-dengan-5-keuntungan-yang-ditawarkan?page=2.
Yenni. 2022. Keputusan Pembelian Produk. pertama. ed. Bincar. padang sidimpuan: PT Inovasi pratama internasional. https://www.google.co.id/books/edition/Keputusan_Pembelian_Produk/nTxlEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=tujuan+promosi+penjualan+menurut+para+ahli&pg=PA12&printsec=frontcover.