PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI LOTTE GROSIR SERANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yulia Nurhayati
Saeful Fachri
Heri Sapari Kahpi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Lotte Grosir Serang. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berkunjung pada Lotte Grosir Serang yang jumlahnya tidak diketahui dan dapat dikatakan dalam kategori tidak terbatas. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling insidental, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kebetulan, bila sampel dipandang sudah memenuhi kriteria yang sedang diteliti, adapun jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang menggunakan rumus Lemeshow. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian secara simultan atau secara bersama-sama, variabel harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan dari hasil analisis yang telah dilakukan didapatkan bahwa nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 18,8% sedangkan sisanya sebesar 81,2% dipengaruhi oleh variabel lain

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nurhayati, Y., Fachri, S., & Kahpi, H. S. (2023). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI LOTTE GROSIR SERANG. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 5(2), 79-86. https://doi.org/10.51977/jsj.v5i2.1394

References

Adhari, L. Z. (2021). Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust (T. Q. Media (ed.); 1st ed.). CV. Penerbit Qiara Media.
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Anugrah, K., & Sudarmayasa, I. W. (2020). Kualitas Pelayanan Jasa Akomodasi (N. F. Y. Misilu (ed.); 1st ed.). ideas Publishing.
Barus, Y. Y., Sinaga, R. V., & Sagala, R. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Milala Service Station Medan). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 20, 141–150. https://doi.org/10.54367/jmb.v20i1.69
Budiyanto, E. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Diskon Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Supermaket Rungkut Surabaya. Ekonomi, 03(01), 36–46.
Chandra, T., Chandra, S., & Hafni, L. (2020). Service Quality, Consumer Satisfaction, dan Consumer Loyality: Tinjauan Teoritis (C. I. Gunawan (ed.); 1st ed.). CV IRDH.
Fauzyah, S. N., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Butik Amel Pondok Gede Kota Bekasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(3), 181–189. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v4i2
Gandhy, K., & Safrianto, A. S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Coffee Shop San9a Galaxy. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 21(3), 42–49.
Hanila, S., & Hidayat, R. (2019). Hubungan Harga Dan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Pelanggan Pada Toko Perlengkapan Baju Sekolah Elis Kota Bengkulu. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 50–57. https://doi.org/10.37676/ekombis.v7i1.700
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (1st ed.). Unitomo Press.
Kurniasih, D. (2021). Kepuasan Konsumen Studi terhadap Word of Mouth, Kualitas Layanan dan Citra Merek (A. Rozi (ed.); 1st ed.). Penerbit Bintang Sembilan Visitama.
Kurniawan, G. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Beras Organik Melalui Ecommerce (1st ed.). Penerbit Mitra Abisatya Cetakan. http://repository.stieyapan.ac.id/id/eprint/78/3/.pdf
Marthalia, D., & Permana, A. K. W. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart Talang Kelapa 2). EKOBIS Kajian Ekonomi Dan Bisnis, II(2), 16–29.
Napitupulu, S., Tapiomas, N., & Tobink, R. (2021). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis dengan Teori-Teori Para Ahli (2nd ed.). PT. Atalya Rileni Sudeco.
Purnomo, H., Sardanto, R., & Muslih, B. (2020). Signifikansi Prediktor Kepuasan Konsumen Jasa Hotel (1st ed.). Penerbit Adjie Media Nusantara.
Rifa’i, K. (2019). Membangun Loyalitas Pelanggan. In Zifatama publisher (1st ed.). Pustaka Ilmu Yogyakarta. http://digilib.iain-jember.ac.id/693/1/BUKU MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN OLEH Dr. KHAMDAN RIFA’I%2C SE.%2CM.Si.pdf
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (T. Koryati (ed.); 1st ed.). PENERBIT KBM INDONESIA.
Setiyani, U., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Presepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Atmosphere Cafe Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 702–709
Sulistiyowati, W. (2018). Buku Ajar Kualitas Layanan: Teori dan Aplikasinya (S. B. Sartika & M. Multazam, Tanzil (eds.); 1st ed.). UMSIDA Press.
Usman, A., Ramlawati, & Serang, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah. 5(3), 226–240. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.346