PENGARUH KOMPENSASI, GAYA KEPEMPIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Siti Halimah
Purwadhi Purwadhi
Rian Andriani
Willma Fauzzia

Abstract

Manajemen harus didukung oleh peran manajer untuk meningkatkan motivasi dan disiplin karyawan dalam mengikuti program dan aturan pengelolaan dan pengembangan SDM perusahaan yang dikenakan sanksi. Karena kompensasi dan motivasi karyawan sangat penting, dengan kompensasi dan motivasi yang tinggi karyawan merasa dan tidak berhenti pada tujuan perusahaan untuk memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan departemen perusahaan.Gaya kepemimpinan  memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja dan motivasi karyawan. Pemimpin mempengaruhi komitmen dan kinerja organisasi dengan mampu membimbing karyawannya untuk mencapai tujuan Perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana gambaran, pengaruh dan hubungan antara kompensasi, gaya kepemimpinan, dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada karyawan PT Indomarco Prismatama Cabang Bekasi. Populasi penelitian ini berjumlah 330 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif verifikatif. Instrumen statistik yang digunakan adalah analisis regresi dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat  pengaruh kompensasi, gaya kepemimpinan, dan motivasi terhadap kinerja karyawan sebesar 64,6% (kategori tinggi) karena 35,5% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain seperti halnya personality, profesionalisme dan penilaian kinerja dan lain-lain.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Amalia. motivasi kerja memediasi gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan. 2016;
Garaika, G. (2020). Pengaruh Kompensasi, motivasi kerja dan kepuasan kerja sebagai variabel intervening terhadap kinerja. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 28-41.
Goni, Aldofina S. Pengaruh pelatihan, penempatan kerja, dan kompensasi, terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Sutolgo kantor pusat Manado. Pengaruh pelatihan, penempatan kerja, dan kompensasi, terhadap kinerja karyawan pada PT Bank Sutolgo Kant Pus Manad. 2015;
Grant et al. Pengaruh motivasi terhadap inisiatif dan kinerja. 2011;
Hidayat, A. C. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Dan Kepuasan Kerja Serta Kinerja Karyawan PT Pupuk Kalimantan Timur Tbk. Optimum, 8(1), 52-71.
Kurniawan, M. B., & Yuliastina, R. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja anggota korps brimob polri. Public Corner, 16(1), 58-78.
Marifah. Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pekerja sosial. 2004;
Muizu, W. O. Z., & Sari, D. 2019. Improving Employee Performance Through Organizational Culture, Leadership, And Work Motivation: Survey On Banking Organizations In Southeast Sulawesi. Jurnal Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.24198/jbm.v20i1.266
Nizamuddin, Syaiful Sagala, E. N. 2018. Effect Of Leadership, Organizational Structure, Compensation, And Motivation Toward Performance Of Aggregat Data Control On The Statistics Centre Of North Sumatra Province. International Journal of Education and Research, ISSN : 2411-5681.
Nuraini Firmadani. Pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan dengan motivasi kerja dengan variabel moderasi (studi pada bank syariah mandiri kantor cabang Yogyakarta. 2014;
Praditya Maha Putra KA, Sudibya IGA. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Karyawan. E-Jurnal Manaj Univ Udayana. 2019;8(6):3618.
Prismatama pt. indomarco. Dokumentasi PT. Indomarco Prismatama tahun 2014. 14. Pt Indomarco Prism. 2014;(207):14–25.
Priyanto. Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan melalui motivasi,. tesis. 2016;
Purwadi, Darma, D. C., Febrianti, W., & Mirwansyah, D. 2020. Exploration of Leadership , Organizational Culture , Job Satisfaction , and Employee Performance. Technium Social Sciences Journal.
Purwandhi&Yadiman. 2020. Teori Organisasi. PT.Refika. ed. Nurul Falah Atif. Bandung: PT.Refika Aditama.
Riduwan. 2018. Metode Dan Teknik Menyusun Tesis.
Saragih, R., Luturlean, B. S., & Hadiyanto, F. 2020. Employee Job Satisfaction In Mediating The Relationship Between Work Motivation And Affective Commitment In Roof Tile Industry. Jurnal Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.24198/jbm.v21i1.346.
Septi. Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja. 2018;
Sudaryo Yoyo, Aribowo Agus, Sofia NA. Manajemen Sumber daya manusia, Kompensasi tidak langsung dan lingkungan kerja fisik. CV Setandi. Erang T, editor. Bandung: Penerbit Andi; 2018.
Suwarno, S., & Bramantyo, R. Y. (2019). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja organisasi. Transparansi Hukum, 2(1).