PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN (Studi Kasus Pada RSUD Eko Maulana Ali Belinyu) Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tio Hara Sujarwinata
Erliany Syaodih
Agus Hadian Rahim

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pasien melalui kuisioner di RSUD DR Eko Maulana Ali. Populasi penelitian ini meliputi karyawan RSUD DR Eko Maulana Ali sebanyak 129 orang serta pasien yang berobat di poli rawat jalan RSUD DR Eko Maulana Ali pada bulan september – oktober tahun 2022. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 80 orang karyawan dan pasien dengan jumlah yang sama yaitu sebanyak 80 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei bersifat analitik dengan Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis). Dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) kepuasan kerja berpengaruh langsung terhadap Kualitas pelayanan RSUD DR Eko Maulana Ali , (2) Kualitas pelayanan berpengaruh langsung terhadap kepuasan pasien RSUD DR Eko Maulana Ali, (3) kepuasan kerja berpengaruh langsung terhadap kepuasan pasien RSUD DR Eko Maulana Ali.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Azwar, A. (1996). Pengantara Administrasi Kesehatan. Ciputat- Tanggerang 2010, Binarupa aksara publisher edisi ketiga.
Colquitt, Jason A., Jeffery A. LePine, and Michael J. Wesson. Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill, 2011
Priansa, Donni Junni. 2014. Perencanaan & Pengembangan SDM, Bandung: Alfabeta
Djauzi S dan Supartondo. 2004. Komunikasi dan empati. Balai Penerbit FK. UI. Jakarta
Hasibuan, M. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu. 2004. Manajemen sumber daya Manusia, Jakarta. PT Bumi Askara.
Hilda, Maidin A, Sudirman I. Hubungan Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Imbalan dengan Kepuasan Kerja dan Kinerja Perawat Pelaksana. Jurnal Sains dan Teknologi seri Ilmu-Ilmu Kesehatan. 2014 April; 4
Irawan. 2004. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Cetakan Kelima. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Kotler, Philip. 2005, Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas jilid satu. Jakarta: PT Indeks, Gramedia.
Luthans, 2006 Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi
Noviyani, Warouw H, Palendeng H. Hubungan Kepuasan Kerja dengan Prestasi Kerja Perawat PNS di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tidore Kepulauan. Ejurnal Keperawatan (e-Kp). 2013 Agustus; 1(1)
Nurhayani. (2011). Hubungan Karakteristik Perawat Pelaksana Dengan Kemampuan Kepala Ruang Melakukan Bimbingan (Coaching) Menurut Persepsi Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Haji Jakarta. Tesis FIKUI
Parasuraman, A, L.L. Berry dan V.A Zeithaml (1990), An Empirical Examination of Relationship in an Extended Service Quality Model, Marketing Science Institute Working Paper Series, Report, No. 90122, Cambridge, MA: Marketing Science Institute.
Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid 1, Edisi 8, Prenhallindo, Jakarta
Saleh, A. Ramly, M, Gani, MU, Suriyanti. (2016). Factors Affecting The Job Satisfaction And Performance of Nurses Private Hospitals Class B in Makassar. International Journal of Scientific & Technology Research 5 (10): 74-83.
Soejadi, 1996, Pedoman Penilaian Kinerja Rumah Sakit Umum, Katiga Bina ,Jakarta
Undang - Undang Republik Indonesia Nomer 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. 2009.
Wijono D. 1999. ManajemenMutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya: Airlangga UniversityPress.