PENGARUH FASILITAS M-BANKING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH (Studi Pada Bank BCA KCP Rajawali Bandung) Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ria Yuli Angliawati

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Fasilitas M-Banking dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Bank BCA KCP Rajawali Bandung. Dalam penelitian ini sebagai variabel bebas (X) yaitu fasilitas m-banking dan kualitas pelayanan. Serta variabel terikat (Y) yaitu keputusan menjadi nasabah. Keputusan menjadi nasabah merupakan bagian unsur terpenting dari meningkatnya jumlah nasabah, khususnya produk tabungan tahapan BCA. Oleh karena itu, perusahaan dengan memberikan dan menyediakan fasilitas digital berupa mobile banking dalam setiap transaksinya akan memudahkan nasabah untuk bertransaksi online, begitupun kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan BCA ini juga sangat lah mempengaruhi nasabah untuk mendapatkan keputusan menjadi nasabah. Penulis menggunakan metode analisis deskriptif dan verivikatif dalam menunjang proses penelitian ini, sumber data primer dan sekunder. Jumlah populasi 1340 nasabah Tahapan BCA di KCP Rajawali Bandung. Dengan sampel 95  responden. Analisis data yang digunkan analisis Jalur (Path Analysis) dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F yang diolah menggunkan program SPSS Versi 25.0 Hasil dari penelitian tersebut, Pengaruh Fasilitas M-Banking dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Bank BCA KCP Rajawali Bandung sudah baik, sehingga Fasilitas M-Banking dan Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Keputusan Menjadi Nasabah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

A Abdilla. (2017). Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan Bank Terhadap Minat Transaksi di bank Syariah Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri raden Intan Lampung. Skripsi Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Amira, D. (2018). “Pengaruh motivasi kerja, manajemen waktu, dan stress kerja terhadap kinerja pekerja paruh waktu yang berstatus mahasiswa di kota Malang”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya.7(1), 1-11.
Atmaja Jaka 2018. “Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB”. Jurnal EcodomicaVol2, No. 1, April 2018
B. Jaya Sakti, and M. Mahfudz, "Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada J&T Express Kota Semarang)," Diponegoro Journal of Management, vol. 7, no. 4, pp. 137-144, Jun. 2018.
H Febrian. (2020). Analisis Pengaruh Layanan Mobile Banking dan Internet Banking Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih BSM Batu Sangkar. Skripsi Pada Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam IAIN Bukit Tinggi.
H Rut. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Membuka Rekening Tahapan BCA di Surabaya. Skripsi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
Janahi, M. A., & Almubarak, M. (2017). “The Impact of Customer Service Quality on Customer Satisfaction in Islamic Banking”. Journal of Islamic Marketing, 8, 595-604.
Kotler, P., dan Armstrong, G. 2018. Principles of Marketing, 12 th Edition, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Nurdin, N., et al. (2020). Knowledge Management Lifecycle in Islamic bank: the case of syariah banks in Indonesia. International Journal of Knowledge Management Studies, 11(1), 59-80 https://doi.org/10.1504/ijkms.2020.105073
Rema, Y. O., & Setyohadi, B, D. (2016). Faktor-Faktor Yang. Mempengaruhi Penerimaan Mobile banking studi kasus : bri cabang bajawa. Skripsi.
Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Jasa Edisi Lima. Yogyakarta: Andi Offiset
Subagja, I. K., & Susanto, P. H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Central Asia Tbk
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D.
Wibiadila, Ikbar and , Dr. Noer Sasongko, SE, M.Si, Ak (2016) Pengaruh Kegunaan, Kemudahan, Risiko, dan Kualitas Layanan terhadap Minat Nasabah dalam Menggunakan Mobile Banking (Survei Pada Nasabah Bank Mandiri Kantor Cabang Solo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta